Beranda > Gaya Hidup > 5 Alasan Tokoh Belle ‘Beauty and the Beast’ Layak Jadi Panutan Perempuan Berani

5 Alasan Tokoh Belle ‘Beauty and the Beast’ Layak Jadi Panutan Perempuan Berani

5 Alasan Tokoh Belle ‘Beauty and the Beast’ Layak Jadi Panutan Perempuan Beraniwatermark

TUNAIKU.COM – Film live-action ‘Beauty and the Beast’ besutan Disney yang ditunggu-tunggu akhirnya tayang juga di bioskop Maret ini! Siapa yang sudah menyaksikan film tersebut? Pastinya, senang sekali bisa melihat dongeng masa kecil ini diangkat dalam layar lebar dengan karakter berwujud manusia. Nggak perlu diragukan, tokoh yang menjadi bintang dalam film ini, Belle, yang diperankan oleh aktris berbakat Emma Watson, menjadi panutan dan idola banyak orang.

Bagaimana tidak, sosok Belle menunjukkan perempuan yang cerdas dan mandiri. Nggak seperti beberapa putri Disney pendahulunya yang premisnya berupa perempuan teraniaya yang menantikan pertolongan pangeran impian, tokoh Belle dalam film ini justru digambarkan sebagai sosok perempuan yang berani.

Ya, ada sejumlah alasan kenapa Belle layak jadi panutan perempuan berani. Bisa jadi inspirasi menjadi lebih baik!

 

Artikel terkait: Pelajaran dari film

 

1. Memperluas wawasan dengan banyak belajar dan mengajar

Kaum perempuan dalam set masa di mana kisah ‘Beauty and The Beast’ berlangsung digambarkan sebagai sosok tidak berpendidikan yang hanya mengerjakan tugas-tugas rumah. Memang, dalam film, hanya laki-laki yang boleh mengenyam dunia pendidikan. Makanya, Belle yang gemar membaca dan belajar dianggap aneh oleh orang-orang di desanya. Pada satu momen di mana Belle berusaha mengajari seorang anak perempuan membaca, ia justru ditegur warga desa. Namun, pola pikir Belle lebih maju dari perempuan kebanyakan pada zamannya. Meski banyak mengalami hambatan dari lingkungan, ia mengajarkan kita untuk terus belajar dan membuka wawasan.

 

2. Menunjukkan bahwa kecerdasan adalah aset yang lebih penting dibandingkan kecantikan

Belle nggak cuma rajin belajar. Ia juga digambarkan sebagai seorang inventor dan inovator. Pada salah satu adegan, ia menunjukkan cara mencuci yang lebih efisien menggunakan alat bertenaga kuda ciptaannya sendiri. Hal ini menunjukkan pada kita bahwa kecerdasan bisa menjadi aset yang lebih penting dibandingkan kecantikan semata.

 

3. Kemandirian Belle juga tercermin dari bagaimana ia menolak Gaston

Berbeda dengan perempuan kebanyakan di lingkunganya yang bergantung kepada kaum pria, Belle justru nggak terlalu memikirkan jodoh maupun pernikahan jika tidak berlandaskan cinta. Hal ini tercermin dari adegan Belle menolak Gaston walau sosok pria ini dikenal sebagai pemuda gagah dan berani di desanya. Namun, itu hanyalah sosok Gaston dari luarnya saja, tidak seperti di dalam hatinya yang angkuh, narsis, dan egois. Alih-alih menikah dengan pria yang nggak dicintainya, Belle lebih suka menjadi perempuan yang berdikari.

 

Artikel terkait: Menjadi perempuan sukses dan mandiri

 

4. Meski dikurung oleh Beast, Belle nggak menyerah pada keadaan

Romantisme isu Stockholm Syndrome dalam film kartun ‘Beauty and The Beast’ di 1991 mendapat kritikan selama bertahun-tahun. Tapi, karakter Belle yang dibawakan oleh Emma Watson dalam film terbarunya mampu menyanggah hal tersebut.

Pada saat dikurung, Belle sama sekali nggak menunjukkan tanda-tanda Stockholm Syndrome. Ia kerap menyanggah kata-kata Beast dan menunjukkan usaha untuk melarikan diri. Hal ini mengajarkan kita bahwa perempuan nggak boleh menyerah pada keadaan.

 

5. Menjadi teladan kita untuk menghormati orang tua

Digambarkan sebagai perempuan tegar, mandiri, dan cerdas di tengah lingkungan yang patriarkis, Belle tetaplah seorang perempuan yang menghormati dan mencintai ayahnya. Sebab, ia sadar, sang ayahlah yang terus mendorong Belle hingga ia menjadi karakter yang kuat. Ini mengingatkan kita bahwa sehebat apapun kamu sebagai seorang perempuan, orang tua tetap menjadi sosok yang patut dihormati.

Itu dia sejumlah alasan kenapa Belle layak jadi panutan perempuan. Kamu punya pendapat lain? Yuk, bagikan di kolom komentar!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett