Beranda > Gaya Hidup > 5 Cerita Kolektor Barang Unik yang Cukup Menguras Kantong

5 Cerita Kolektor Barang Unik yang Cukup Menguras Kantong

RISANG PRATAMARisang Pratama
5 Cerita Kolektor Barang Unik yang Cukup Menguras Kantongwatermark

TUNAIKU.COM – Apakah kamu hobi mengoleksi benda tertentu? Saya punya koleksi yang cukup receh dalam arti sebenarnya, yaitu mengumpulkan koin pecahan seribuan keluaran baru yang masih kinclong di dalam sebuah mug jar. Tapi, saya tahu beberapa orang yang memang hobi mengoleksi barang unik. Mereka bahkan rela merogoh kocek jutaan rupiah demi hobinya itu.

 

Memang, hobi semacam ini seringkali nggak dilandaskan pada pertimbangan finansial, melainkan karena dorongan emosional. Ada kepuasan batin yang mereka dapatkan ketika berhasil menambah barang koleksinya.

 

Inilah cerita para kolektor barang unik yang rela merogoh kocek jutaan demi hobinya.

 

Oka dan Koleksi Gundam-nya

Koleksi Oka terpajang rapi di sebuah rak. Ada bermacam action figure tampak di sana. Seperti Iron Man, Batman dan X-men. Tapi, koleksi yang saat ini tengah dibanggakannya adalah deretan Gunpla alias Gundam Plastic Model-nya.

Oka mengoleksi Gundam karena menyukai unsur robot dan mecha. Baginya, ada kepuasan tersendiri saat merakit Gunpla yang ia beli, di mana ia bisa memodifikasi atau menambahkan sentuhan personal pada mecha rakitannya.

Demi koleksi Gundam ini saja, Oka mengaku sudah menghabiskan dana setidaknya Rp4-5 juta. Koleksinya dia peroleh dari toko online dan pusat perbelanjaan. Tapi, ada juga yang dapat dari hasil nitip temannya yang pergi ke Jepang. Sementara, jika digabung bareng koleksi lainnya, sedikitnya Rp30 juta sudah habis digelontorkan oleh pengajar di sebuah universitas di Jakarta ini.

“Sebulan saya bisa nambah dua koleksi, tapi kadang juga nggak nambah sama sekali ketika masih ada gunpla yang belum dirakit,” ujarnya.

Jadi, jika harga sebuah Gundam HG (High Grade) berkisar antara Rp300-400 ribu, itu artinya Oka bisa merogoh kocek Rp600-800 ribu sebulan untuk hobi ini. Tapi, di antara koleksinya ada pula beberapa Gundam RG (Real Grade) yang harga satunya sekitar Rp600 ribu.

Oka dan koleksi action figure miliknya
Oka dan koleksi action figure miliknya.

 

Artikel terkait: Tips mengatur uang demi hobi

  1. 4 Cara Tepat Mengalokasikan Gaji untuk Hobi
  2. Trik Mengatur Gaji untuk si Hobi Fashion
  3. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!

 

Alvin, Si Kolektor Kaset

Saat ini orang-orang umumnya sudah mendengarkan musik dalam bentuk file digital atau mp3 ya. Tapi, teman saya yang satu ini sukanya dengerin lagu band favoritnya lewat kaset. Alvin mengaku sudah menyukai media dengar segi empat ini dari SD dan mulai serius mengumpulkannya sejak tahun 2013.

“Selain buat nostalgia, kaset juga cukup murah buat dikoleksi. Saya dari kecil lebih sering dengar musik lewat kaset. Plus kebanyakan band yang saya suka cuma merilis album dalam format kaset dan vinyl, sementara CD masih jarang,” jelas Alvin tentang alasannya jadi kolektor kaset.

Untuk koleksinya, wartawan di salah satu media remaja ini mengaku sudah merogoh kocek sekitar Rp5-10 juta. Sekali belanja, Alvin biasanya membeli sekitar 3 kaset, tapi pernah pula ia memborong hingga 15 kaset. Ia mengungkapkan dulu harga kaset masih senilai 20 ribuan, sementara kini sudah menyentuh 35 ribu. Alvin berharap agar ke depannya, harga kaset nggak sampai melambung tinggi, biar hobinya bisa tetap tersalurkan.

Alvin dan tumpukan kaset koleksinya sejak tahun 2013.
Alvin dan tumpukan kaset koleksinya.

 

Grace, Penyuka Hotwheels dan Funko Pop Bertema Star Wars

Desainer grafis yang satu ini punya koleksi yang nggak kalah unik, yaitu Funko Pop bertema Star Wars. Funko Pop adalah sejenis vinyl figure berbentuk lucu dengan kepala besar. Karena bentuknya yang lucu inilah, Grace ketagihan untuk mengoleksinya sejak dua tahun yang lalu. Saat ini ia telah mengoleksi delapan Pop vinyl figure yang jika ditotal mencapai Rp1,6 juta.

Nggak hanya itu, Grace juga memiliki koleksi lain yang nggak kalah keren, yaitu mobil-mobilan Hotwheels. Di kamarnya terpajang seratusan miniatur mobil-mobilan yang jika ditotal nilainya mencapai sekitar Rp2-3 juta. Ia mengaku mulai mengoleksi Hotwheels karena ketularan ayahnya yang tertarik mobil klasik. Tapi, alih-alih ayahnya yang koleksi, justru Grace-lah yang menjadi kolektornya.

Selain Hotwheels, Grace juga hobi mengumpulkan mobil-mobilan dari Tomica. Belakangan ini, Grace gemar mengumpulkan mobil-mobilan bertema Disney dan film.

Beberapa koleksi Funko milik Grace
Beberapa koleksi Funko Pop milik Grace.

 

Johan, Pengoleksi Karakter Chopper dari One Piece

Cowok yang bekerja di bidang digital marketing ini ternyata punya koleksi yang manis, yaitu karakter Tony-Tony Chopper dari serial manga One Piece. Nggak cuma action figure, Johan juga mengoleksi berbagai merchandise bertema serupa, mulai dari gelas, payung, gantungan kunci, wadah ponsel, hingga sebuah topi khas Chopper yang merupakan oleh-oleh dari Jepang.

Johan mengaku menyukai karakter Chopper yang konyol dan polos sejak kemunculan pertamanya di One Piece. Tanpa disadari, ia sudah menggelontorkan dana hingga Rp15 juta lebih demi hobinya ini. Koleksinya yang paling mahal berharga kurang lebih Rp1 juta yang dia beli secara online. Johan memang terus memantau para penjual favoritnya dan biasa melakukan pre-order jika ada barang baru.

“Saya ingin terus nambah koleksi sampai anime-nya tamat, sih. Soalnya udah terlanjur hobi,” harap Johan tentang hobinya tersebut.

Koleksi Chopper One Piece milik Johan.
Koleksi Tony-Tony Chopper One Piece milik Johan.

 

Artikel terkait: Hobi dan koleksi yang bisa memberi pengaruh besar pada keuangan kamu

  1. 6 Jenis Investasi yang Tidak Kita Sadari Sudah Kita Lakukan
  2. Hindari 5 Hobi Ini Jika Penghasilanmu Pas-pasan!
  3. 5 Barang Koleksi Perempuan yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

 

Maulina, Penggemar Merchandise K-Pop

Dari sekian banyak orang yang saya kenal, Maulina adalah salah satu yang paling getol dalam mengumpulkan koleksinya. Gadis yang berprofesi sebagai reporter ini keranjingan dengan K-Pop. Lemarinya dipenuhi dengan album dan photobook dari boyband K-Pop kesayangannya.

Saking penuhnya, sebagian koleksi sempat dia hibahkan ke orang lain. Maulina mengaku sudah mengeluarkan dana antara Rp15-20 juta untuk koleksi yang ditekuninya selama 6 tahun terakhir ini. Sebagian besar koleksinya dibeli dari temannya yang tinggal di Korea Selatan.

“Dulu aku bisa keluar hampir 1 juta per bulan buat beli album dan photobook. Sekarang sih mulai ditata pengeluarannya biar duit nggak habis,” ujar penggemar EXO dan GOT7 ini sambil tertawa.

Saat ini, koleksi yang menurutnya paling mahal adalah photobook dari band Infinite. Ia mesti mengeluarkan dana sebesar Rp750 ribu untuk menebusnya.

Maulina dan sebagian koleksi merchandise K-pop miliknya.
Maulina dan sebagian koleksi merchandise K-pop miliknya.

 

Kisah para kolektor barang unik yang rela merogoh kocek jutaan demi hobinya memang menarik. Semakin langka barangnya, semakin puas pula mereka. Jadi harga mahal pun kadang dikesampingkan. Kalau kamu termasuk orang yang punya koleksi dan rela mengahabiskan banyak uang untuk koleksimu itu nggak?

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

 

_______________________________________________________________________________________________________

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett