Beranda > Gaya Hidup > Budget yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Budget yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Budget yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Kendaraan Pribadiwatermark

TUNAIKU.COM – Tradisi mudik Lebaran seakan sudah melekat pada masyarakat Indonesia. Bahkan di  beberapa negara mayoritas berpenduduk Muslim seperti di Malaysia dan Pakistan, mudik juga menjadi agenda tahunan. Bagaimana tidak? Momen berkumpul bersama keluarga besar yang hanya bisa dilakukan setahun sekali ini sungguh amat disayangkan jika sampai terlewat.

Karena saking banyaknya para perantau di kota-kota besar, maka tak heran jika menjelang lebaran, volume orang yang ingin pulang ke kampung halaman membludak. Bahkan demi kenyamanan para pemudik, baik pemerintah maupun swasta rela memberi fasilitas mudik gratis. Namun kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti memerlukan budget khusus. Oleh karenanya, simak beberapa ulasan berikut ini agar tak kebingungan nanti.

  1. Siapkan dana bahan bakar

Ini adalah budget paling penting jika kamu ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Budget ini tentu saja berbeda-beda, tergantung bahan bakar jenis apa yang dipakai, jarak tempuh, serta jenis kendaraan yang digunakan. Bagi kamu yang sebelumnya tak pernah mudik menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menghitung kira-kira berapa liter bahan bakar yang akan kamu perlukan, dengan melihat rata-rata penggunaan bahan bakar kendaraanmu sehari-hari.

  1. Uang makan, minum, serta camilan

Tak hanya kendaraan yang perlu diisi bahan bakar, tubuh kamu juga pasti membutuhkan makanan untuk menyuplai energi. Biasanya, harga barang-barang di sepanjang jalur mudik akan meningkat dari hari-hari biasa, termasuk makanan. Siapkan uang ekstra untuk hal satu ini. Jangan malu menanyakan harga makanan sebelum bersantap, daripada kamu kena kemplang ketika akan membayar. Untuk minuman serta camilan, sebaiknya persiapkan dari rumah.

  1. Uang penginapan jika diperlukan

Jika perjalanan mudikmu membutuhkan waktu hingga puluhan jam, tak ada salahnya kamu menyiapkan dana penginapan. Jangan paksakan tubuh yang lelah untuk terus berada dibelakang kemudi. Meski kamu bisa saja berhemat dengan beristirahat di titik-titik rest area dan tidur di dalam mobil, namun tidur yang berkualitas di hotel bersama teman-teman seperjalanan maupun keluarga dapat mengembalikan energimu dengan lebih baik.

  1. Dana darurat untuk jaga-jaga

Sedia payung sebelum hujan. Peribahasa tersebut agaknya cocok diterapkan sewaktu mudik menggunakan kendaraan pribadi. Kita memang tak berharap akan datangnya musibah-musibah kecil seperti ban bocor, dan lain sebagainya. Namun, meyiapkan dana darurat merupakan hukum wajib. Dana darurat ibarat pemain cadangan di pertandingan sepakbola.

  1. Tak ada salahnya menyiapkan budget rekreasi

Di sepanjang jalur mudik, kamu pasti bakal melewati beberapa daerah dengan beragam wisata yang berbeda. Beberapa ada yang gratis, namun tak sedikit pula yang mematok tarif. Pinggirkan sejenak kendaraanmu untuk sekedar menikmati indahnya pantai utara atau bahkan mengagumi keindahan bangunan bersejarah di Kota Cirebon. Tak ada salahnya pula jika kamu ingin membeli kudapan khas daerah di sepanjang jalur mudik, untuk disantap ketika berbuka nanti. Oleh karenanya, budget rekreasi ini perlu kamu pertimbangkan agar nanti tak kecolongan.

 

Itulah beberapa tips untuk menyiapkan budget bagi kamu yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin masih ada yang kurang, namun paling tidak kelima poin diatas merupakan poin utama yang harus ada. Jika beberapa poin kurang cocok, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Happy mudik! Jangan lupa tinggalkan komentarmu ya.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett