Beranda > Gaya Hidup > Agar Tubuh Tetap Fit Saat Mudik Naik Kendaraan Pribadi, 6 Kiat Ini Perlu Kamu Patuhi

Agar Tubuh Tetap Fit Saat Mudik Naik Kendaraan Pribadi, 6 Kiat Ini Perlu Kamu Patuhi

Agar Tubuh Tetap Fit Saat Mudik Naik Kendaraan Pribadi, 6 Kiat Ini Perlu Kamu Patuhiwatermark

TUNAIKU.COM – Sudah menyiapkan kendaraan pribadi untuk mudik, Kawan Tunaiku? Nggak cuma mengecek ulang kondisi kendaraan, fisik yang prima juga perlu dipersiapkan dan dijaga agar kamu sanggup melibas perjalanan yang jauh dan panjang sampai ke kampung halaman.

Nah, lakukan beberapa tips yang sudah dirangkum oleh Tunaiku berikut ini biar tubuhmu tetap fit selama perjalanan mudik.

 

1. Persiapkan stamina sejak sebelum berangkat. Pastikan kamu cukup istirahat beberapa hari sebelumnya.

Untuk memastikan agar kondisimu fit saat mudik nanti, pastikan kamu memperoleh istirahat yang cukup. Setidaknya 6-8 jam sehari. Selain itu, jangan lupa makan makanan yang bergizi dan konsumsi air yang cukup. Ditambah sedikit aktivitas fisik, tubuhmu pasti siap diajak melibas jalanan!

 

2. Bila perlu, bekali diri dengan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Puasa sambil mengemudi jarak jauh tentu melelahkan. Salah-salah, tubuhmu bisa gampang nge-drop. Makanya, bila kamu niat berpuasa, nggak ada salahnya mengonsumsi multivitamin untuk mendukung daya tahan tubuhmu. Selain itu, konsumsi makanan kaya protein saat sahur dan berbuka.

 

3. Kafein memang membuatmu terjaga. Tapi, konsumsi sewajarnya saja, ya!

Kafein dari kopi atau minuman energi cukup membantu kamu terjaga saat mengemudi, terutama bila kamu menempuh perjalanan malam hari. Tapi, sebaiknya konsumsi sewajarnya aja, ya. Sebab, konsumsi kafein yang berlebihan justru bikin kemampuan berpikirmu melemah dan kemampuan sistem imun menurun.

 

4. Jangan mengabaikan “panggilan alam”. Manfaatkan ini untuk beranjak dan meregangkan otot.

Kalau kamu atau penumpang lainnya ingin buang air, nggak perlu ragu untuk langsung menepi ke pom bensin atau rest area terdekat. Menahan “panggilan alam” nggak cuma mengganggu konsentrasi mengemudi, tapi juga nggak baik buat kesehatan sistem pembuanganmu. Anggap saja ini adalah kesempatan untuk beristirahat sejenak dan meregangkan otot.

 

5. Usahakan beristirahat setiap 3-4 jam sekali.

Meski posisimu cuma duduk di kendaraan, melakukan perjalanan tetap menguras tenaga. Makanya, lebih baik beristirahatlah setiap 3-4 jam sekali bagi pengendara mobil dan 2 jam sekali buat pengendara motor. Manfaatkan waktu istirahat untuk menghirup udara segar, memberi kabar ke sanak keluarga, memanfaatkan kursi pijat, atau sekadar tidur-tiduran.

 

6. Bagi pengendara sepeda motor, sebaiknya berhenti dulu kalau derasnya hujan cukup mengganggu.

Cuaca yang tidak menentu jelas membuatmu yang mudik naik sepeda motor perlu lebih waspada. Nggak perlu ragu untuk berhenti sejenak bila hujan cukup deras.  Tetap berkendara ketika hujan deras akan menguras lebih banyak energi dan membuatmu rentan terserang penyakit. Belum lagi ditambah jarak pandang yang kurang mumpuni, sehingga risiko terjadi kecelakaan pun lebih tinggi.

 

Nah, itulah beberapa kiat untuk menjaga kesehatan kamu selama perjalanan mudik. Tunaiku doakan, semoga kamu selamat sampai tujuan!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett