Beranda > Gaya Hidup > Fakta di Balik Mobil Esemka yang Harus Kamu Tahu

Fakta di Balik Mobil Esemka yang Harus Kamu Tahu

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Fakta di Balik Mobil Esemka yang Harus Kamu Tahuwatermark

TUNAIKU.COM – Kita pasti pernah mendengar kata Esemka. Nama Esemka memang mencuat saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo pada tahun 2005—2012 silam. Setelah itu, kita tahu kalau beliau menjadi Presiden Indonesia.

 

Lalu, apakah ada kaitannya antara Esemka dengan pemerintahan Jokowi? Dalam hal ini, Jokowi memberikan tanggapan. “Setelah jadi ya diserahkan kepada industri. Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan presidem yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri,” papar Jokowi seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

 

Jadi Esemka sama sekali nggak ada hubungannya dengan pemerintahan. Lalu tertarikkah kamu memiliki mobil ini? Well, sepertinya kamu butuh kenalan dulu dengan beberapa mobil Esemka? Beberapa di antaranya adalah:

 

Artikel terkait: Beberapa rekomendasi mobil yang bisa kamu beli

  1. 5 Mobil Jadul yang Cocok bagi Penyuka Gaya Klasik
  2. Ini 7 Mobil Mewah Koleksi Seleb Indonesia, Harganya Wow!
  3. Dana Pinjaman Uang Bisa Wujudkan Mimpimu Memborong 5 Mobil Cina Terbaru Ini

 

1. Esemka Rajawali

Ini adalah mobil Esemka pertakali yang dibuat oleh siswa-siwi SMK Negeri Surakarta dan SMK Warga Surakarta. Mobil dengan 7 tempat duduk ini bermesin model SUV 1,5i dengan kapasitas 1500cc, multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sampai 5500rpm. Mobil ini juga bisa menghasilkan torsi sampai 145 Nm pada 4.100rpm. Mobil ini juga memiliki transmisi manual 5 percepatan.

 

2. Esemka Rajawali R2

Ini merupakan perbaikan dari mobil sebelumnya. Bentuknya lebih elegan, dan mesinnya SUV. Dibandingkan dengan mobil sebelumnya, kekuatan mesin mobil ini lebih besar. Namun, mobil ini hanya mampu menampung 5 orang saja. Mobil ini juga dilengkapi dengan Electronic Brake fore Distribution, Anti-Lock Brake System, SRS Air Bag, dan Brake Assist.

 

3. Esemka Digdaya I dan II

Mobil ini dirancang sebagai mobil pick up dan bisa menampung 5 penumpang. Tenaga penggerak mobil ini hanya 1500 cc. Ada pun mobil ini dibanderol di bawah Rp150juta.

 

Artikel terkait: Ingin beli mobil? Baca ini!

  1. Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Kisaran Harga Mobil Bekas Honda 2018!
  2. Berminat Beli Mobil Baru?Ini Harga Mobil Honda per Agustus 2018
  3. Tertarik Beli Mobil Cina Terbaru di Indonesia Tahun 2018? Ini Daftar Harganya!

 

4. Esemka Surya

Berbeda dengan sebelumnya, mobil ini didesain sebagai ambulans dan mobil untuk roti box. Mobil ini merupakan rakitan dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah Surakarta.

 

5. Esemka Zhangaro

Mobil ini juga didesain sebagai mobil niaga yang bisa mengangkut barang-barang. Mesinnya tetap menggunakan logi 1.5 I EFI. Baknya cukup luas, yakni 1 meter. Bahkan bahan platnya cukup tebal, yaitu 1,5 mm.

 

6. Esemka Hatchback

Mobil ini menggunakan mesin Esemka 1.5i multi injection. Untuk poros propeller, handle pintu, dan rem belakang diambil dari Suzuki Escudo. Sedangkan untuk spionnya diambil dari mobil APV.

 

Itu dia beberapa mobil Esemka buatan anak bangsa. Mana yang paling kamu suka?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett