SWARA – Sering kita mendengar saran dari banyak orang untuk memiliki asuransi untuk berjaga-jaga. Secara singkat, asuransi adalah sistem yang memungkinkan kita memperoleh ganti rugi akan suatu kondisi. Dalam masa pandemi, asuransi kesehatan merupakan salah satu perlindungan yang harus dimiliki dalam rangka mengantisipasi kita terinfeksi Covid-19.

 

Mulai banyak orang Indonesia yang mulai sadar akan pentingnya asuransi, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Tingginya biaya kesehatan menjadi hal yang diantisipasi oleh banyak orang. Dilansir dari Okezone, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan bahwa biaya perawatan orang yang terinfeksi Covid-19 berada di rentang Rp10 juta hingga Rp25 juta per hari tergantung perawatan dan ruangan yang digunakan. Per tanggal 24 Juni 2020, jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 mencapai 42.762 orang yang dikhawatirkan akan terus bertambah.

 

Banyaknya orang yang terinfeksi Covid-19 sangatlah tinggi. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan pun juga sangat tinggi. Bila kamu memiliki budget lebih, kamu patut mempertimbangkan untuk memiliki asuransi pribadi. Namun, jangan asal memilih asuransi. Setiap asuransi memiliki nominal pertanggungan serta perbedaan benefit  yang ditawarkan. Sebelum kamu memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu, pastikan kamu mengetahui serba-serbi yang harus kamu perhatikan!

 

Perawatan yang ditanggung

Jenis perawatan yang ditanggung biasanya tergantung pada besar premi yang kamu bayarkan. Semakin besar premi, biasanya semakin banyak jenis perawatan yang ditanggung oleh penyedia asuransi. Asuransi kesehatan yang baik biasanya menanggung biaya konsultasi dokter, tes medis, biaya check up, biaya perawatan di rumah sakit, dan juga penyembuhan setelah rawat inap.

 

Penyakit yang ditanggung

Dalam konteks pandemi, penting bagi kamu menanyakan kepada pihak asuransi mengenai pertanggungan terhadap serangan virus Covid-19 karena termasuk peristiwa yang berdampak kepada banyak orang. Tidak semua asuransi mau menanggung biaya perawatan akibat Covid-19. Kamu harus banyak bertanya kepada agen asuransimu supaya bisa mengetahui perawatan apa saja yang ditanggung. Jangan takut dianggap banyak tanya, kan kamu ingin memperoleh fasilitas terbaik. Jangan sampai, kamu tidak memperoleh pertanggungan yang kamu harapkan padahal sudah membayar mahal karena kamu tidak bertanya!

 

Lama waktu perawatan yang ditanggung

Biasanya, asuransi memiliki batas waktu rawat inap yang ditanggung per tahun. Lama waktu kita dirawat di rumah sakit bila terjangkit virus Covid-19 tidak bisa diprediksi, tergantung pada imunitas masing-masing penderita. Untuk itu, penting untukmu mengetahui pertanggungan maksimal untuk mengantisipasi bila kamu ternyata harus dirawat di rumah sakit lebih lama bila dibandingkan jumlah hari yang ditanggung oleh layanan asuransimu.

 

Itulah beberapa hal yang wajib kamu tanyakan kepada penyedia asuransi sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dengan layanan yang ada. Jangan sampai kamu salah memilih asuransi dan tidak memperoleh pertanggungan yang kamu harapkan. Semoga kita semua bisa merasaa #PastiLebihSiap menghadapi masa pandemi yang tidak dapat diprediksi!