Beranda > Gaya Hidup > Bingung Mencari Kontrakan Rumah yang Pas Setelah Menikah? Ini Tipsnya!

Bingung Mencari Kontrakan Rumah yang Pas Setelah Menikah? Ini Tipsnya!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Bingung Mencari Kontrakan Rumah yang Pas Setelah Menikah? Ini Tipsnya!watermark

TUNAIKU.COM – Setiap pasangan suami-istri yang baru menikah pasti memimpikan tinggal di rumah sendiri. Pasalnya, jika terus menerus tinggal di rumah orang tua atau mertua khawatir akan merepotkan dan membuat canggung. Tinggal di rumah sendiri juga melatih pasangan untuk hidup mandiri dan menentukan bahtera rumah tangga tanpa campur tangan orang tua atau mertua dalam setiap pengambilan keputusan.

 

Kendalanya, pasangan baru menikah biasanya nggak punya cukup uang untuk membeli rumah sendiri . Itu sebabnya, mengontrak rumah mejadi pilihan terbaik di samping tetap menabung untuk membeli rumah sendiri. Namun, mencari kontrakan untuk ditinggali pasutri itu susah-susah gampang, lho. Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan pasutri saat akan mencari rumah kontrakan? Berikut ulasannya!

 

Artikel Terkait : Inspirasi Desain dan Dekorasi Rumah

  1. Punya Sedikit Waktu? Ini 7 Inspirasi Dekorasi Rumah yang Praktis
  2. Ini 5 Arsitek di Semarang yang Bisa Bantu Kamu Bangun Rumah Idaman
  3. 7 Desain Hunian Mezzanine, Solusi Tepat untuk Rumah Sempit

 

1. Memilih rumah yang nggak terlalu jauh dari tempat kerja

Ketika memilih rumah, yang penting untuk dipertimbangkan adalah soal jarak rumah dengan tempat kerja. Kalau kamu dan pasangan bekerja, tetapi di kantor yang berbeda, pastikan kamu memilih rumah di tengah-tengah. Pilih juga letak rumah yang memiliki akses jalan atau layanan tranportasi yang mudah dijangkau. Jadi, uang transportasi pun lebih hemat.

 

2. Memilih rumah dengan lingkungan yang baik

Pilihlah rumah dengan lingkungan yang aman. Pastikan lokasi rumah tersebut berada di lokasi yang sistem keamanannya terjamin dan bebas dari ancaman atau tindakan kriminalitas. Dengan mencari rumah yang cukup aman, kamu akan jauh lebih tenang dan nyaman tinggal di rumah tersebut.

 

3. Rumah dengan 2 kamar saja

Saat mencari rumah kontrakan, carilah yang nggak terlalu besar. Pasalnya, kalau rumahnya terlalu besar harganya juga akan jauh lebih mahal. Selain itu, ada banyak ruangan yang nggak terpakai. Pilih rumah yang memiliki 2 kamar yaitu untukmu dan untuk ruangan anakmu.

 

4. Pilih rumah dengan jangka sewa pendek

Usahakan pilih rumah yang jangka waktu sewanya 6 bulan atau 1 tahun. Hal ini untuk menghindari kalau kamu nggak cocok dengan rumah tersebut atau karena alasan lain dan harus mencari rumah kontrakan yang lain.

 

5. Cek kondisi rumah layak dan siap huni atau tidak

Sebelum bertransaksi dengan penyewa rumah, kamu harus mengecek secara detail keadaan rumah tersebut. Jangan sampai kamu mendapatkan rumah yang belum layak huni dan membutuhkan beberapa perbaikan lagi. Di samping akan memakan banyak biaya, hal tersebut juga memakan waktu sehingga kamu harus menunda waktu untuk pindah ke rumah tersebut.

 

Artikel Terkait: Memilih Desain Rumah Sesuai Selera

  1. 7 Inspirasi Bikin Desain Kamar di Rumah Mungil bagi Pasangan Baru
  2. 5 Contoh Denah Rumah Sederhana tapi Hangat yang Bisa Kamu Tiru
  3. Percantik Rumah Mungilmu dengan 10 Contoh Desain Ini

 

6. Rumah dengan lokasi yang strategis

Pilihlah rumah yang lokasinya paling strategis, misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Sehingga kamu akan mudah saat harus berbelanja kebutuhan harian atau saat mendadak anggota keluargamu jatuh sakit.

 

7. Rumah dengan bujet yang sesuai

Nggak perlu muluk mencari rumah yang mewah atau dengan furnitur yang lengkap. Cari saja rumah yang nyaman ditinggali dan dengan harga yang memang sesuai dengan bujet yang telah disiapkan. Kalau kamu jago menawar, mintalah diskon kepada si empunya rumah sebagai diskon pasutri yang baru menikah.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak mencari rumah kontrakan untuk ditinggali.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

CTABARU3

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett