Beranda > Gaya Hidup > 7 Tips Jitu Rawat Gorden Agar Tetap Cantik dan Tidak Cepat Rusak

7 Tips Jitu Rawat Gorden Agar Tetap Cantik dan Tidak Cepat Rusak

PAULUS RISANGPaulus Risang
7 Tips Jitu Rawat Gorden Agar Tetap Cantik dan Tidak Cepat Rusakwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki rumah yang bersih, indah, dan rapi tentu akan membuat siapa pun yang menghuni menjadi nyaman dan betah tinggal di rumah. Rumah yang nyaman juga akan memberikan aura positif, lho!

 

Selain kebersihan, pandai dalam merawat perabotan dalam rumah juga penting, karena akan menambah keindahan rumah. Salah satu hal yang nggak luput dari perhatian adalah gorden. Banyak orang yang kurang merawat gorden, padahal gorden merupakan salah satu dekorasi yang wajib kamu perhatikan. Nah, berikut 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat gorden!

 

1. Perhatikan jenis bahan gorden

Sebelum membersihkan gorden, kamu wajib mengetahui jenis bahannya. Ada beragam bahan gorden, seperti katun, satin, poliester, beludru, dll. Beda bahan akan mempengaruhi penanganan dalam membersihkannya. Kalau kamu salah dalam teknik pembersihannya, bukannya malah bersih malah gorden akan rusak.

 

Artikel Terkait: Dekorasi Cantik untuk Rumah

  1. 5 Ide Dekorasi Warna Ungu Untuk Interior Rumah, On Point!
  2. Rumah Hoki, Ini Warna Dekorasi Keberuntungan di Tahun Babi Tanah
  3. Inspirasi Dekorasi Rumah Sempit Tapi Nyaman

 

2. Cuci gorden berdasarkan jenis bahannya

Gorden dengan rumbai dan bordir sebaiknya dicuci dengan tangan saja, jangan menggunakan mesin cuci karena akan merusak bentuknya. Gorden berbahan katun bisa dicuci biasa menggunakan tangan maupun mesin cuci. Sedangkan gorden sebaiknya dicuci di tempat laundry karena bahan beludru nggak boleh diperas dengan cara memelintirnya, sebab akan membuat bulu-bulunya rontok. Untuk gorden berbahan chenille harus dicuci kering, karena kalau dicuci dengan cara biasa justru malah menciut.

 

3. Peranti logam harus dilepaskan sebelum dicuci

Pastikan kawat, smock ring, dan besi yang ada pada gorden dilepas terlebih dahulu sebelum mencuci. Hal ini bertujuan untuk menghindari karat yang bisa menyebabkan rusaknya gorden.  Kawat, smock ring, dan besi bisa kamu bersihkan menggunakan lap kering. Bagaimanapun, peranti logam ini juga wajib diperhatikan ya demi mendapatkan gorden yang bersih paripurna.

 

4. Setrika gorden agar tetap sesuai bentuk semula

Beberapa bahan gorden bisa disetrika. Namun, kamu perlu mengatur panas setrika sesuai bahan tersebut agar nggak terlalu panas sehingga dapat merusak gorden. Lipat gorden sesuai jalur awal agar bentuknya tetap sama. Setrika perlahan-lahan supaya hasilnya rapi.

 

5. Ubah gorden dengan desain baru

Gorden biasanya dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Mungkin kamu salah satu orang yang sudah bosan dengan gordenmu. Alih-alih membeli gorden lagi, kamu bisa mengubah gorden lama dengan desain baru. Tambahkan kain berwarna lain yang bisa disesuaikan dengan warna tembok, lalu dijahit di bagian atas atau bawah gorden. Gorden lamamu kini tampak baru dan lebih menarik, lho!

 

6. Tambahkan aksesori agar lebih manis

Coba datang ke toko perlengkapan jahit, di sana kamu akan menemukan berbagai asesori untuk menghias gordenmu agar terlihat lebih manis. Boneka kecil, bunga, bordir, dan rumbai bisa kamu tambahkan dan ditata dengan baik. Wah, dijamin gordenmu bakal memukau tamu yang datang berkunjung!

 

Artikel Terkait: Ide Suvenir Pernikahan

  1. 6 Ide Suvenir Pernikahan DIY yang Bisa Dimakan dan Unik
  2. Ini Suvenir Pernikahan Sesuai Zodiak, Bantu Persiapan Pernikahan Jadi Aman!
  3. Ini 5 Suvenir Pernikahan yang Bisa Dibuat Sendiri, Praktis dan Murah

 

7. Rawat goden secara berkala

Setelah gorden nampak cantik, rawatlah secara berkala. Bersihkan gorden setiap tiga bulan sekali. Jahit jika ada bagian yang sedikit robek., rapikan kembali jika ada jahitan yang kurang rapi.

 

Itulah 7 tips merawat gorden agar tetap cantik dan nggak cepat rusak. Kapan kamu mulai membersihkan gorden?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

 

CTABARU1

 

 

 

 

 

Tunaiku

 

 

 

 

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett