Beranda > Gaya Hidup > 7 Kiat Bangun Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

7 Kiat Bangun Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

dhandyDhandy
7 Kiat Bangun Hubungan Baik dengan Rekan Kerjawatermark

TUNAIKU.COM – Dalam dunia pekerjaan, mau tak mau kita akan selalu berhubungan dengan orang banyak, khususnya dengan rekan kerja satu perusahaan. Orang-orang tersebut sudah pasti memiliki berbagai macam karakter sekaligus perbedaan yang ada.

 

Belajar untuk menerima dan beradaptasi adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan dalam membangun hubungan baik di lingkungan kerja. Jika kamu sudah memiliki hubungan kerja yang baik, maka tentunya akan berdampak baik dan positif dalam keseharianmu di lingkungan pekerjaan.

 

Dampak positif dari hubungan baik dengan rekan kerja

 

Lalu, apa sih manfaat lain dari menjalin hubungan  baik di lingkungan kerja? Tentunya sangat banyak dong!

 

Saat kamu memiliki banyak rekan yang baik, maka secara tidak langsung akan banyak membantumu dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dan tanggung jawab. Kita sebagai makhluk sosial, tidak bisa jauh dari orang-orang di sekitar. 

 

Begitu pula di lingkungan kerja, untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, biasanya akan dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antar pekerja untuk bisa menghasilkan output yang diinginkan.

 

  1. Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!
    1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
    2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
    3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

Rekan kerja bisa jadi sahabat dan keluarga

 

Selanjutnya, selain akan berdampak positif pada pekerjaan, hubungan baik yang terjalin dengan rekan kerja juga bisa membawamu bertemu dengan sosok sahabat bahkan keluarga. Secara tidak disadari, kedekatan yang terjalin di setiap hari dalam lingkungan pekerjaan, akan meningkatkan ikatan hubungan yang kuat antara kamu dengan rekan kerjamu.

 

Jika hal ini bisa kamu dapatkan, maka kamu akan merasa nyaman dan semakin betah di dalam lingkungan pekerjaan tersebut. 

 

Lalu, bagaimana sih cara membangun hubungan baik dengan rekan kerja? Nah, berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan!

 

1. Bersikap baik dan sopan pada semua orang

 

Satu hal yang paling penting adalah harus bersikap baik dan sopan pada semua orang di lingkungan pekerjaan. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan respon yang baik pula dari rekan kerjamu. Kalaupun responnya berbanding terbalik, setidaknya kamu sudah berbuat baik dengan orang tersebut.

 

CTABARU1

2. Tunjukkan rasa antusias di setiap obrolan

 

Jika kamu sudah bisa membangun sebuah obrolan dengan rekan kerjamu, usahakan selalu tunjukkan rasa antusias di setiap obrolan atau diskusi. Hal ini biasanya akan berdampak positif, karena rekan kerjamu akan menganggapmu sebagai sosok yang bisa diajak berdiskusi maupun sekadar obrolan-obrolan santai.

 

3. Jangan sungkan untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja

 

Sebagai sosok manusia biasa, pasti kita bisa merasakan mana orang yang sekiranya bisa menjadi sosok yang akrab bagi kehidupan kita. Jika kamu bisa menemukannya, maka jangan buang kesempatan untuk bisa akrab dengan mereka! Dengan keakraban yang terjalin, maka orang-orang tersebut akan menjadi sosok yang bisa membantumu dalam berbagai kesempatan.

 

  1. Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!
    1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
    2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
    3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

4. Bersikap apa adanya dan jadi diri sendiri

 

Menjadi sosok apa adanya dan jauh dari istilah fake, rasanya bisa menjadi salah satu hal yang bisa membantumu dalam membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Biasanya, seseorang yang memiliki hati yang tulus dan apa adanya, akan memiliki teman lebih banyak dibanding dengan seseorang yang sering mencari perhatian pada orang lain.

 

5. Menghormati dan menghargai!

 

Terakhir, kamu harus bisa menghormati dan menghargai semua orang di lingkungan pekerjaanmu. Untuk rekan kerja yang lebih tua atau posisi jabatannya di atasmu, maka kamu harus bisa menghormati mereka. Lalu, untuk rekan kerja yang lebih muda atau yang posisi jabatannya di bawahmu, maka kamu harus bisa menghargai mereka.

 

Itulah tadi 5 kiat sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. Satu hal yang harus ditanamkan dalam diri adalah berbuat baik itu tak perlu memandang bulu. So, be kind is always good!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett