SWARA – Aries tergolong dalam elemen api yang mewakili sifat ambisius dan optimis sehingga dia berpotensi untuk mudah mendapatkan kesuksesan terutama dalam hal finansial. Tak sedikit teman-teman saya yang berzodiak Aries sukses secara finansial. Bukan karena mendapatkan warisan dari orangtua, tapi karena kebiasaan dan karakter yang dia miliki mendorongnya untuk terus membangun kekayaan finansial. 

Meskipun begitu, sayangnya tak semua Aries berhasil memanfaatkan sifat ambisius dan optimisnya untuk membangun finansial dan malah berujung pada pemborosan dan kebiasaan belanja impulsif. Lalu apa yang harus dilakukan zodiak Aries untuk mengatur keuangan dengan bermodal sifat-sifat dasar yang dimilikinya? Yuk, simak artikelnya di bawah ini.

 

1. Memotivasi diri bahwa kemapanan finansial lebih penting dari belanja

Aries memiliki sifat dasar suka mengatur sesuatu dengan baik. Jika sifat itu dialihkan penuh untuk mengatur keuangan, maka Aries akan mudah mengumpulkan pundi-pundi rezekinya untuk membangun kekayaan finansial. Aries hanya perlu menanamkan mindset bahwa besarnya rekening tabungan jauh lebih baik daripada barang-barang belanjaan yang dibeli karena hanya ingin tampil trendi saja.

Artikel terkait: Karakter Aries seperti apa?
1. Zodiak Aries Diramalkan Sukses, Ini Alasan dan Kelebihan yang Dimiliki
2. Aries Ingin Penuhi Kebahagiaan, Ini Zodiak Pasangan yang Cocok
3. Kata Zodiak, Ini Karakter 12 Bintang Saat Pilih Investasi Saham

 

2. Memaksa diri untuk menabung setelah gaji diterima

Aries memiliki sifat suka mengatur dan dia juga akan menuruti aturan yang dibuatnya sendiri. Kamu sebagai Aries buatlah aturan untuk dirimu sendiri bahwa kamu harus disiplin dalam menyisihkan gaji untuk tabungan. Tanamkan dalam dirimu untuk selalu memprioritaskan gajimu untuk tabungan dengan cara segera menyisihkan uang untuk tabungan setelah gajian, tanpa menunggu hingga akhir bulan dulu.

 

3. Atur circle pertemanan yang menunjang kondisi finansial

Aries merupakan zodiak yang ekstrovert. Dia sangat mudah termotivasi dari lingkungan yang berada di luar dirinya. Itulah mengapa Aries harus pintar-pintar mencari circle pertemanan karena dirinya akan sangat mudah terpengaruh oleh teman-temannya. Mulai batasi diri dengan mencari teman yang nggak mengajakmu boros. Cari teman yang juga memiliki motivasi untuk mengatur keuangan seperti dirimu sehingga kamu tak lagi bersusah payah memotivasi diri sendiri untuk membangun kekayaan finansial.

4. Menerapkan gaya hidup minimalis

Minimalis adalah gaya hidup dimana kamu hanya memiliki barang yang kamu gunakan saja. Coba cek kembali semua barang yang ada di rumah, apakah ada barang yang sudah berbulan-bulan sampai bertahun-tahun tak kamu sentuh sama sekali? Jika ada cobalah untuk menyingkirkan barang-barang tersebut dengan cara memberikannya ke orang lain atau menjualnya. Rumah kamu akan terasa jauh lebih lega dan kamu akan lebih bahagia. 

 

Dengan terbiasa hidup minimalis, kamu jadi selalu berpikir ulang jika ingin membeli sesuatu karena kamu harus menjaga prinsip hidup untuk nggak memiliki barang yang nggak sering kamu gunakan sehingga kamu bisa menekan pemborosan lebih banyak.

 

Artikel terkait: Keuangan zodiak
1. Virgo Ulung Menabung, Ini 5 Hal yang Dilakukan Zodiak Ini Atur Keuangan
2. Dikenal Boros, 7 Alasan Zodiak Libra Paling Apes Soal Keuangan
3. Agar THR Tidak Cepat Habis, 4 Zodiak Ini Tahu Cara Mengatur Keuangan!

 

5. Buat anggaran pengeluaran harian

Daripada kamu mencatat pengeluaran setiap hari yang kamu lakukan, lebih baik kamu membuat anggaran pengeluaran harian. Jadi kamu tentukan dalam satu hari rutinitasmu menghabiskan berapa banyak uang dan kebutuhan pengeluaran apa saja. Jika ada yang bisa ditekan, misalnya kebutuhan transportasi yang tadinya kamu terlalu sering naik ojek online karena malas naik kendaraan sendiri, mulai kurangi dengan naik kendaraan sendiri karena membeli bensin jauh lebih murah daripada kamu harus membayar ojek online setiap akan pergi. 

Jika kamu sudah membuat anggaran harian dan menemukan nominal maksimal yang bisa kamu habiskan dalam satu hari, maka disiplinlah untuk nggak menghabiskan uang lebih besar dari anggaran harian yang kamu buat itu. Maka dalam satu bulan keuanganmu akan lebih membaik karena sudah kamu jaga dengan disiplin setiap harinya.

 

Tak sulit bukan, memanfaatkan bakat alami Aries yang optimis dan suka mengatur ini untuk membangun kekayaan finansial? Yuk, coba maksimalkan karakter dasar zodiak kamu dengan tips-tips di atas!