Beranda > Gaya Hidup > 11 Destinasi Museum yang Bisa Kamu Kunjungi Selama Bulan Puasa

11 Destinasi Museum yang Bisa Kamu Kunjungi Selama Bulan Puasa

PAULUS RISANGPaulus Risang
11 Destinasi Museum yang Bisa Kamu Kunjungi Selama Bulan Puasawatermark

TUNAIKU.COM – Puasa nggak melulu membuat kamu hanya tidur bermalas-malasan di rumah, lho. Meskipun puasa, kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Justru dengan beraktivitas seperti biasa bisa bikin kamu lebih produktif. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat puasa adalah traveling.

 

Traveling tetap bisa kamu lakukan tanpa takut batal puasanya. Kamu harus pintar memilih tempat dan waktu, misalnya berangkat traveling saat mendekati jam berbuka, jadi bisa sekalian ngabuburit, deh. Salah satu tujuan traveling saat puasa adalah museum. Selain seru, pengetahuanmu juga bakal bertambah, lho. Ingin tahu museum apa saja yang cocok kamu kunjungi? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

 

1. Museum Angkut, Malang

Buat kamu yang suka otomotif sudah nggak asing lagi sama museum yang satu ini. Museum transportasi terbesar di Asia Tenggara ini menyajikan berbagai alat transportasi dari zaman dulu hingga modern, lho. Berbagai merek dan jenis kendaraan bisa kamu lihat di sini. Belum lagi set tempat di dalam museum yang kece-kece banget, seperti potret Indonesia zaman dulu serta beberapa tempat ditata layaknya di film-film Hollywood. Puas banget berfoto-foto di sana!

 

2. Museum Tsunami, Aceh

Bencana tsunami di Aceh memang menimbulkan duka yang mendalam. Pemerintah Aceh pun mendirikan museum untuk mengenang para korban. Museum ini didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan sekarang menjadi salah satu tujuan wisata di Aceh. Bangunan arsitektur yang indah, dilengkapi miniatur dan foto-foto saat terjadi bencana membuat kita mengenang kembali betapa dahsyatnya bencana ini tahun 2004 silam.

 

Artikel Terkait: Kegiatan Ngabuburit yang Bermanfaat

  1. Ramadan Tiba, Ini 7 Aktivitas Seru Saat Ngabuburit yang Anti-mainstream!
  2. 10 Tempat Ngabuburit Murah dan Seru di Surabaya, Bikin Buka Puasa Makin Asik
  3. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Menghasilkan Uang Sambil Ngabuburit

 

3. Museum Rekor Indonesia, Semarang

Museum yang terletak di kawasan PT. Jamu Jago ini menyimpan segala kreativitas masyarakat Indonesia. Di dalamnya terdapat dokumentasi dan pencatatan rekor yang berhasil dipecahkan oleh orang-orang di Indonesia. Sejak didirikan, masyarakat Indonesia mulai antusias untuk menembus batas dirinya guna memecahkan rekor dan terdokumentasi di museum ini.

 

4. Museum Nasional Indonesia, Jakarta

Museum ini berisi barang-barang langka yang berasal dari seluruh bagian wilayah Indonesia. Arca hingga guci peninggalan berbagai dinasti kerajaan di Indonesia bisa kamu temukan di museum ini. Selain itu, beragam acara kesenian yang diadakan pada hari tertentu juga bisa menambah daya tarik untuk datang ke sini, lho!

 

5. Museum Fatahillah, Jakarta

Museum yang terletak di wilayah kota tua ini banyak sekali dikunjungi oleh orang dari Jakarta maupun luar Jakarta. Berisi peninggalan sejarah zaman Batavia menjadikan daya tarik tersendiri untuk mengunjungi museum ini. Tempatnya yang bersih dan tersedia persewaan sepeda untuk berkeliling di kota tua cocok untuk mengisi waktu soremu sambil menunggu berbuka puasa.

 

6. Museum Blanco Renaissance, Bali

Di museum ini kamu bisa melihat lukisan karya Antonio Blanco yang sudah berkeliling dunia untuk memperdalam jiwa seninya. Uniknya di Museum Blanco Renaissance hanya berisi lukisan dari istri Antonio Blanco dengan berbagai pose.  Di museum ini kamu juga bisa sekalian melihat pemandangan Ubud yang indah dari lantai paling atas, lho.

 

7. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Museum ini terletak di kawasan Kaliurang KM 25, tempat yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari gardu pandang Merapi. Bagian luarnya penuh dengan pepohonan dan tanaman yang menimbulkan kesan rimbun. Di dalamnya berisi barang peninggalan sejarah kesultanan Yogyakarta dan Solo. Jangan khawatir karena akan ada pemandu yang bakal menjelaskan benda-benda di dalam museum ini. Benda-benda yang ada di dalamnya sangat eksotis, bahkan ada puisi-puisi yang syairnya sangat indah.

 

8. Museum Siwalima, Ambon

Museum ini berisi edukasi berupa busana pengantin dari seluruh wilayah Indonesia, koleksi peninggalan sejarah dan budaya, kemaritiman, biologi, geologi, seni rupa, dan teknologi. Isinya cukup kompleks dan cocok banget untuk berkunjung bersama keluarga terutama bersama anak-anak karena sangat mengedukasi.

 

9. House of Sampoerna, Surabaya

Museum dengan gaya arsitektur Belanda ini merupakan pabrik rokok Sampoerna. Di dalamnya kamu bisa melihat tentang sejarah bagaimana Sampoerna bisa berdiri hingga sekarang, kamu juga bisa melihat jenis-jenis rokok pada masa lalu hingga modern. Selain itu, ditunjukan juga bagaimana rokok Sampoerna diproduksi.

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata Museum Terbaik

  1. Yuk, Jelajah 5 Museum di Surabaya, Seru Plus Nambah Wawasan
  2. 10 Museum dan Galeri Seni yang Wajib Dikunjungi di Jakarta
  3. 10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museum

 

10. Museum Geologi, Bandung

Buat kamu yang suka dengan dinosaurus, cocok banget menghabiskan waktu puasa di museum ini. Saat masuk, kamu akan disambut oleh rangka gajah purba. Selain itu,  banyak juga fosil-fosil hewan prasejarah raksasa yang ada di museum ini. Kamu juga bisa belajar tentang mineral, barang tambang, bebatuan, dan proses terjadinya gempa bumi di museum ini.

 

11. Museum Manusia Purba Sangiran

Di museum ini kamu bisa melihat bagaimana manusia di Indonesia pada awalnya tumbuh. Nggak hanya itu, bagaimana peradaban dan perubahan bentuk bumi yang berubah dari struktur tanahnya juga bisa kamu pelajari. Diorama berupa ilustrasi bagaimana manusia purba bertahan hidup semakin menarik untuk berlama-lama di museum ini, lho.

 

Seru-seru banget ya museum-museumnya? Pastinya bakal cocok banget buat menemani puasa kamu. Yuk, agendakan traveling ke museum-museum recommended ini!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett