10 Orang Super Kaya di Dunia Tapi Memilih Gaya Hidup Sederhana

10 Orang Super Kaya di Dunia Tapi Memilih Gaya Hidup Sederhana

TUNAIKU.COM – Nggak selamanya gaya hidup setara dengan pendapatan. Bukan cuma yang hidupnya terlihat glamor di Instagram padahal gaji sebulan langsung habis kalau dipakai beli Puma Fenty dan sebotol cologne Jo Malone.

 

Tapi, mungkin ini sulit dipercaya. Ada juga orang yang punya kekayaan $3.4 milyar atau sekitar Rp45 triliun tapi masih mau naik bus. Bapak ini bukan orang Indonesia, sih. Walaupun kamu pasti tahu perusahaan yang dia dirikan, IKEA.

 

Ternyata, bukan cuma bapak ini, ada 10 orang super kaya di dunia tapi memilih gaya hidup sederhana. Dan nggak semuanya generasi orangtua kamu. Here they are!

 

1. Ingvar Kamprad, IKEA

Happy Birthday Ingvar Kamprad . . #ingvarkamprad #ayokeikea #ikeaalamsutera #ikea #ikeaindonesia #ikeahack

A post shared by Ordinary guy who loves ikea (@valerian_64) on

Balik lagi ke pendiri IKEA, Ingvar Kamprad. Bukan cuma naik bus, orang ke-dua terkaya se-Eropa ini masih sering naik pesawat kelas ekonomi, nggak naik jet pribadi ke mana-mana seperti Justin Bieber.

Bahkan di tahun 2013 demi mengurangi jumlah pajaknya ia kembali ke Swedia setelah tinggal selama 40 tahun di Swiss. Dan dia balik lagi ke rumah lamanya, nggak koleksi rumah seperti Taylor Swift.

Malah saking hematnya, ada yang bilang dia pelit. Soalnya bapak pengendara mobil Volvo ini juga masih sering makan di kantin IKEA yang mana nggak ada sumber yang bisa menjelaskan dia bayar atau nggak kalau makan di sana. Hehe.

 

2. Azim Premji, Wipro

Hemat pangkal kaya. Dengan kekayaan $12.2 billion atau sekitar Rp161 triliun, pemilik perusahaan teknologi bernama Wipro ini sering naik bajaj kalau ke bandara. Ya, di India kamu bisa naik bajaj alias auto rickshaw ke bandara.

Dia juga selalu naik pesawat kelas ekonomi dan nggak keberatan beli mobil bekas. Ia pun sangat peduli dengan penggunaan tisu dan listrik di gedung perusahaannya. Dia selalu mengingatkan karyawannya buat menghemat keduanya. Sama dengan si bos di kantor? Mungkin YTH menganut kepercayaan pak Azim.

 

Artikel terkait: Orang-orang Sukses yang Bisa Menginspirasi Kamu

  1. Kenalan Yuk dengan 5 Kartini Muda Ini
  2. 7 Anak Muda Indonesia Berprestasi di Bawah 30 Tahun Melalui Inovasi
  3. Ini Dia 10 Seleb Muda Terkaya di Dunia Sepanjang 2017

 

3. Warren Buffett, Berkshire Hathaway

CEO multinational holding company dengan kekayaan $60.7 billion atau sekitar Rp800 triliun ini tinggal di rumah yang sama sejak tahun 1958 yang dibelinya dengan harga $31,500 atau Rp400 juta.

Dia nggak punya ponsel dan laptop pribadi, camilan kesukaannya adalah keripik kentang, Cheetos dan Coca Cola. Mungkin ini satu-satunya persamaan kamu dengan beliau, suka nyemil.

 

4. Amancio Ortega, Zara

And Beyond #Inditex

A post shared by Amancio Ortega Gaona (@amancioortegagaona) on

Gaya hidup orang terkaya kedua di dunia ini mungkin nggak bikin kamu iri, masih lebih iri sama Amrazing. Soalnya pendiri Zara ini punya pesawat jet tapi jarang banget dia pakai traveling saking sibuknya bekerja. Ya, mungkin ini sebabnya dia punya kekayaan sekitar $66.8 billion atau setara dengan Rp800 trilun, ya?

Walau pun jadi pemlik brand fashion Zara, Massimo Dutti, Stradivarius, Pull and Bear dan Bershka, Amancio selalu berpenampilan sederhana. Tapi tentunya good tailored outfit ya, hanya saja nggak pakai suit berhiaskan berlian seperti Puff Daddy.

Dan kalau berkaca dari desain simple Zara tapi pas kamu mau beli harganya bikin kamu berharap diskon 70%, kebayang lah ya standar kualitas bapak asli Spanyol ini?

 

5. Jim C. Walton, Arvest Bank

Alice Walton and Jim Walton at the 2011 Walmart Shareholders Meeting

Bukan cuma memimpin Arvest Bank, pemilik kekayaan senilai $36.1 milyar atau sekitar Rp400 triliun ini juga adalah ahli waris Walmart. Jim adalah anak dari Sam Walton pendiri supermarket terbesar di Amerika. Tapi dia hidup dengan sederhana, salah satunya adalah tinggal di rumah tua di Bentonville, Arkansas.

 

6. Charlie Ergen, Dish Network

Mau kaya? Bawa bekal. Pemimpin perusahaan penyedia satelit yang kekayaannya mencapai $14.5 milyar atau sekitar Rp190 triliun ini selalu membawa bekal makan siang ke kantor setiap hari.

Dia sangat hemat dan nggak keberatan sekamar sama pekerjanya kalau lagi business trip buat menghemat pengeluaran kantor. Yang ini bisa jadi nggak disambut baik sama karyawannya. Sekamar sama bos besar? Nahan kentut semaleman. He-he.

 

7. Tim Cook, Apple

Todos tenemos personas a las que admiramos por algo. Ya sea por su personalidad, liderazgo, carácter, sabiduría, fortaleza mental, aportaciones a la sociedad, etc. Son personas que podemos tomar de ejemplo a seguir, a las cuales, les podemos aprender muchísimo. El es #TimCook, director ejecutivo de #Apple y algo que admiro mucho de el es su liderazgo y trayectoria profesional, pero lo que más admiro de él es su filosofía de servir a la sociedad, de aportarle algo de valor y de no renunciar nunca a tus principios y valores. “How can I serve humanity? This is life’s biggest and most important question. When you work towards something greater than yourself, you find meaning, you find purpose. So the question I hope you will carry forward from here is how will you serve humanity?” #SteveJobs #iPhone #iPhone8 #Internet #picoftheday #quotes #quote #phylosophy

A post shared by Omar González Ortega (@omarg188) on

Rumah Bapak yang ponselnya dipakai jutaan umat ini harganya $1.9 juta atau sekitar Rp25 milyar ketika dia beli di tahun 2010. Hanya 10% dari harga rumah The Weeknd yang baru dia beli tahun ini seharga $19,9 juta atau Rp260 milyar.

Nggak ada sumber yang menyebutkan dengan pasti soal penghasilan CEO Apple ini. Tapi di tahun 2011 saja ia menghasilkan $378 million atau sekitar Rp5 triliun.

 

8. Tony Hsieh, Zappos

Entrepreneur mindset adalah ketika perusahaan yang kamu bangun dibeli dengan mahal, kamu nggak menghabiskan uangnya buat foya-foya. Tapi memakainya sebagai modal usaha baru. Ini yang dilakukan sama Tony Hsieh pendiri Zappos. Perusahaan yang ia bangun dibeli oleh Microsoft senilai $265 juta atau Rp3 triliun. Ia malah menghabiskan $350 juta atau Rp4 triliun untuk usaha barunya. Ntap!

 

9. Carlos Slim Helú, Grupo Carso

Orang terkaya di Meksiko ini mengendarai Mercedes-Benz tua dan tinggal di rumah yang sama dalam 40 tahun terakhir. Pemimpin holding company ini juga selalu mengingatkan karyawannya untuk selalu hidup sederhana walaupun dalam keadaan sejahtera. Walaupun sesejahtera bapak yang kekayaannya $23.5 milyar atau sekitar Rp300 triliun ini.

 

Artikel terkait: Tips buat Kamu yang Ingin Sukses Berkarier atau Berbisnis Sendiri

  1. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Sekarang
  2. Ingin Sukses Berbisinis? Coba Terapkan 12 Mindset A La Entrepreneur Ini!
  3. Pinjam Uang Cepat Bisa Bantu Kesuksesanmu, Bagaimana Caranya?

 

10. Mark Zuckenberg, Facebook

Mark, orang terkaya tapi humble yang paling muda di list ini. Entrepreneur.com menyebutkan kalau kekayaan founder Facebook ini adalah $46.1 milyar atau lebih dari Rp600 triliun. Tapi Mark dikenal menjalani hidup sederhana, tentunya sederhana untuk kalangannya.

Mark memiliki rumah senilai $7 juta atau Rp90 milyar di Palo Alto, California, yang menurut koran Los Angeles Times, sangat di bawah standar orang sekaya dirinya. Di belakang rumahnya ini juga ia mengadakan resepsi pernikahannya. Ya, bukan di sebuah resort mewah di Maldives, lho.

Dia pun masih makan McDonalds ketika berbulan madu di Italia. Ditambah lagi, mobil yang dikendarainya adalah Honda Acura, harganya sekitar Rp2 milyar. Padahal mungkin dia bisa saja mengoleksi Ferrari seperti Kylie Jenner.

Tapi yang paling banyak disorot media adalah cara Mark berpakaian. Ia selalu memakai kaos abu-abu, jeans dan sneakers. Tapi bukan sembarang kaos abu-abu, lho. Business Insider bilang kaos Mark itu dipesan khusus dan harganya sekitar Rp3 juta per potong. Sementara sepatunya adalah Nike Flyknit Lunar3 yang di Ebay harganya sekitar Rp1,3 juta. Ya, kalau sepatunya sama lah dengan social media specialist yang baru kerja satu bulan. Ya nggak, sih?

 

Tapi kalau dipikir-pikir, lifestyle kan masalah selera. Selama uang yang dipakai itu uang sendiri bukan hasil menipu atau korupsi, why not? Dan kalau akhir bulan cuma bisa makan mie instan bahkan nggak pakai telur, ya mamam. He-he-he.

 

Pinjaman tanpa agunan tunaiku

 


ASTRI SOEPARYONOASTRI SOEPARYONO