Beranda > Finansial > Tahukah Kamu Kalau 6 Jenis Transaksi Ini Bisa Kamu Lakukan Via ATM?

Tahukah Kamu Kalau 6 Jenis Transaksi Ini Bisa Kamu Lakukan Via ATM?

Tahukah Kamu Kalau 6 Jenis Transaksi Ini Bisa Kamu Lakukan Via ATM?watermark

TUNAIKU.COM – Siapa sih yang nggak kenal Anjungan Tunai Mandiri alias ATM? Sekarang ini, ATM nggak hanya ditemui di bank-bank, tapi juga di berbagai lokasi strategis. Mulai dari pusat perbelanjaan hingga minimarket. Yang jelas, ATM memudahkan kita melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke bank.

Tapi, selain menarik, menyetor, dan transfer uang dari tabungan pribadi, ATM juga memiliki beragam fungsi lain yang belum kamu tahu. Ini dia beberapa di antaranya!

 

1. Mengisi ulang pulsa telepon seluler

Ketika mamamu berada di kantor polisi dan minta dikirimi pulsa dengan segera, padahal konter-konter handphone lagi tutup. Apa yang akan kamu lakukan sebagai anak berbakti? Tenang, kamu bisa memanfaatkan ATM terdekat buat beli pulsa ponsel!

Setelah memasukkan kartu dan nomor PIN di mesin ATM, kamu tinggal memilih transaksi pembayaran/pembelian, lalu tekan pembelian voucher ponsel. Kamu tinggal memasukkan operator, nomor ponsel yang dituju, dan nominal pulsanya.

 

2. Membayar beragam tagihan seperti listrik, air, dan internet

Buat apa repot-repot datang ke kantor PLN atau PAM dan antre hanya untuk membayar tagihan bulanan listrik atau air? Untuk menghemat tenaga dan waktu, mendingan bayarnya lewat ATM saja!

Tinggal masuk saja ke menu pembayaran/pembelian, lalu pilih tagihan mana yang ingin kamu bayar. Lalu, kamu tinggal memasukkan nomor pelanggan dan jumlah tagihan. Oiya, kamu juga bisa membayar tagihan lain seperti TV kabel, internet, kartu kredit, hingga asuransi seperti BPJS Kesehatan dengan cara yang serupa.

 

3. Membayar pajak

Ya, pembayaran pajak, khususnya pajak bumi dan bangunan (PBB) juga bisa dilakukan via ATM. Kamu tinggal masuk ke menu pembayar/pembelian, lalu klik menu ‘pajak’. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor objek pajak dan tahun pajak. Setelah itu, kamu tinggal melakukan konfirmasi pembayaran. Selesai, deh!

 

4. Bayar kuliah

Punya adik yang tengah mengenyam bangku kuliah? Daripada mentransfer uang ke adikmu dan memintanya membayar sendiri, kamu bisa membantunya dengan melakukan pembayaran lewat ATM. Cara ini jelas lebih praktis karena bisa dilakukan dari mana saja dan nggak perlu antre, terutama ketika menjelang jatuh tempo di mana antrean kerap mengular.

Untuk melakukan transaksi ini, pilih menu pembayaran/pembelian, lalu tekan menu ‘pendidikan’. Biasanya, kamu cukup memasukkan kode institusl/universitas dan nomor mahasiswa melalui alur yang ditentukan untuk mengkonfirmasi pembayarannya. Gampang, ‘kan?

 

5. Membayar zakat, infak, sedekah, dan kurban

Buat umat Muslim, membayar zakat, infak, sedekah (ZIS) dan kurban hukumnya wajib. Selain bernilai ibadah, ini adalah cara yang dipercaya mampu menyucikan harta yang kita punya. Sekarang, pembayaran ZIS dan kurban juga bisa kamu lakukan lewat ATM.

Untuk melakukan pembayaran ZIS, tekan menu pembayaran/pembelian, lalu tekan menu ‘zakat/infak/sedekah’. Selanjutnya, kamu bisa memilih ke lembaga mana dana ZIS-mu akan diserahkan dan berapa nominalnya.

 

6. Top-up saldo layanan non-tunai

Terbiasa menggunakan layanan nontunai seperti ojek online? Nah, agar bisa terus menggunakan layanan nontunai ini dengan nyaman, kamu tentu perlu melakukan top-up saldo. Transaksi ini juga bisa dilakukan lewat ATM, lho.

Tinggal masuk menu ‘pembayaran/pembelian’ dan pilih transaksi ‘e-commerce’. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan kode perusahaan, nomor telepon yang terdaftar, serta jumlah top-up yang diinginkan. Menu e-commerce ini juga bisa digunakan untuk belanja online di situs-situs jual-beli tertentu.

 

Nah, ternyata kegunaan ATM itu macam-macam, ‘kan? Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkannya dengan optimal, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett