SWARA – Bagi sebagian orang, mengajukan pinjaman online terkesan menakutkan. Ada banyak sekali orang yang menjadi korban dari kasus penipuan yang mengatasnamakan layanan pinjaman online. Sebagai penyedia layanan pinjaman online, Tunaiku juga tidak terlepas dari kasus penipuan yang beredar di dunia maya.

 

Karena banyaknya kasus penipuan, kamu mungkin khawatir untuk mengajukan pinjaman secara online. Tapi, sebenarnya kamu bisa terhindar dari penipuan semacam itu dengan selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya pada pesan yang dikirimkan oleh orang asing.

 

Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

 

Sebenarnya, Tunaiku adalah produk penyedia layanan pinjaman online dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Proses pemberian pinjaman dari Tunaiku telah resmi dan diawasi oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Akan tetapi, banyak pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan modus penipuan mengatasnamakan Tunaiku. Kamu perlu lebih waspada apabila kamu mengalami ciri-ciri penipuan yang dilansir dari Liputan 6 berikut ini:

 

  • Pembayaran tagihan melalui rekening pribadi

 

Salah satu ciri utama yang perlu kamu perhatikan dari modus penipuan adalah nomor rekening yang berupa rekening pribadi. Biasanya, penipu akan meminta kamu untuk membayar tagihan dengan memberikan nomor rekening menggunakan nama pribadi.

 

Padahal, penyedia jasa pinjaman online yang resmi tidak akan menggunakan nomor rekening pribadi sebagai sarana pembayaran. Di Tunaiku, proses pembayaran cicilan hanya melalui OCBC dengan kode bank (028).

 

 

  • Meminta uang muka

 

Pada kasus-kasus penipuan pinjaman online, korban diminta untuk membayar uang muka terlebih dahulu sebelum dijanjikan akan mendapatkan sejumlah dana pinjaman. Penyedia layanan pinjaman online yang resmi tidak akan meminta kamu untuk melakukan hal ini sebagai persyaratan.

 

Dalam modus penipuan, uang muka dianggap sebagai jaminan agar dana pinjaman bisa segera dicairkan. Karena itu, kalau kamu menerima pesan seperti ini, jangan terburu-buru untuk membayarkan uang muka.

 

  • Menawarkan jasa lewat pesan singkat

 

Umumnya, modus penipuan yang mengatasnamakan penyedia jasa pinjaman online akan menghubungimu melalui telepon, SMS, atau pesan WhatsApp. Dalam pesan tersebut, mereka akan melakukan penawaran dengan cara yang memaksa, meminta kamu untuk segera membayar uang muka dan menjanjikan keuntungan-keuntungan positif tanpa persyaratan.

 

Apabila hal ini terjadi, sebaiknya jangan mudah terayu dengan janji positif dari sang penipu. Penyedia jasa pinjaman online yang resmi, termasuk Tunaiku, menyediakan aplikasi untuk melakukan segala proses pinjaman.

 

Transaksi akan lebih mudah dipantau melalui aplikasi, sehingga lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan penawaran pinjaman yang hanya dilakukan melalui telepon dan SMS.

 

  • Menggunakan kontak tidak resmi

 

Tunaiku selalu memberikan kontak resmi untuk para nasabah dengan nomor telepon dan alamat email yang sah. Salah satu ciri kontak tidak resmi dari modus penipuan adalah alamat email yang menggunakan layanan gratisan seperti gmail.

 

Kalau kamu menerima pesan yang mengatasnamakan Tunaiku namun menggunakan alamat email dengan “@gmail.com”, bisa dipastikan bahwa email tersebut merupakan email penipuan.

 

Melaporkan Modus Penipuan Atas Nama Tunaiku

 

Apabila kamu mengalami modus penipuan dengan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya segera laporkan ke penyedia pinjaman online bersangkutan untuk ditindaklanjuti. Kamu bisa melaporkan penipuan atas nama Tunaiku ke kontak resmi Tunaiku di:

 

  • Instagram @tunaikucom

 

  • Facebook Tunaiku

 

  • Twitter @tunaikucom

 

  • Live chat di aplikasi dan website Tunaiku

 

  • Call center 021-40005859

 

 

Kalau kamu menerima pesan yang mengatasnamakan Tunaiku, pastikan pesan-pesan tersebut menggunakan kontak resmi Tunaiku seperti yang telah tertera di atas. Bila pesan yang kamu terima tidak berasal dari daftar kontak tersebut, bisa jadi pesan itu adalah pesan penipuan.

 

Secara khusus, kalau kamu memerlukan bantuan dan ingin melaporkan pengaduan, kamu bisa menghubungi Tunaiku melalui nomor telepon dan email yang sah.

 

Jadi, waspadalah, jangan sampai kamu terjebak dalam modus penipuan yang mengatasnamakan Tunaiku.