Beranda > Gaya Hidup > SWARA KAMU: 5 Tips Mengatasi Homesick untuk Para Anak Rantau

SWARA KAMU: 5 Tips Mengatasi Homesick untuk Para Anak Rantau

Soffi MayhestiSoffi Mayhesti
SWARA KAMU: 5 Tips Mengatasi Homesick untuk Para Anak Rantauwatermark

Buat kamu yang sedang merantau ke tanah orang, baik itu untuk bekerja atau menuntut ilmu pasti mengalami di mana posisi kamu sekarang sedang sendirian. Memang risiko yang harus dihadapi saat kamu merantau adalah hidup sendirian, tidak ada sanak saudara, dan tentunya apa pun kegiatan yang kamu lakukan di tempat rantau harus kamu lakukan sendiri.

 

Ini memang terkecuali bagi kamu yang masih punya sanak saudara atau teman karib dari kampung halaman. Tapi apakah kamu pernah merasakan atau mencoba keluar dari zona nyaman kamu untuk mandiri, bagaimana kerasnya hidup di tanah orang?

 

Di titik ini juga kamu pernah mengalami kejenuhan atau bahkan kerinduan akan kampung halaman di mana itu tempat kita dilahirkan, berkumpul bersama keluarga dan orang-orang yang kita cintai. Parahnya bagi kamu tidak kuat mental, pasti akan merasa selalu ingin pulang dan tidak kerasan. Ini didukung juga bagi kamu yang diberi kemudahan hidup oleh orangtua. Sadarkah kamu? Keadaan seperti itu juga bagian dari ujianmu untuk mencapai cita-citamu. Sehingga tujuanmu dari mencari rezeki atau ilmu jadi terasa berat karena itu.

 

Tapi jangan lemah dulu, disini aku akan berbagi tips mengusir kejenuhan dan kerinduan bagi kamu yang ingin pulang kampung terus.

 

1. Ingat tujuan awalmu

Tips Mengatasi Homesick

Walaupun kamu sibuk dengan aktivitasmu, kadang muncul kejenuhan dan akhirnya berpikir ke rumah. Kamu harus menepis itu semua dengan tujuan awalmu kenapa harus pergi merantau. Bagi kamu yang bekerja, kamu pasti punya dong impian yang harus kamu wujudkan, baik itu untuk ngumpulin uang, membantu keluarga di kampung, atau ingin berpetualang mengenal orang-orang baru.

 

Dan kamu yang seorang pelajar/mahasiswa, kamu rela pergi jauh bukannya untuk mencari ilmu kan? Untuk ngejar gelar kan? Jadi kamu harus tahan itu semua biar kuliah kamu selesai dan bisa cepat di wisuda.

 

2. Selalu teringat orang tua dan keluarga

Tips Mengatasi Homesick
Kamu yang bekerja otomatis akan jarang pulang, bahkan sulit pulang karena mendapat tanggung jawab pekerjaan. Ini memang beban mental buat kamu. Tapi percayalah untuk kamu yang sekarang bekerja keras mengumpulkan uang, keluargamu sedang menunggu kiriman nafkahmu.

 

Untuk kamu yang mahasiswa/pelajar, senantiasa ingat orang tuamu yang pontang-panting mencari uang untuk biaya kuliah dan biaya hidupmu. Tanpa mereka, kamu gak akan bisa kuliah sampai sekarang. Hanya satu harapan orangtuamu, kamu harus cepat lulus sesuai waktumu dan bermanfaat untuk orang lain. Jadi kamu harus kuat!

 

3. Sibukkan diri

Tips Mengatasi Homesick

Bekerja memang kesibukanmu, tapi coba pikir lagi. Bekerja adalah tuntutan kamu agar menghasilkan target yang wajib kamu selesaikan. Di sela-sela kamu bekerja, kamu bisa melakukan kegiatan lain yang bermanfaat untuk pekerjaan utamamu atau melakukan pekerjaan lain yang kamu sukai.

 

Apapun itu, di waktu istirahat kerja kamu bisa menyalurkan hobi kamu, pergi keluar untuk makan bersama teman kerjamu, ataupun sekedar sharing-sharing kerjaan dengan sesama karyawan agar kamu di tidak suntuk di kantor.

 

Untuk kamu mahasiswa, di sela-sela jadwal kuliah, kamu bisa membuat tugas atau diskusi dengan teman-teman. Plusnya di sini, kamu bisa rajin dan tepat waktu mengumpulkan tugas. Kamu akan memikirkan tentang tugas sehingga pikiran kamu di rumah bisa teralihkan. Bisa juga, kamu dan teman-teman keluar main untuk refreshing menghilangkan penatnya jadwal kuliah dan tugas, boleh juga tuh!

 

4. Kembangkan hobi kamu

Tips Mengatasi Homesick
Kamu punya hobi atau passion sesuai diri kamu, lebih baik kembangkan dan tekuni. Pikiran kamu juga akan lebih positif dan aktif untuk proses hidup kamu sekarang. Dari hobi yang kamu tekuni bisa berdampak pada dirimu bahwa kamu punya keahlian tambahan yang berguna bagi kamu di masa datang.

 

5. Sibukkan dengan bersih-bersih kamar kost atau kontrakan

Tips Mengatasi Homesick
Ini nih yang kebanyakan malas untuk melakukannya. Padahal kegiatan ini sangat penting untuk dirimu. Bukankah hidup bahagia itu cerminan dari lingkungan di sekitarmu? Termasuk tempat tinggal, lakukan secara rutin untuk membersihkan kamar, menata barang-barang atau sekadar mendekorasi ulang kamar sesuai gaya kamu bahkan kamu bisa merombak ulang kamar persis yang ada di rumah.

 

Buatlah sesuka kamu sampai kamu benar-benar nyaman. Ini berpengaruh dengan pola hidup sehat kamu, nggak males-malesan lagi, dan itu bisa melatih dirimu agar tidak bergantung dengan orang lain. Kondisi kamar yang selalu rapi akan membuat kamu kerasan dan nyaman untuk istirahat. Sehingga rasa kangen akan rumah masih terobati dengan berada di kamar kamu.

 

Semoga dengan tips-tips di atas bisa kamu coba, tetap semangat menggapai cita-cita.

 

Ini Swara Kamu dari:

Soffi Mayhesti

Soffi sekarang tinggal di Kota Semarang dan bekerja sambil melanjutkan pendidikan di Universitas Semarang jurusan Ilmu Komunikasi.

Instagram : @soffimay_
Facebook : Soffi Mayhesti

SWARA KAMU


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett