Beranda > Gaya Hidup > 3 Resep Hidangan Murah Meriah untuk Rayakan 17-an di Komplek Rumah

3 Resep Hidangan Murah Meriah untuk Rayakan 17-an di Komplek Rumah

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
3 Resep Hidangan Murah Meriah untuk Rayakan 17-an di Komplek Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap tahun, biasanya acara perayaan Hari Kemerdekaan di daerah tempat tinggal saya cukup ramai. Ada lomba menyanyi Ibu-Ibu PKK, lomba voli untuk pemuda, lomba permainan khas 17-an untuk anak-anak, dan malam kebersamaan untuk warga secara keseluruhan. Setiap acara pun memiliki jadwalnya sendiri-sendiri sehingga nggak hanya ramai di satu waktu.

 

Sayangnya sekarang sudah nggak ada lagi ibu-ibu PKK atau warga setempat yang menyedikan stand makanan untuk konsumsi, saat berbagai lomba atau malam kebersamaan berlangsung. Ribet dan memakan biaya cukup banyak, jadi alasan kebiasan ini terhenti.

 

Untuk itu, tahun ini saya jadi kepikiran untuk menghidupkan kebiasaan itu kembali. Tentunya dengan cara yang lebih efisien yaitu dengan mencari resep camilan yang murah meriah.

 

Setelah berseluncur di dunia maya, saya pun menemukan tiga resep camilan murah meriah yang saya rasa akan cocok dibuat untuk konsumsi bersama saat perayaan 17-an. Ini dia 3 resep hidangan murah meriah untuk rayakan 17-an di komplek rumah yang kamu juga bisa coba.

 

1. Keripik bayam

 

Bayam yang kita kenal sebagai sayuran sehat, ternyata bisa disajikan dalam bentuk yang ‘kriuk-kriuk’. Apalagi kalau bukan keripik bayam? Nah, ngemil ekripik bayam ini sangat cocok untuk menemani mengobrol santai bersama warga komplek sembari menyaksikan pertandingan bola voli, He-he-he. Ini dia resepnya.

 

Bahan:

  • 1 ikat bayam (atau sesuai kebutuhan). Kalau bisa pilih daun yang ukurannya agak lebar.
  • 250 gr tepung beras.
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 kemiri sangrai
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

 

Cara membuat:

  • Haluskan bawang putih, bawang merah, kencur, dan kemiri. Sisihkan.
  • Campur tepug beras, air, dan garam. Aduk rata.
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk rata dan tambahkan ketumbar.
  • Celupkan bayam per daun ke dalam adonan.
  • Goreng bayam dalam minyak panas sebentar saja hingga renyah dan kuning keemasan.
  • Kripik gayam pun bisa disantap ramai-ramai.

 

Artikel terkait: Makanan untuk hidup sehat

  1. Fast Food: Makanan Favorit Saat Deadline, Solusi Cepat Menuju Obesitas
  2. Begini Cara Sederhana Mulai Hidup Sehat di Usia Muda
  3. 5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat

 

2. Dadar gulung Isi

Punya stok unti kelapa d freezer,eman klo g d buat cemilan ,jd langsung aja d buatin kulit dadar gulung anti gagal…. Resep by @sudjono_ririn Bahan -100 gr tpng trigu -2 sdm tpng tapioka -1 btr telur -300 cc santan matang -1 sdm gula pasir -1/2 sdt garam Cara membuat – Masukkan smua bahan jd satu kmdian aduk hingga rata dn tidak bergerindil,bagi menjadi beberapa bagian,beri pewarna sesuai slera. – panaskan wajan,anti lengket,tuang sesendok sayur ratakan hingga menjadi blt utuh,tunggu sampai mateng,lakukan smua adonan hingga habis -ambil selembar kulit dadar gulung,masukkan sesendok unti kelapa kemudian ,lipat dan gulung.dadar gulung siap d sajikan – slamat mencoba #resepmudah#resepdadargulung #dadargulung#kuetradisional

A post shared by Ririn Sudjono (@sudjono_ririn) on

 

Dadar gulung ini meski nggak mengenyangkan, tapi bisa menunda lapar. Paling cocok dimakan ramai-ramai. Resep dadar gulung di bawah ini bisa disajikan untuk 20 porsi.

 

Bahan:

  • 500gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 2 sdm mentega
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

 

Cara membuat:

  • Lelehkan mentega.
  • Campur semua bahan dan mentega yang sudah dilelehkan tadi. Aduk rata. Usahakan adonan nggak begitu kental tapi nggak encer juga.
  • Buat adonan menggunakan teflon yang udah diolesi mentega terlebih dahulu.
  • Setelah adonan siap, barulah diberi isi sesuai selera. Bisa keju, coklat, selai stroberi, adonan kelapa muda dan gula merah atau lainnya. Dadar gulung isi pun siap disajikan.

 

Gimana, sangat mudah bukan? Pasti akan digemari juga karena disajikan dengan beragam isi sesuai selera warga.

 

3. Tape goreng

Namanya Rondo Royal. Lucu ya hehe. Alias tape goreng. Barusan aku googling ini ternyata makanan khas Jepara. Aku isi pake bongkahan keju biar makin maknyus ? . Rondo Royal isi Keju . Bahan 1 500gr tape, buang seratnya 1sdm gula Bahan 2 4sdm tepung terigu 1sdt garam 1butir telur secukupnya air isian: Keju potong dadu. besarnya sesuai selera aja Cara: 1. Dalam wadah, campur bahan 1. Diremet2 (bahasa Indonesia-nya apa ya? ?) sampai tape menjadi halus dan gula tercampur rata. ambil secukupnya, pipihkan. isi dgn keju. tutup. bulatkan 2. Dalam wadah, campur bahan 2, kecuali telur. ngasih airnya sedikit-sedikit, supaya rata dan tepung tdk bergerindil. Jangan sampai terlalu encer. Karena masih akan dimasukkan telur. Kemudian masukkan telur. Aduk rata lagi. 3. Masukkan tape yg Sudah diisi dan dibuletin tadi ke dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak yg banyak, sampai kuning keemasan. Angkat. Hidangkan. . #rondoroyal #tapegoreng #gorengan #indonesianfood #asianfood #food_of_our_world #9vaga_food9 #pocket_food #ptk_food #tv_foodlovers #doyanmasak #bisabikin #doyancooking #shareresep #berbagiresep #fotomasak #yukbelajarmasak #foodstagram #foodporn #foodpost #instapic #instaphoto #masakanrumah #cakedankue #resepmudah #foodphotography #pawonyusur

A post shared by pawon yusur (@pawonyusur) on

Ada berbagai macam cara mengonsumsi singkong, salah satunya dengan dibuat tape. Penyajian tape pun beragam, salah satunya dengan digoreng. Apalagi kalau dimakan hangat-hangat. Nyam!

 

Bahan:

  • 2 buah tape singkong
  • 4 sendok tepung terigu segitiga biru
  • Gula sesuai selera
  • ¼ sdt garam
  • ½ vanila bubuk
  • Sedikit secukupnya (sedikit saja).

 

Cara membuat:

  • Haluskan tape, lalu campur denga bahan lainnya.
  • Tambahkan air sedikit hingga adonan mendapatkan konsistensi yang pas. Nggak terlalu encer tapi juga nggak terlalu kental. Yang penting tidak buyar saat digoreng.
  • Ambil adonan dengan sendok makan, lalu goreng di dalam minyak panas. Tape goreng pun bisa disajikan saat hangat-hangat kuku.

 

Artikel terkait: Menu camilan murah meriah

  1. Coba 3 Resep Camilan Sederhana Berbahan Dasar Roti Ini, Yuk!
  2. Ini 4 Resep Takjil Murah Meriah, Bikin Pasangan Makin Sayang
  3. Untuk Kencan Hemat Saat Valentine, Coba 3 Resep Makanan Murah Meriah Ini, Yuk!

 

Bagaimana ketiga resep camilan tadi? Murah dan mudah kan? Cocol lagi untuk membuat acara komplek makin ramai. Jadi kalau kamu atau mungkin ibu-ibu PKK di komplek kamu mau menyumbang camilan untuk konsumsi 17-an, nggak perlu ribet dan boros lagi, deh! He-he.

 

Oh ya, mumpung kamu lagi ada di sini, saya punya info soal pinjaman Tunaiku yang juga anti ribet.

 

Mau pinjam uang tunai tanpa agunan, tanpa kartu kredit? Yuk, langsung ajukan pinjaman kamu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett