Beranda > Gaya Hidup > 7 Kesalahan Dasar yang Dilakukan Pelukis Pemula, Wajib Tahu!

7 Kesalahan Dasar yang Dilakukan Pelukis Pemula, Wajib Tahu!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Kesalahan Dasar yang Dilakukan Pelukis Pemula, Wajib Tahu!watermark

TUNAIKU.COM – Melukis menjadi hobi yang menyenangkan. Namun jika dibarengi dengan bakat dan kerja keras, bisa jadi kamu menjelma menjadi pelukis masa depan sehebat Affandi atau Pablo Picasso.

 

Artikel terkait: Hobi yang menyenangkan untuk semua orang

  1. Latih Kreativitas Nggak Perlu Biaya Mahal, Ini Pilihan Hobi yang Bisa Kamu Coba!
  2. Hobi Berikut Ini Nggak Hanya Menyenangkan, Tapi Juga menyehatkan!
  3. Hai Para Introvert, Coba Tekuni Hobi yang Asyik Ini!

 

Namun, sebelum itu, tentunya kamu harus banyak berlatih, ya. Dan upaya proses belajarmu cepat, kamu harus tahu kira-kira kesalahan seperti apa yang harus dihindari.Kali ini Swara Tunaiku akan berikan 7 kesalahan melukis yang harus dihindari, sebagaimana dianjurkan oleh Brian Simons, pelukis berkebangsaan Kanada.

Menurut Simons, kesalahan-kesalahan ini kerap ditemui oleh para pemula maupun profesional

 

1. Terlalu banyak berpikir

Melukis itu perihal mencurahkan imajinasi. Melakukan sembari merasa. Bukan harus berpikir seperti bukan perkara benar dan salah; buruk atau baik.  Jadi, goreskan saja kuasmu sesuka hati. Nggak perlu khawatir tentang hasil akhir. Percayai diri dan instingmu!

 

2. Terinspirasi lalu meniru gaya orang lain

Terinspirasi dengan gayanya Van Gogh, Da Vinci, atau Michaelangelo, tentu saja wajar. Tapi, jangan sampai kamu ngotot ingin meniru gaya mereka. Jadilah diri sendiri dan temukan aliranmu. Nggak ada yang bisa disembunyikan dalam lukisanmu.

 

3. Merasa perlu memperbaiki terus menerus

Lukisan yang baik, adalah lukisan yang diwarnai dengan kesalahan-kesalahan indah yang tidak diperbaiki. Sebenarnya hal tersebut justru menambah nilai dan rasa si lukisan.Dengan alasan ingin memberi gurat yang lebih detail, kadang kamu tergoda mengganti kuas dengan yang lebih kecil lalu memperbaiki lukisan.

 

4. Terpaku satu jenis sapuan

Kesalahan ini biasanya memang sering dialami banyak pelukis pemula dan jika sering dilakukan, hasil lukisan akan cenderung datar dan membosankan, lho. Cobalah gunakan sapuan yang bervariasi. Selain itu, hindari menggunakan sapuan cat yang kering dan kasar karena lukisan terlihat murahan sekaligus ‘pelit’.

CTABARU3

Mobile Site CTA

5. Memilih objek yang dekat

Melukislah objek yang benar-benar kamu kenal. Pelajari objeknya, jangan sekadar tahu atau selintas saja. Tak kenal, maka tak sayang. Kalau tak sayang, bagaimana bisa melukisnya dengan sepenuh hati? Iya, kan?

 

6. Membuat kombinasi warna di palet bukan kanvas

Jangan ‘membuat’ warna di kanvas. Lebih baik selesaikan mencampur warnamu di palet. Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak warna. Cukup tiga sampai empat saja dengan warna putih, dan lihat seberapa banyak warna yang bisa dihasilkan dari kombinasi tersebut.

 

7. Memilih lokasi yang kurang nyaman

Mendengar pujian memang menyenangkan, sih. Tapi sebaiknya, saat melukis kamu nggak perlu mendengar apa kata orang. Melukislah di tempat yang cukup tenang dari komentar-komentar orang yang bisa mendistraksimu. 

Sekarang,coba pikir-pikir lagi, deh. Apakah kamu pernah dan masih melakukan tujuh kesalahan di atas? Tetap semangat dan terus berlatih, ya!

 

Artikel terkait: me time supaya selalu waras

  1. Manfaat “Me Time” bagi Perkembangan Karier di Kantor
  2. 8 Ide Me Time Tanpa Harus Keluar Uang Banyak
  3. Me Time yang Simple dan Hemat Biaya? Coba 8 Cara Ampuh ini, yuk!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett