Beranda > Gaya Hidup > 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Calon Orangtua Saat Sebelum dan Selama Proses Melahirkan

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Calon Orangtua Saat Sebelum dan Selama Proses Melahirkan

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Calon Orangtua Saat Sebelum dan Selama Proses Melahirkanwatermark

TUNAIKU.COM – Proses melahirkan biasanya membuat ibu sedikit gugup, terutama buat kamu yang melahirkan untuk pertama kalinya. Jangan khawatir, karena menurut para ahli hal itu alami. Melahirkan adalah salah satu pekerjaan yang sangat berat dan membutuhkan mental baja. Dan biasanya calon ibu baru belum tahu rasa sakit macam apa yang akan mereka hadapi.

 

Karena belum berpengalaman, terkadang calon orangtua jadi melupakan beberapa hal yang penting dilakukan sebelum dan selama proses melahirkan. Padahal, hal-hal tersebut sangatlah penting untuk membantu proses kelahiran. Nah supaya nggak lupa, baiknya baca dulu lima hal berikut.

 

1. Nggak merencanakan kelahiran bayi

Rencana kelahiran itu ibarat dokumen yang memuat semua keinginan dan harapan calon orangtua pada saat hari melahirkan tiba. Semua anggota keluarga harus mengetahui dan menyepakatinya. Melahirkan itu banyak aspeknya, mulai dari siapa yang boleh hadir di dalam ruang melahirkan, gimana dengan alternatif operasi caesar, apakah ibu mau langsung menyusui atau bersedia apabila sang bayi diberi susu formula, serta berapa lama bakal tinggal di rumah sakit setelah melahirkan. Rencana kelahiran itu penting, jadi saat hari H kamu dan pasangan nggak kelabakan.

 

  1. Artikel Terkait: Apa kata zodiakmu tentang 2019?
    Ramalan Komplet Zodiak Capricorn Tahun 2019, Mau Tahu?
  2. Hobi Baru yang Patut Kamu Coba di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak
  3. Ramalan 2019, Karir dan Potensi Naik Gaji Berdasarkan Zodiak

 

2. Nggak mencoba untuk rileks

Sikap rileks sangat penting sebelum dan selama proses melahirkan terjadi. Para ahli berpendapat bahwa calon ibu bisa mendorong bayi keluar dari tubuhnya hanya dengan rileks. Dengan kata lain, calon ibu harus terus berpikiran positif sehingga nggak gugup saat proses melahirkan. Ada baiknya calon ibu mencoba meditasi sebelum melahirkan, paling nggak bisa mengatur napas dengan lebih teratur.

 

3. Nggak menggunakan teknik melahirkan

Dilanda rasa cemas menjelang proses melahirkan itu wajar. Kamu bisa mencoba untuk menarik napas lewat hidung dan membuangnya lewat mulut. Teknik ini sangat membantu ibu selama proses melahirkan. Selain melancarkan keluarnya bayi dari jalan lahir, calon ibu juga bakal lebih tenang. Bernapas dengan teknik ini juga bisa mereduksi stres. Bisa juga kamu tambah dengan imajinasi yang indah, misalnya, nama bayi yang sudah kamu siapkan atau tawa anak kamu nanti ketika dia sudah tiba di dunia.

 

4. Lupa dengan kebutuhan esensial

Melahirkan itu membutuhkan tenaga yang banyak, oleh karena itu keringatnya pun jadi banyak. Banyak calon orangtua yang melupakan hal ini sehingga nggak mempersiapkan ‘perlengkapan perang’. Bersimbah keringat bukanlah kondisi yang diinginkan seorang ibu ketika sedang berada dalam kondisi rasa sakit yang amat sangat. Karena itu persiapkan handuk bersih yang cukup ataupun baskom berisi air dingin untuk mengelap wajah dan badan.

 

5. Nggak punya birthing support

Setiap ibu atau calon ibu memiliki karakteristik yang berbeda. Akan tetapi, ketika berhadapan dengan rasa sakit fisik yang berlebihan disertai dengan stres emosional, hal-hal bisa sangat berbeda. Ibu yang akan melahirkan membutuhkan dukungan orang-orang terdekat selama proses melahirkan. Apakah itu ibunya, suami, atau sahabat terdekat.

 

Artikel Terkait: Bagaimana caranya memelihara hubungan dengan keluarga?

  1. Cara Mempererat Hubungan Keluarga Berdasarkan Zodiak
  2. 6 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga di Libur Akhir Tahun
  3. Potret Harmonis Keluarga Seleb Indonesia, Bisa Ditiru

 

Itulah lima hal yang nggak boleh dilupakan calon orangtua ketika hendak melahirkan. Ingat, melahirkan itu proses perjuangan hidup dan mati. Karena itu pastikan kamu dan pasangan sudah mempersiapkan kebutuhan dan memperkirakan kemungkinan yang akan terjadi. Proses melahirkan pun lancar. Kamu dan pasangan pun senang.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett