Beranda > Gaya Hidup > 4 Jenis Persalinan yang Bisa Kamu Pilih dan Biaya yang Dikeluarkan

4 Jenis Persalinan yang Bisa Kamu Pilih dan Biaya yang Dikeluarkan

4 Jenis Persalinan yang Bisa Kamu Pilih dan Biaya yang Dikeluarkan

TUNAIKU.COM – Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 7 Januari 2017, penyanyi Andien Aisyah baru saja melahirkan putra pertamanya yang bernama Kawa. Untukmu yang mengikuti akun Instagram penyanyi Jazz ini, tentu tahu bahwa Andien melalui proses melahirkan yang dikenal dengan metode water birth. Buat Kawan Tunaiku yang sedang sebentar lagi siap menyambut si kecil, apakah terpikir untuk menjalani proses yang sama?

Nah, kali ini Tunaiku membahas beberapa jenis persalinan dan perkiraan biaya yang dikeluarkan. Khusus untukmu yang sedang menanti-nanti kedatangan si kecil, yuk, disimak! Siapa tahu bisa dipertimbangkan.  

 

Persalinan normal di klinik atau rumah sakit

Secara keseluruhan, proses persalinan normal memakan waktu yang cukup lama, antara 10 – 20 jam. Hal ini karena proses kontraksi dan ‘kesiapan’ sang bayi untuk menyapa dunia berbeda-beda untuk setiap ibu.  Kelebihan menjalani proses persalinan di institusi kesehatan tentunya karena terjaminnya akses atas tenaga kesehatan dan peralatan medis yang memadai.

Mengenai biaya, tentu saja akan bervariasi, tapi, umumnya persalinan normal di klinik bidan akan memakan biaya sebesar Rp 1 juta – Rp 3 juta. Sedangkan di rumah sakit, biasanya bisa mencapai Rp 5 juta – Rp 30 juta, tergantung kelas dan fasilitas ya, tentunya.

 

Melahirkan di rumah dengan bidan

Untukmu yang lebih senang dikelilingi orang-orang terdekat saat menjalani proses persalinan, bisa mempertimbangkan untuk melahirkan di rumah saja, tapi tetap dengan bantuan bidan. Jika selama masa kehamilan kamu tergolong sehat dan kuat, melahirkan di rumah sama amannya kok dengan rumah sakit. Sebelumnya, pastikan bidan yang mendampingimu memang bersertifikasi, ya.

Jadi, selama proses persalinan, sang bidan akan siaga memantau denyut nadi, suhu tubuh, tekanan darah, dan detak jantung si kecil. Selain itu, sebagai upaya preventif, nggak ada salahnya juga memastikan  bahwa akses ke rumah sakit juga memadai. Perkiraan biaya untuk pilihan satu ini kira-kira sebesar Rp 1 juta – Rp 3 juta.

 

Persalinan caesar

Secara sederhana, persalinan caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan perut sang ibu,  alih-alih melalui jalan kelahiran normal. Umumnya proses ini dipilih oleh calon ibu yang takut merasa sakit atau sengaja ingin melahirkan pada tanggal-tanggal tertentu. Walaupun terlihat lebih mudah dan simpel, caesar tetaplah prosedur operasi yang berisiko. Makanya, dokter hanya akan menyarakan caesar apabila kondisi ibu dan janin tidak memungkinkan untuk persalinan normal. Lagipula, proses kelahiran caesar cukup tinggi, lho. Berkisar antara Rp 11 juta – Rp 30 juta, tergantung rumah sakit dan kelas yang dipilih. Hmmm…besar juga, ya.


Gentle birth  

Sesuai dengan namanya, gentle birth merupakan persalinan alami yang menekankan proses kelahiran yang tenang dan rileks.  Metode satu ini sangat mengandalkan kekuatan fisik dan emosional sang Ibu. Karena cenderung privat, metode gentle birth umumnya dilakukan di rumah atau klinik bersalin dengan bantuan bidan berpengalaman. Untuk prosedurnya, gentle birth yang direkomendasikan oleh ahli medis adalah water birth dan hypno birth.

Metode water birth misalnya, adalah metode di mana sang ibu duduk, jongkok atau berada dalam posisi yang nyaman untuk mengejan di dalam air. Metode ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit  karena air hangat yang digunakan meringankan sakit perut atau nyeri punggung. Di balik manfaatnya, seperti relaksasi dan nuansa yang terasa lebih sakral, metode water birth juga masih menyimpan risiko dan dilarang bagi mereka dengan kondisi tertentu.  

Jadi, sebelum memilih metode ini, konsultasikan dulu dengan doktermu dan pastikan untuk selektif saat memilih institusi pendamping persalinanmu, ya. Untuk prosedur gentle birth, biayanya berkisar antara Rp 7 juta – Rp 15 juta.  


Kawan Tunaiku, proses persalinan memang bukan hal yang mudah untuk dilalui. Untuk mengurangi ketegangan, enggak ada salahnya sesekali berlibur selama masa kehamilan supaya tetap rileks. Untukmu sang calon ibu, tentunya ingin memilih cara terbaik menghadirkan si kecil di dunia. Semoga beberapa jenis persalinan dengan rincian biaya yang dikeluarkan seperti Tunaiku jelaskan di atas bisa membantumu memberikan pilihan, ya.

 

Satu hal lagi, untuk menghadapi hari besar ini jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya sesegera mungkin. Termasuk, pos-pos keuangan yang harus kalian persiapkan. Supaya lebih tenang, urusan biaya persalinan kamu bisa mengandalkan Tunaiku, layanan pinjam uang online terpercaya. Dengan proses yang mudah dan cepat, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan hati yang tenang. Selamat menunggu kehadiran si kecil!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett