Beranda > Gaya Hidup > Finger Print atau Masukkan Pin, Mana yang Lebih Aman?

Finger Print atau Masukkan Pin, Mana yang Lebih Aman?

dhandyDhandy
Finger Print atau Masukkan Pin, Mana yang Lebih Aman?watermark

TUNAIKU.COM – Menjaga keamanan dari ponsel pribadi kita tentulah menjadi sangat penting. Mulai dari bagian luar, seperti case yang berfungsi sebagai protektor agar tidak mudah pecah, lalu ada screen protector agar layar tak mudah lecet, hingga menjaga keamanan isi dari ponsel tersebut. Apa maksudnya?

 

Maksudnya adalah kita harus bisa menjaga data-data pribadi yang ada di dalam ponsel agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Terlebih, jika kamu juga menyimpan data-data perusahaan tempat kamu bekerja di ponsel pribadimu, kamu bahkan harus lebih hati-hati lagi.

 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan ponsel dari tangan-tangan jail, salah satunya adalah menggunakan kata sandi sebagai cara mengunci ponsel. Kata sandi tersebut tentunya akan menjaga ponselmu agar tidak mudah diakses oleh orang lain.

 

  1. Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!
    1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
    2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
    3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

Apakah cukup hanya dengan kata sandi?

 

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah kata sandi sudah cukup ampuh untuk melindungi data pribadi kita yang ada di dalam ponsel? Bagaimana kalau suatu saat ada orang lain yang tahu dan bisa melacak kata sandi yang kita buat?

 

Kalau keadaannya seperti itu, sudah pasti ponselmu menjadi tak aman lagi, dong! 

 

Terus, harus gimana? Tenang, jangan khawatir, jangan gelisah! Saat ini terdapat beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan sebagai protektor untuk menjaga data-data pribadi yang ada di ponselmu. Tiap alternatif ini juga tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ya.

 

Mau tahu lebih lanjut, yuk, simak artikel berikut ini!

 

CTABARU1

Kata sandi

 

Alternatif pertama yang bisa kamu gunakan adalah kata sandi. Saat ini terdapat beberapa macam kata sandi yang bisa kamu gunakan untuk menjaga ponselmu, antara lain angka, huruf, kombinasi angka dan huruf, serta pola garis. Semua alternatif tersebut bisa kamu temui di berbagai jenis ponsel.

 

Kelebihan dari alternatif kata sandi adalah cara penggunaannya yang mudah dan sederhana. Kamu juga bisa mengganti kata sandi mu sesuka hati, kapan pun dan di mana pun.

 

Namun, kelemahannya adalah alternatif ini sangat mudah untuk dilacak oleh orang lain. Terlebih, jika kamu hanya menggunakan kombinasi kata sandi yang sederhana, atau jika suatu saat orang lain yang secara sengaja maupun tidak sengaja melihat ketika kamu sedang membuka ponselmu dengan kata sandi yang sudah dibuat. 

 

Fingerprint Lock

 

Alternatif berikutnya adalah sidik jari atau yang biasa disebut dengan fingerprint lock. Alternatif sidik jari ini memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding yang sebelumnya. Maka dari itu, tidak semua ponsel memiliki fitur pengaman seperti ini.

 

Jika kamu memiliki ponsel yang mendukung pengaman sidik jari, maka tidak ada salahnya jika kamu manfaatkan fitur tersebut sebagai pengaman ponsel. Fingerprint lock terbukti sangat ampuh sebagai pengaman ponsel, karena hanya dengan sidik jari si pemilik ponsel yang bisa membuka ponsel tersebut.

 

Namun, walaupun seperti itu, tetap saja ada kelemahan dari alternatif fitur ini. Kelemahannya adalah ketika hacker menggunakan masterprint, yaitu sidik jari buatan yang mengandung semua fitur standar yang ada di jari setiap orang. Selain itu, cara lain adalah mereproduksi sidik jari yang membekas di atas layar smartphone. Jika ini terjadi, kamu sudah tidak bisa mendapatkannya kembali.

 

  1. Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!
    1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
    2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
    3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

Semua tergantung dengan kebutuhanmu

 

Dari dua alternatif tadi bisa kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari ponsel kita.

 

Nah, itu tadi adalah sedikit perbandingan dari dua alternatif pengaman untuk data-data yang ada di dalam ponselmu. Jadi, mau pilih yang mana? Keduanya bagus kok!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett