Beranda > Gaya Hidup > Cara Jitu Atasi Insomnia

Cara Jitu Atasi Insomnia

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Cara Jitu Atasi Insomniawatermark

TUNAIKU.COM – Insomnia merupakan gejala di mana seseorang mengalami kesulitan tidur. Bagi sebagian orang, insomnia menjadi musuh terbesar setiap malam. Pada malam hari di mana seharusnya tubuh diistirahatkan, mereka justru nggak mengantuk. Alhasil siangnya mereka pun mengantuk dan nggak bisa bekerja dengan maksimal.

 

Saya sendiri pernah mengalami masa insomnia saat masih kuliah dulu. Biasanya gejala itu muncul karena saat itu saya sedang banyak pikiran. Ada beban tugas kuliah yang belum usai, pengaruh kafein, dan lain sebagainya. Dan selama masa insomnia itu tentu tubuh saya nggak sesehat sekarang. Faktanya, insomnia terbukti membuat badan saya nggak sehat, mudah lemas, nggak produktif, daya kosentrasi berkurang.

 

Ada yang menyarankan pada saya untuk mencoba mengonsumsi obat tidur. Tentu saja, saya nggak mengiyakan saran itu. Mungkin obat tidur bisa membuat saya terlelap di jamnya orang tidur. Namun, justru itu nggak baik untuk kesehatan. Untuk itu, saya pun mulai memperbaiki jam tidur menggunakan cara-cara alami.

 

1. Memaksimalkan pekerjaan

Pikiran yang sering mengganggu saya sehingga insomnia biasanya seputar tugas dan pekerjaan. Gundah gulana kalau ada tugas yang belum selesai dikerjakan sedangkan deadline sudah mepet. Untuk itu, cara terbaik adalah memanfaatkan waktu pagi dan siang hari dengan mengerjakan tugas sdan pekerjaan tadi. Dengan demikian, pikiran pun jadi lebih tenang.

 

Jika pikiran yang mengganggu tadi bukan masalah tugas, coba pasrahkan urusanmu pada Tuhan dan coba terima kenyataan. Cara terbaik agar kamu terbebas dari “banyak pikiran” adalah menerima semuanya dan memaafkan diri sendiri.

 

Artikel Terkait: Lakukan Cara Ini untuk Mengusir Stres

  1. Cara Masing-masing Zodiak untuk Mengatasi Stres
  2. 5 Tips Atasi Stres Kembali Bekerja Setelah Cuti Lebaran
  3. 5 Aplikasi Handphone Android yang Bisa Membantu atasi Stres dan Capek

 

2. Mengurangi kafein

Konsumsi kafein buat saya sangat memengaruhi kualitas tidur. Mungkin beberapa dari kalian pun demikian. Buat pecinta kopi, kamu tetap bisa mengonsumsi kafein, Hanya saja, pastikan kamu mengonsumsinya maksimal 6 jam sebelum tidur, ya.

 

3. Nggak melakukan aktivitas berat sebelum tidur

Buat saya sendiri, melakukan aktivitas berat sebelum tidur akan menghilangkan rasa kantuk yang ada. Aktivitas ini seperti angkat-angkat barang sampai lari-larian. Jadi saya paling anti merapikan kamar sebelum tidur.

 

4. Makan karbohidrat

Menurut jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, dengan mengonsumsi makanan berkabohidrat empat jam sebelum tidur akan membuatmu lebih cepat tidur. Pastinya tidurmu itu pun akan nyenyak. Memang benar, sih. Kadang saya sendiri susah tidur karena kondisi perut kosong. Begitu saya makan sampai kenyang, tidur pun lebih mudah dan pulas.

 

5. Menjauhi ponsel dan cahaya elektronik

Kalau lagi susah tidur, tangan saya pasti gatal untuk memainkan ponsel. Padahal, justru ini yang bikin saya makin susah tidur. Mulailah saya kurangi interaksi saya dengan ponsel sebelum tidur.

 

6. Membaca buku

Sebagai ganti dari memainkan hp, saya pun memilih membaca buku. Nah, dengan membaca buku sebelum tidur ini ternyata terbukti membuat rasa kantuk mulai datang, lho. Dengan demikian saya nggak perlu lagi berkutat dengan yang namanya insomnia sepanjang malam.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Buku yang Sebaiknya Kamu Baca

  1. 5 Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Wajib Kamu Baca
  2. 5 Rekomendasi Buku Sukses yang Segarkan Kembali Tujuan Hidup
  3. 5 Buku Rekomendasi Para Star Leader tentang Work-Life Balance

 

Saya sendiri saat ini sudah nggak lagi insomnia. Memang benar, cara-cara di atas memang manjur diterapkan buat kamu yang lagi berjibaku dengan yang namanya mengusir insomnia. Semoga cara di atas berhasil juga bila diterapkan pada diri kalian, ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett