SWARA – Setelah membaca begitu banyak artikel pengelolaan uang mulai dari trik supaya duit enggak cepat habis di transportasi hingga cara pinjam uang tanpa agunan di internet,  kira-kira bagaimana status finansialmu saat ini?

Apabila kamu berada di rentang usia 20 – 30 tahun, manajemen keuangan pasti deh menjadi prioritas utama. Karena usia ini merupakan saatnya membangun pondasi kehidupan yang kuat. Terkadang kamu khawatir apakah kamu sudah cukup bijak atau belum. Nah, untuk mengetahui apakah kamu termasuk jago mengelola uang atau enggak, coba deh baca daftar di bawah.

 

  • Kamu memiliki dana darurat

Ini adalah penanda utama bahwa kamu memiliki manajemen keuangan yang baik. Dengan memiliki dana darurat, kamu enggak panik saat ada kebutuhan mendadak. Memiliki dana darurat kurang lebih membuatmu merasa aman selalu. Ingat, dana darurat ini bisa kamu sisihkan sebesar 10% dari penghasilanmu.

 

  • Kamu juga sudah menerapkan auto-debet untuk tabunganmu

Metode paling praktis yang menjamin enggak ada lagi namanya lupa nabung. Auto-debet sebaiknya diset pada akhir bulan atau tepat setelah gajian. Dengan begitu, kamu bisa mencegah jajan berlebihan dan memastikan bahwa jatah tabungan sudah aman. Selain untuk menabung, auto-debet bisa juga untuk membayar tagihan, asuransi, KPR dan lain-lain.

 

  • Kamu menggunakan kartu debit dan kreditmu dengan bijaksana

Kartu debit dan kartu kredit, ibarat pisau bermata dua. Kalau bijak dan cerdas menggunakannya, akan memberikan benefit bermacam-macam.  Mulai dari kemudahan bertransaksi hingga potongan harga di sana-sini. Tapi, jika enggak, kamu malah jadi ketergantungan dengan kartu kredit dan malah tertimbun hutang!

 

  • Kamu memiliki financial apps di smartphone-mu

Kamu yang jago mengelola uang, pastinya enggak akan mengacuhkan status rekeningmu kan? Transaksi dan histori pastilah harus dicermati agar kamu tahu apa saja sih yang sudah kamu bayar. Financial apps yang kamu unduhpun, menjadi rekan setia untuk mempelajari cara terbaik mengelola pemasukan.  

 

  • Kamu sudah memikirkan dana pensiun

Prinsip dari dana pensiun adalah semakin awal, semakin ringan. Karena semakin cepat kamu mulai mengumpulkan dana pensiun, makin ringan jumlah cicilannya. Jika kamu masih berada di rentang usia 20 -30 tahun dan sudah memikirkan dana pensiun, berarti kamu melakukan hal yang tepat. Nah, demi dana pensiun yang memadai, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Salah satunya dengan auto-debet atau berbagai investasi yang menguntungkan.

Artikel Terkait: Macam-macam Investasi Menguntungkan yang Patut Dicoba

 

Nah, Kawan Tunaiku, jika kamu mengangguk setuju untuk lima daftar di atas, selamat! Diam-diam kamu sudah jago mengelola uang. Langkah selanjutnya tentu saja mempertahankan kebiasaan ini dan terus meningkatkan diri.