Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Ini Dapat Mencegah Perceraian yang Disebabkan Faktor Finansial!

5 Tips Ini Dapat Mencegah Perceraian yang Disebabkan Faktor Finansial!

5 Tips Ini Dapat Mencegah Perceraian yang Disebabkan Faktor Finansial!watermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang tentu tidak ingin mengalami kegagalan. Sama halnya dengan hidup berumah tangga. Setiap pasangan berharap kehidupan rumah tangganya berlangsung harmonis dan terhidar dari isu perceraian.

Ada beragam alasan yang melatarbelakangi perceraian. Menurut Naomi Tobing, seorang psikolog dari Lighthouse, dari sembilan faktor, faktor finansial menduduki nomor kedua, setelah faktor komunikasi. Isu finansial memang sensitif. Tidak jarang pertengkaran dalam berbagai hal bersumber pada ekonomi. Bahkan, terkadang perselingkuhan pun bersumber dari faktor ini.

Finansial menjadi momok paling mengerikan, bukan? Untuk itu, penting bagi kita memerhatikan masalah ekonomi sejak dini, terutama bagi pasangan yang usia pernikahannya masih tergolong muda. Yuk, simak 5 tips di bawah ini:

 

Memahami lebih dalam

Dalam setiap hal yang memicu pertengkaran, setiap pasangan perlu memahaminya dengan sabar. Bisa jadi pertengkaran tersebut bersumber dari ekonomi. Jika memang karena faktor ekonomi, kembali lagi pasangan harus mendiskusi pengelolaan finansial agar tidak selamanya menjadi pemicu konflik. Hal ini harus diperhatikan, karena pertengkaran kecil sekalipun bila berlangsung berkali kali, bisa berujung pada perceraian.

 

Manajemen peran

Manajemen peran yang dimaksud adalah pembagian anggaran kebutuhan dari pendapatan suami dengan istri. Bagaimana pembagiannya kembali lagi pada setiap pasangan. Sebagai contoh, pendapatan istri untuk kebutuhan rumah tangga seperti belanja dapur, listrik, dan air. Sedangkan pendapatan suami dialokasikan untuk investasi dan pembelanjaan barang mewah (televisi, kulkas, mobil, rumah, dan lain-lain).  

 

Ketat dan hemat dalam pengeluaran

Jangan salah, ya! Hemat bukan berarti pelit. Jika memang bukan kebutuhan mendesak dan begitu penting, pengeluaran bisa ditahan. Bahkan, pengeluaran sekecil apa pun harus tetap diperhatikan. Justru, orang kaya di luar sana sangat ketat terhadap pengeluaran dalam jumlah kecil, lho!

 

Artikel terkait: Tips agar semakin kaya

  1. Mau Tambah Kaya? Terapkan 5 Prinsip Ini!
  2. Ini Dia 11 Kebiasaan Hidup Hemat Para Orang Super Kaya di Dunia yang Bisa Kamu Contoh
  3. Ingin Dapatkan Kekayaan Tanpa Perlu Modal Besar? Cukup Lakukan 5 Hal Mudah Ini!

 

Memiliki Perkejaan Tambahan di Luar Jam kantor

Jika dirasa penghasilan bulanan pas-pasan sedangkan kebutuhan rumah tangga semakin banyak, sudah waktunya kalian memiliki pekerjaan tambahan. Dalam hal ini kalian bisa memanfaatkan relasi kantor atau mulai merintis bisnis kecil-kecilan. Tapi sebelumnya bicarakan hal ini dengan pasangan terlebih dahulu. Jangan sampai pasangan kamu tidak tahu-menahu soal pekerjaan tambahan ini. Kuncinya adalah komunikasi dan keterbukaan tentang kondisi keuanganmu juga.

 

Memiliki rencana jangka panjang

Kebutuhan mendatang bisa jadi lebih banyak. Bersegeralah diskusi dengan pasanganmu untuk memprediksi kebutuhan di bulan dan tahun berikutnya. Dari sana, kalian bisa akan membuat rencana jangka panjang, seperti investasi yang dimulai sejak dini.

 

Artikel terkait: Tips hubungan yang sukses

  1. 4 Ciri Pasangan yang Bisa Bikin Kamu Semakin Sukses
  2. Bagaimana Cara Menghadapi Bila Suami Cemburu dengan Kesuksesan Istri?
  3. 10 Quotes Inspiratif tentang Pernikahan dari Seleb Indonesia

 

Setelah mengtahui 5 tips finansial untuk menyelamatkan pernikahan kalian, jangan lupa untuk memerhatikan faktor lain juga, ya! Sudah tentu keharmonisan berumah tangga tidak hanya didukung oleh finansial yang matang. Selamat mencoba!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett