Beranda > Gaya Hidup > FB Story, IG Story, WA Story, Snapchat, Mana yang Lebih Baik untuk Engage Viewers?

FB Story, IG Story, WA Story, Snapchat, Mana yang Lebih Baik untuk Engage Viewers?

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
FB Story, IG Story, WA Story, Snapchat, Mana yang Lebih Baik untuk Engage Viewers?watermark

TUNAIKU.COM-Sejak kemunculan story alias video singkat yang hanya bertahan satu hari di aplikasi Snapchat, banyak aplikasi lainnya yang juga mengadaptasi fitur tersebut seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook. Meski kedua aplikasi ini sudah memiliki pasar masing-masing dengan jumlah penggunanya yang cukup tinggi, baik Facebook maupun Instagram, sama-sama berbenah mengikuti tren pasar. Akhir-akhir ini memang fitur story menjadi favorit banyak masyarakat pengguna sosial media.

 

Kalau kalian hobi menggunakan fitur story, kira-kira lebih asyik menggunakan fitur story di aplikasi yang mana, ya? Karena baik Snapchat, Instagram, WhatsApp ataupun Facebook, memiliki fitur story yang mirip. Keempat aplikasi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk masalah engage viewers untuk iklan bisnismu. Berikut ulasannya.

 

Snapchat

Snapchat adalah aplikasi yang digemari segala usia, tapi aplikasi ini sangat populer di kalangan remaja. Digemari oleh banyak orang karena memiliki banyak filter lucu yang kekinian. Meski agak sulit digunakan, penggunanya akan merasa keren ketika mendapati hasil video yang menarik dengan fitur-fitur yang mereka temukan.

 

Antusiasme penggunanya dalam menonton video singkat Snapchat juga sangat tinggi. Maka nggak heran kalau ada sekitar 10 miliar video Snapchat di tonton setiap harinya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang berbisnis dan membutuhkan platform iklan di sosial media. Apalagi, Snapchat sendiri sudah memiliki fitur khusus sponsor yang memungkinkan video iklan dari bisnismu bisa diliat banyak pengguna aktif Snapchat. Viewers juga tinggal menggeser ke atas layar untuk mengunjungi situs atau website dari bisnis onlinemu.

 

Artikel Terkait: Aplikasi-Aplikasi Kekinian

  1. Gunakan Aplikasi Stop-Motion Gratis Agar Sosial Mediamu Makin Keren
  2. Banyak Manfaat, Aplikasi Ini Wajib Kamu Unduh untuk Menemani Perjalanan
  3. Mengaku Pecinta Buku? Sebaiknya Unduh Aplikasi Smartphone Berikut!

 

Instagram

Nggak mau kalah dengan Snapchat, Instagram juga berbenah diri menambahkan fitur Instagram Story. Dengan bulatan profil followers yang berjajar di atas dan juga lambang kamera kecil di kiri atas layar membuat orang cukup familiar dengan fitur tersebut. Fitur story di Instagram juga sangat banyak, ada banyak filter keren yang bisa di coba, bisa jejak pendapat/polling, ajukan pertanyaan, stiker, menyematkan lokasi hingga stiker yang bergerak-gerak.

 

Banyak pegiat bisnis online yang diuntungkan dengan adanya fitur story di Instagram. Terlebih, pengguna instagram bisa menyematkan tautan atau link website di story mereka. Lalu viewers hanya butuh menggeser ke atas untuk mengunjungi tautan tersebut. Hashtag dan sponsorship juga berlaku di story Instagram sehingga memungkinkan video singkat iklan dari bisnismu bisa ditonton jutaan viewers Instagram setiap harinya. Apalagi ditambah dengan fitur reply story yang memudahkan viewers memberikan balasan atau respons dari story yang kita buat.

 

Hal keren lainnya dari Instagram story adalah storystory yang kamu buat nggak sepenuhnya hilang, kamu bisa membuka kembali story lama dengan menambahkannya ke fitur highlight story atau sorotan cerita di bawah profil Instagram kamu. Cocok banget kan untuk para pegiat bisnis online yang nggak mau iklan hilang setelah 24 jam?

 

Facebook

Siapa sih yang nggak kenal aplikasi dengan ikon huruf F berwarna biru ini? Facebook menjadi aplikasi yang sangat familiar di dunia. Bahkan pengguna aktif hariannya mencapai angka 1,4 miliar pengguna, lho. Meski terkenal dengan penggunanya yang ada dikalangan orang tua dan dewasa, Facebook terbukti memiliki pengguna dari beragam usia.

 

Melihat kesuksesan Instagram dan Snapchat, Facebook juga nggak mau kalah untuk mengikuti tren pasar tentang fitur story. Meski hasilnya nggak sepopuler dan sesukses Instagram Story, Facebook tetap mengembangkan fitur ini. Karena masih banyak orang yang agak malas membuat story di Facebook, kini story Facebook bisa dihubungkan dengan story Instagram. Sehingga ketika kamu memposting story di Instagram, kamu cukup memencet ikon story Facebook lalu cerita singkatmu di Instagram akan otomatis tersemat di story Facebook-mu.

 

Meski agak sulit untuk meraih banyak viewer yang melihat iklanmu, kamu nggak perlu menyerah sebelum mencoba. Karena beberapa perusahaan sukses mengiklankan produk mereka hanya lewat Facebook story, lho. Kamu mungkin bisa mulai menhubungkan iklan produkmu yang ada di Instagram agar bisa ter-post juga di akun Facebook-mu.

 

Artikel Terkait: Hati-hati dalam Bersosial Media

  1. Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu
  2. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur
  3. Waspada, Ini 5 Modus Penipuan Lewat Media Sosial yang Kerap Nggak Kamu Sadari!

 

WhatsApp (WA)

Saat pertama kali tahu WA juga mengeluarkan storytentu saja saya bahagia. Karena WA memang terkenal tua, serius, dan membosankan. Dengan adanya story, WA jadi jauh lebih berwarna dan asyik. Sayangnya, untuk menarik viewers, WA sendiri bukan suatu ide bagus karena yang akan melihat story-mu hanya mereka yang menyimpan nomor hand phone-mu dan kamu juga menyimpan nomor hand phone mereka.

 

Selain itu, nggak banyak banyak filter-filter lucu yang bisa digunakan seperti yang ada di Snapchat atau Instagram. Tapi, di WA Story bisa menyematkan link website yang bisa viewers kunjungi hanya dengan mengklik link tersebut.

 

Nah, itu dia ulasan tentang story Snapchat, Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Apapun aplikasi yang kamu gunakan dalam mengiklankan produkmu akan berhasil jika kamu bisa membaca kesempatan, kreatif dalam beriklan, dan juga tau seluk beluk kelebihan serta kekurangan dari platform yang kamu gunakan. Selamat mencoba.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett