Beranda > Gaya Hidup > 5 Pos Keuangan untuk Pesta Pertunangan yang Berkesan!

5 Pos Keuangan untuk Pesta Pertunangan yang Berkesan!

5 Pos Keuangan untuk Pesta Pertunangan yang Berkesan!watermark

TUNAIKU.COM – Pertunangan merupakan peristiwa membahagiakan yang patut disyukuri. Biasanya orang akan mengadakan pesta pertunangan sebagai ajang perkenalan antara keluarga serta teman-teman calon pengantin pria dan wanita. Untuk mengadakan pesta pertunangan, tentu dibutuhkan waktu dan upaya.

Akhir-akhir ini, banyak orang yang merancang pesta pertunangan secara besar-besaran, bahkan tidak dapat dibedakan lagi dengan pesta pernikahan. Kalau kamu tidak mempersiapkan anggaran secara baik, bisa jadi kamu hanya mendapatkan sisa-sisa uang untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Pesta pertunangan tidak perlu digelar terlalu mewah. Ini merupakan perayaan membahagiakan, jadi kamu bebas mengadakan pesta yang menyenangkan dan disesuaikan dengan kemampuan bujetmu.

Berikut 5 pos keuangan yang harus kamu perhatikan jika ingin pesta pertunangan yang berkesan.

 

Biaya hantaran

Hantaran adalah perlengkapan yang akan di gunakan si calon perempuan untuk mempersiapkan hari pernikahannya. Oleh sebab itu jaman sekarang biasanya sang perempuan lah yang menentukan apa saja isi hantaran, disesuaikan dengan keinginannya.

Hantaran biasanya berisi perlengkapan sholat, perlengkapan mandi, make-up, tas, baju, sepatu, buah dan kue sebagai buah tangan. Kamu bisa menganggarkan pos ini dengan biaya sekitar Rp 3-5 juta.

 

Biaya pembelian tanda mata

Sebenarnya tanda mata atau suvenir pesta tidak harus ada. Namun jika ada juga lebih baik, karena ini menunjukkan rasa terima kasihmu kepada tamu undangan yang telah hadir. Kamu bisa memilih suvenir yang kecil seperti kue atau hiasan-hiasan. Di pos ini kamu bisa sediakan bujet Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan.

 

Biaya subsidi

Biaya subsidi di sini termasuk biaya makanan, tempat atau gedung, rias dan busana, dokumentasi, serta dekorasi. Untuk makanan, kamu bisa pesan katering dengan menu yang disesuaikan dengan bujetmu. Kalau ingin tidak terlalu banyak pengeluaran, sebaiknya batasi tamu undangan, menjadi keluarga dan sahabat dekat saja. Target bujet sekitar Rp 2-3 juta.

Untuk menghemat pengeluaran, tempat pesta pertunangan bisa diadakan di rumah saja dengan bantuan tukang dekorasi tanpa perlu menyewa gedung, tapi tetap harus dipertimbangkan dengan jumlah tamu yang akan datang. Kalau kamu mau hemat, untuk backdrop acara lamaran, kamu bisa pakai jasa paper flower untuk mengiasnya. Bujet hanya sekitar Rp 500.000.

Mau lebih hemat lagi? Dokumentasi bisa kamu serahkan ke saudara, sepupu, atau sahabat dekat yang punya kemampuan fotografi yang ciamik.

Karena ini peristiwa penting, kamu tentu ingin terlihat cantik dan tampan dihadapan keluarga besar masing-masing calon. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan kerabat dekat yang cukup mahir memoles wajah, atau bisa juga menyewa tukang rias. Batasi pengeluaran sekitar Rp 500.000.

 

Biaya tak terduga

Dalam membuat suatu acara perlu disiapkan biaya tak terduga, hal ini untuk mengantisipasi kejadian di luar skenario kita.  Biasanya, biaya tak terduga muncul dari berbagai pengeluaran kecil yang menyebabkan bujet semakin membengkak.

Hal yang kadang terlupa jika mengadakan acara adalah kenyamanan para tamu. Salah satu kegunaan biaya tak terduga ini adalah untuk mengatasi kenyamanan tamu, seperti jika pesta pertunangan diadakan di dalam ruangan, apakah pendingin ruangan sudah cukup atau masih harus ditambah lagi. Atau biaya makan atau rokok panitia yang bekerja di pesta pertunangan bisa dimasukkan di biaya tak terduga ini. Estimasi biaya tak terduga ini bisa sekitar 10%-15% dari total bujet pesta pertunangan yaitu Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta.

 

Hmmmm… ternyata memang nggak murah ya, Kawan Tunaiku, untuk bikin pesta pertunangan yang berkesan. Memang ada harga yang harus kita bayar untuk mendapatkan hal yang lebih baik. Namun kamu nggak perlu khawatir kalau kamu memang sudah mempersiapkan semuanya secara matang dari jauh-jauh hari. Apalagi kalau kamu membiayainya patungan dengan pasanganmu. Semangat menabung, Kawan Tunaiku!

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett