Beranda > Finansial > Masih Lajang Tapi Tetap Saja Boros? Ini 5 Penyebabnya!

Masih Lajang Tapi Tetap Saja Boros? Ini 5 Penyebabnya!

Masih Lajang Tapi Tetap Saja Boros? Ini 5 Penyebabnya!watermark

TUNAIKU.COM – Banyak orang beranggapan bahwa hidup melajang lebih enak daripada menikah. Pasalnya, saat masih lajang kamu hanya fokus pada kebutuhanmu sendiri. Sementara, setelah menikah kamu harus memikirkan kebutuhan pasangan dan anak-anakmu.

 

Tapi, benarkah mereka yang masih lajang bisa hidup lebih hemat daripada mereka yangs udah menikah? Ternyata jawabannya belum tentu, lho! Kamu yang masih lajang bisa jadi tetap saja boros. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak langsung di artikel ini!

 

  1. Kamu tidak bijaksana menggunakan uang, mengutamakan keinginan bukannya kebutuhan

Kamu yang masih melajang cenderung kurang bijaksana dalam menggunakan uang. Usia yang masih muda membuatmu cenderung mengutamakan keinginan daripada perkara kebutuhan. Misalnya saat jalan-jalan ke mall, kamu menjadi mudah tergoda melihat barang-barang keluaran terbaru atau diskon. Meski sebenarnya tidak membutuhkan barang-barang itu, tapi kamu merasa menginginkannya.

 

  1. Di usia muda, kamu mungkin belum bisa menghargai apa yang kamu punya

Butuh kematangan untuk mengelola keuangan. Butuh kedewasaan untuk peka terhadap apa yang sudah kamu punya sekarang. Pekerjaan tetap dan gaji yang kamu terima setiap bulan adalah yang layak kamu hargai. Ketika kamu masih boros dalam membelanjakan uang, kamu mungkin tidak membahayangkan bagaimana rasanya menganggur atau sulitnya mencari kerja.

 

  1. Fokus bersenang-senang lalu mengabaikan pentingnya menabung dan berinvestasi

Boros untuk nongkrong atau belanja tentu berbahaya. Tapi, kamu sebenarnya boleh boros untuk masa depanmu nantinya. Alih-alih menggunakan uang untuk sekadar foya-foya, kamu sebaiknya mengalokasikan uangmu untuk berinvestasi. Membeli emas, membuat deposito, berwirausaha, hingga kuliah lagi adalah contoh-contoh cara berinvestasi yang bisa kamu pilih. Klik di sini untuk tahu soal investasi yang bisa kamu coba, salah satunya investasi emas.

 

  1. Merasa masih muda membuatmu menyia-nyiakan waktu seenaknya

Hidup melajang mungkin membuatmu merasa bebas. Kamu masih muda sehingga masih sibuk bersenang-senang. Kamu merasa masih punya banyak waktu untuk mengejar karir atau pendidikan nanti jika sudah saatnya. Sesekali bolos kerja atau malas-malasan menyelesaikan tugas kantor kamu anggap biasa. Padahal, tidak ada kesuksesan yang datang dengan cara instan. Justru waktu yang tepat untuk meraih keberhasilan di masa depan adalah di mulai dari sekarang.

 

  1. Kamu jadi anak muda merugi kalau masih hidup untuk hari ini

Kesalahan terbesar yang dilakukan anak muda lajang adalah hidup untuk hari ini. Artinya, mereka tidak memikirkan hari esok dan hari-hari seterusnya. Ketika ingin makan enak, kamu langsung merogoh kantongmu. Ketika ingin belanja, kamu dengan gampangnya menggunakan kartu kreditmu. Padahal, cara gampang untuk menghindari pemborosan adalah memikirkan kehidupanmu di masa depan.
Semoga setelah membaca artikel ini, kamu yang masih muda dan lajang bisa lebih bijaksana menggunakan uang. Jangan lagi boros karena masa depan selayaknya kamu persiapkan mulai sekarang.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett