Pernah nggak kamu diminta untuk menyetujui izin allow acces di suatu aplikasi? Banyak aplikasi yang meminta kamu untuk memberikan izin akses ke kontak dan storage smartphone

 

Aplikasi Tunaiku pun juga menjadi salah satu aplikasi yang mengajukan izin ini untuk pengguna baru. Sebenarnya, apa tujuan aplikasi meminta izin allow acces? 

 

Tujuan izin allow access bagi pengguna pertama

 

Pada saat pertama kali menggunakan suatu aplikasi, termasuk Tunaiku, kamu akan mendapatkan notifikasi berupa ‘allow access’.

 

Tentunya ini bukan hal yang asing lagi, sebab hampir semua aplikasi yang diunduh meminta kesediaan pengguna untuk memberikan akses kepada pemilik aplikasi. Sebenarnya apa, sih, allow access itu?

 

Berhubung hampir semua aplikasi meminta izin, tidak ada salahnya untuk membaca permintaan tersebut dengan lebih hati-hati. 

 

Cek, izin apa saja yang diminta? Pastikan data yang diberikan izin bukan data pribadi yang seharusnya tidak disebarluaskan.

 

Biasanya, permintaan akses ini terbagi dua. Akses menyeluruh dan akses terbatas yang hanya bisa digunakan ketika kamu aktif memakai aplikasi tersebut.

 

Adapun tujuan dari permintaan akses ini berkaitan dengan fungsi aplikasi tersebut. Misalnya izin untuk meminta akses GPS, tentunya akan mempermudah aplikasi dalam memberikan data yang lebih relevan karena sesuai dengan lokasi tempatmu berada.

 

Untuk aplikasi yang meminta izin untuk akses ke kontak dan storage, tentunya akan ada tujuan lain. Misalnya agar memudahkan untuk menghubungi kamu atau mengenal kamu lebih jauh. 

 

Jika aplikasi sudah mengenal kamu, aplikasi tersebut bisa memberikan pelayanan yang lebih terpersonalisasi. 

 

Macam-macam izin akses yang sering diajukan aplikasi

 

Ketika pertama kali mengunduh dan menggunakan aplikasi, umumnya ada beberapa izin akses. Yuk, kenali macam-macam izin akses yang sering diajukan oleh aplikasi.

 

Mikrofon

 

Ini salah satu izin akses yang sering diminta oleh pemilik aplikasi. Jika sebuah aplikasi memiliki akses untuk mikrofon di ponselmu, maka aplikasi tersebut bisa mendengarkan apa saja yang kamu lakukan.

 

Jika kamu merasa ragu, kamu bisa memberikan akses ke mikrofon khusus hanya pada saat kamu menggunakan aplikasi tersebut. 

 

Jadi, aplikasi tidak bisa mendengarkan aktivitas lain selain yang kamu lakukan di aplikasi tersebut.

 

Kamera

 

Banyak yang ragu memberikan akses untuk kamera karena takut disalahgunakan oleh pihak luar. 

 

Sekarang, baik iOS ataupun Android sudah memberikan batasan, sehingga kamu cukup memberikan akses ke kamera hanya pada saat memakai aplikasi tersebut. Berhati-hatilah terhadap izin akses untuk kamera yang meminta akses menyeluruh.

 

Lokasi

 

GPS yang memberitahu lokasi sudah bukan hal baru. Hampir semua aplikasi meminta akses untuk lokasi. Seringkali kita memberi izin ‘allow all the time’ untuk lokasi.

 

Namun, kita juga harus berhati-hati atas izin ini karena artinya pihak aplikasi bisa tahu keberadaan kita sepanjang waktu. Di saat-saat penting, kita bisa menonaktifkan GPS agar lokasi tidak terdeteksi.

 

Kontak

 

Ada juga aplikasi yang meminta akses untuk semua kontak yang ada di ponselmu. Berhati-hatilah terhadap akses ini, sebab sering disalahgunakan. 

 

Misalnya dalam kasus pinjol ilegal yang marak terjadi, salah satunya meminta izin untuk mengakses semua kontak yang ada di ponselmu.

 

Selain itu, pemilik aplikasi bisa menggunakan kontakmu untuk kepentingan pihak ketiga. Misalnya terhadap pengiklan, sehingga kamu sering menerima pesan berupa spam.

 

SMS

 

Ada juga aplikasi yang meminta izin untuk mengirim SMS kepadamu. Baca baik-baik ketentuan yang berlaku, sebab kamu tentu tidak mau menerima banyak pesan berisi spam.

 

Cara menentukan izin yang aman atau tidak

 

Salah satu yang sering jadi pertimbangan sebelum memberikan izin adalah, apakah cara tersebut aman atau tidak? Banyak terjadi kasus yang merugikan akibat pemberian akses tersebut.

 

Pertama-tama, baca setiap ketentuan sebelum memberikan izin. Jangan langsung asal pencet ‘yes’ untuk mempercepat proses.

 

Selain itu, cek juga hubungan antara aplikasi dengan akses yang dibutuhkan. Misalnya jika menurutmu aplikasi tersebut tidak membutuhkan data tentang kontak atau kamera, kamu tidak perlu memberikan izin.

 

Izin yang umumnya diminta berupa mikrofon, kamera, lokasi, dan kontak. Jika ada akses lain yang diminta, kamu perlu mengecek lebih jauh lagi.

 

Begitu juga jika akses yang diminta merupakan data yang lebih pribadi, seperti kalender, physical activity dan lainnya. Jika tidak berhubungan dengan aplikasi yang dipakai, tidak ada salahnya untuk ditolak.

 

Saat ini, kita harus lebih berhati-hati dalam beraktivitas di dunia digital. Jangan langsung memberikan izin akses dan perlu ketelitian dalam memahami setiap ketentuan yang ada.