Kamu sedang mencari tips mengatur keuangan di tahun Macan? Di tahun baru ini, tentunya kamu memiliki berbagai target, salah satunya adalah keuangan. 

 

Tentu semua tidak akan tiba-tiba datang jika kamu tidak berusaha. Kamu bisa belajar mengelola keuangan lebih baik, terutama bila kamu ingin hidup yang nyaman. 

 

Selain bekerja sebaik mungkin dalam bidang pekerjaan kamu, kamu pun harus menambah ilmu untuk investasi dan mengatur keuangan kamu dengan lebih baik. Dengan melakukan tersebut, kamu pun pelan-pelan bisa naik level!

 

Tips mengatur keuangan di tahun Macan 

 

Selain kamu bekerja dengan giat, tentunya meningkatkan keuangan kamu perlu dilandasi oleh ilmu yang lebih matang.

 

Tentu untuk dengan meningkatnya keuangan, akan lebih banyak pilihan hidup yang bisa kamu peroleh. 

 

Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan untuk membawa kamu ke level selanjutnya:

 

1. Ketahui berapa pemasukan dan pengeluaran kamu

 

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah mengetahui arus kas kamu. Apakah sumber pemasukan kamu hanya dari satu sumber saja atau dari berbagai sumber? Berapa jumlah pemasukan kamu dari setiap sumber?

 

Ini menjadi penting agar kamu bisa menyediakan porsi yang tepat untuk setiap pengeluaran kamu.

 

Bila sudah mengerti pemasukan kamu, pahami juga pengeluaran kamu. Untuk kamu yang belum mempunyai tanggungan, akan lebih baik jika sejak dini kamu belajar untuk menyisihkan uang di awal dan menaruhnya di instrumen investasi tertentu agar uang bisa berkembang.

 

Setelah menyisihkan uang untuk investasi, kamu bisa mencatat dan memonitor pengeluaran. Misalnya, untuk tempat tinggal, makan, transportasi, hiburan, dan donasi.

 

Catat pemasukan dan pengeluaran kamu tiap bulannya, sehingga kamu juga bisa memonitor perkembangan aset kamu per bulannya. 

 

Jika aset kamu sampai berkurang, kamu perlu memonitor ulang bagaimana gaya hidup kamu, apakah terlalu banyak kantong hiburan, atau bocor di kantong yang mana. Satu hal yang perlu kamu ingat, kebutuhan hidup itu murah, yang mahal adalah gaya hidup.

 

Artikel terkait: 6 Cara Atur Pos Pengeluaran Sandwich Generation di Tahun Baru

 

2. Sisihkan sedikit dana untuk pengembangan diri

 

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah kamu perlu menyisihkan uang untuk kamu mengembangkan diri kamu.

 

Pengembangan diri ini bisa berupa membeli buku, kelas online, atau apa pun yang bisa membuat kamu bertumbuh.

 

Belilah buku atau kelas online yang kamu minati. Dengan skill dan pengetahuan yang bertambah, kamu pun bisa memegang tanggung jawab lebih di pekerjaan atau mencari penghasilan tambahan dengan kemampuan baru tersebut.

 

Masukkan juga pengembangan diri dalam hal finansial seperti kelas investasi, ataupun kelas keuangan pribadi, sehingga kamu bisa langsung belajar dari pakarnya dan tidak perlu membuat kesalahan yang sama di kemudian hari.

 

3. Mulailah berinvestasi dan kenali profil risiko diri kamu

 

Investasi adalah tips mengatur keuangan yang selanjutnya. Mungkin kamu sering mendengar bahwa investasi adalah membuat uang kita bekerja selagi kita sedang tidur. Karena itu, kamu harus mengenal profil risiko kamu sendiri terlebih dahulu. 

 

Profil risiko dalam berinvestasi ada tiga, mulai dari risiko terendah yaitu konservatif, risiko menengah yaitu moderat, dan risiko tinggi yaitu agresif. 

 

  • Risiko konservatif

 

Untuk profil risiko konservatif, instrumen investasi yang cocok untuk kamu adalah deposito dan reksadana pasar uang karena memiliki risiko yang sangat minim mendekati nol.

 

  • Risiko moderat

 

Jika kamu memiliki profil risiko moderat, instrumen investasi yang bisa kamu coba adalah reksadana pendapatan tetap dan obligasi yang biasanya memberi return lebih besar, tapi dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan instrumen konservatif.

 

  • Risiko agresif

 

Terakhir, profil risiko agresif. Kamu bisa mencoba saham ataupun reksadana saham yang memberikan hasil lebih besar dari instrumen moderat, tapi lebih berisiko dan biasanya memiliki jangka waktu di atas 5 tahun.

 

Untuk investasi pemula, kamu boleh mulai dengan konservatif. Namun, jika kamu mau mencoba di instrumen yang moderat ataupun agresif, pastikan kamu menggunakan uang dingin yang tidak akan berpengaruh ke hidup kamu jika sampai hilang. 

 

Jangan sampai karena kamu berinvestasi, kamu sampai tidak bisa tidur karena memikirkan kerugian yang dialami.

 

Asah diri kamu perlahan-lahan menambah ilmu tentang investasi, sehingga hasilnya akan semakin baik dari hari ke hari.

 

Artikel terkait: 4 Jenis Pos Pengeluaran Keluarga yang Perlu Disiapkan

 

4. Jauhi investasi bodong yang menjanjikan return besar

 

Di zaman media sosial sekarang ini, tentu banyak sekali bertebaran orang-orang yang memamerkan hasil investasi mereka. Apalagi terkadang mereka berinvestasi di instrumen yang tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Tips mengatur keuangan selanjutnya untuk kamu naik level adalah dengan menjauhi investasi yang menjanjikan hasil sangat besar dan tidak masuk akal.

 

Sebagai patokan hasil investasi yang masuk akal, investor legendaris di dunia, Warren Buffet hanya memperoleh hasil investasi rata-rata sebesar 20% per tahun. 

 

Jadi jika ada investasi yang menawarkan lebih dari itu bahkan dengan embel-embel tidak ada risiko, kamu harusnya curiga dan menjauhi investasi tersebut.

 

5. Rencanakan tujuan keuangan kamu dan catat perkembangannya

 

Tips mengatur keuangan yang terakhir adalah merencanakan dan mencatat perkembangan keuangan agar tahu sudah sampai mana prosesnya.

 

Bagi kamu yang ingin menikah, pastikan kamu mengetahui persis berapa dana yang dibutuhkan, dan berapa lama dana tersebut bisa terkumpul dengan pemasukan kamu sekarang.

 

Bila ingin menambah pemasukan, kamu bisa mengembangkan kompetensi kamu di pekerjaan kantor, sehingga performa kamu bagus dan mendapat kenaikan jabatan.

 

Saat berencana menambah pemasukan dengan membuat bisnis sampingan, mulailah tanpa menunggu persiapannya selesai 100% karena “siap” adalah kondisi ilusi yang tidak akan kamu capai. 

 

Semua bisnis juga awalnya penuh dengan cacat dan mulai dilakukan perbaikan saat mereka berjalan. Pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup dalam bisnis yang ingin kamu lakukan, dan manfaatkan juga media online.

 

Artikel terkait: 4 Resolusi Keuangan Pasangan Baru, Jangan Sampai Salah!

 

Demikian tips mengatur keuangan bagi kamu yang ingin naik level di tahun Macan ini. Perlu kamu ingat, tips ini tidak instan.

 

Diperlukan konsistensi dan kedisiplinan untuk naik level sehingga kamu perlu punya mentalitas maraton, selangkah demi selangkah perlahan, bukan mentalitas lari cepat yang hanya berlangsung selama beberapa saat saja. Semangat ya!