Beranda > Gaya Hidup > Dear Parents, Begini Caranya Bantu Anakmu Siap Menuju Bangku Perkuliahan

Dear Parents, Begini Caranya Bantu Anakmu Siap Menuju Bangku Perkuliahan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Dear Parents, Begini Caranya Bantu Anakmu Siap Menuju Bangku Perkuliahanwatermark

TUNAIKU.COM – Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Baik keperluan sehari-hari hingga pendidikan yang diberikan.Memasuki jenjang ke perguruan tinggi maka ada banyak hal yang perlu disiapkan.lho!

 

Nggak hanya anak saja yang siap untuk dapat tanggung jawab lebih banyak, tetapi orangtua pun memiliki kewajiban untuk membantu “mengantarkan” anak pada pilihan yang tepat. Pasalnya, banyak anak yang masih belum yakin dengan keputusannya untuk memilih jurusan yang akan ia tempuh sebagai modal masa depannya.

 

Lalu, apa saja sih yang harus dilakukan oleh orang tua agar anaknya lebih merasa siap untuk masuk ke kampus?Begini caranya :

 

1. Beri waktu untuk berpikir

Sebenarnya cara terbaik untuk membantu mereka adalah dengan mendengarkan dulu keputusannya. Kenapa? Dengan menentukan keputusan sendiri, mereka sudah mulai tahu dan belajar mengambil keputusan. Namun tetap saja, sebagai orang tuanya maka anak perlu mendapatkan bimbingan. Berikan penjelasan dan gambaran seperti apa hasilnya ketika keputusan telah diambil oleh si anak. Lebih baik lagi memberikan contoh atau fakta yang ada bisa membuat anak semakin yakin dengan pilihannya.

 

Artikel terkait: Jurusan yang cukup menjanjikan

  1. 10 Pekerjaan Menjanjikan Untuk Lulusan Jurusan Sastra
  2. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat
  3. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar

 

Bersabar juga menghadapi anak ketika hendak memberikan saran. Beri waktu untuknya berpikir dan belajar mengambil keputusan. Bagaimana pun juga, dialah yang akan menjalaninya nanti.

 

2. Aktif bertanya

Banyak anak yang masih bingung menentukan jurusan yang ia sukai. Hal yang membuat anak semakin tenang adalah banyak bertanya kepadanya. Apa yang ia nantikan saat kuliah berlangsung. Dimana kampus yang diinginkan?Apakah ampus negeri, swasta atau bahkan mengincar kampus di luar negeri. Tanyakan pula gambaran masa depan yang ingin anak dapatkan ketika berhasil menyelesaikan jurusan yang ia pilih. Walaupun rencana jangka panjang, anak jadi bisa meyakini bahwa masa depannya akan lebih baik sehingga bersemangat saat kuliah.

 

3. Melakukan kunjungan

Tidak ada salahnya, orang tua menyarankan sekolah untuk melakukan study tour ke beberapa kampus unggulan. Biarkan anak mengobservasi langsung lingkungan kampus dan proses belajar mengajarnya. Atau apabila orang tua memiliki waktu mendampingi anak untuk melihat kampus impiannya juga jadi motivasi besar agar menempuh pendidikan semakin serius karena mendapatkan dukungan penuh.

 

4. Ajak mempertimbangkan finansial

Bagaimana pun juga, kuliah nggak lepas dari biaya yang tinggi. Sebagai orang tua, di sinilah letak tanggung jawab yang besar. Berdiskusilah terkait finansial dan jelaskan padanya batasan biaya yang sanggup diberikan. Pasalnya setiap jurusan dan universitas, yang berbeda juga punya beban biaya yang tidak sama.

 

Mendiskusikan hal ini bisa membuat anak paham dengan kondisi keuangan keluarga. Anak juga tidak akan menuntut lebih bahkan akan bertanggung jawab untuk memanfaatkan biaya dengan semestinya.

 

Artiket terkait: Biaya pendidikan di perguruan tinggi

  1. Intip Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Ini!
  2. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia
  3. Prediksi Biaya Kuliah di Tahun 2025 dan Cara Menyiasatinya

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett