Di era dengan teknologi komunikasi dan transportasi yang makin canggih, sudah tak asing lagi jika kita mendengar ada penduduk Indonesia yang pindah dan menetap di luar negeri baik untuk keperluan liburan, beasiswa atau pun tuntutan pekerjaan.

Bahkan dua tahun yang lalu saja, menurut bu Retno L.P Marsudi, Menlu RI, penduduk Indonesia di luar negeri sudah mencapai angka 2,7 juta dan itu baru yang tercatatat karena perkiraan totalnya bisa mencapai angka 4,3 Juta*. Angka yang fantastis bukan?

Nah, salah satu negara dengan populasi penduduk Indonesia yang banyak adalah Amerika. Lalu, ketika mendengar seseorang tinggal di Amerika, apakah yang terbayang di benak kamu untuk pertama kalinya? Jauhnya atau budayanya? Namun, selain jauhnya jarak dan perbedaan budaya, kita tentu akan membayangkan mahalnya untuk bertahan hidup di sana.

Lalu bagaimana sih solusi bagi orang yang menetap di Amerika untuk dapat hidup dengan hemat? Di bawah ini adalah tiga cara yang biasa diterapkan orang untuk menghemat pengeluaranya.

 

Lebih sering memasak di rumah

Hal ini memang terdengar sangat sepele. Tapi jangan salah, di Amerika, memasak di rumah dapat menghemat pengeluaran hingga 50%. Kok bisa? Kita ambil contoh bila kita makan siang di restoran cepat saji. Satu paket ayam, kentang, dan minum rata-rata dihargai sekitar US$5 (Rp65.000). Harga tersebut bisa membeli 2 kilogram ayam yang jika kita masak sendiri dapat dinikmati hingga 2-3 kali makan. Perut nyaman, kantung aman.

 

Selalu mengecek promo yang ditawarkan supermarket sebelum berbelanja

Sama seperti di Indonesia, supermarket menawarkan harga yang lebih rendah bagi komoditas tertentu setiap minggunya guna menarik pengunjung. Bedanya, di Amerika semua promonya dapat diakses dengan mudah melalui internet dan memang terdapat perbedaan harga yang menonjol bila dibandingkan dengan di Indonesia.

Dengan mengecek promo yang ditawarkan, kita bisa memilih supermarket mana yang memiliki harga terendah untuk barang yang kita inginkan. Contoh yang sering terjadi adalah perbedaan harga buah. Buah semangka memiliki harga yang fluktuatif sesuai musimnya. Pada waktu tertentu, kita bisa menemukan semangka yang sama dengan perbedaan U$1-2 per kepalanya (Rp13.000-26.000). Lumayan kan?

 

Berbelanja barang bekas pakai

Yup, kamu nggak salah baca. Berbelanja barang bekas ini memang sudah jadi hal lazim di Amerika. Banyak orang yang menjual kembali barang bekas pakainya baik itu pakaian, peralatan rumah tangga, hingga perlengkapan bayi melalui garage sale atau yard sale.

Sesuai dengan namanya, garage atau yard sale adalah saat ketika penduduk Amerika akan menggelar barang-barang bekas pakainya di garasi atau halaman rumah dengan harga yang sangat terjangkau. Bayangkan saja, kita harus merogoh uang lebih dari $10 (Rp130.000) untuk membeli jaket baru.

Dengan kualitas yang sama, kita hanya perlu membayar $2-5 (Rp26.000-65.000) bila kita mendapatkannya di sebuah garage sale atau yard sale. Toh, untuk gaya nggak harus banyak biaya.

Itu dia tiga cara yang terbukti ampuh untuk bisa mengirit pengeluaran meski kamu tinggal di kota-kota mahal di Amerika. Pada akhirnya, kamu tetap bisa mengelola keuangan yang stabil saat tinggal di negeri orang. Jadi buat kamu yang bermimpi untuk bisa menetap di luar negeri gak usah takut lagi. Semoga tiga tips ini dapat membantumu nantinya. Selamat berusaha!

*sumber: Gusti. Menlu Retno Marsudi: Ada 4,3 Juta WNI di Luar Negeri. Universitas Gadjah Mada. 2015. www.ugm.ac.id/id/berita/9731-menlu.retno.marsudi:.ada.43.juta.wni.di.luar.negeri. Diakses pada 8 Agustus 2017 pukul 8.13.

Ini Swara Kamu dari:
Resa Nurfatimah Sobandi

Resa merupakan seorang ibu rumah tangga penuh waktu dan blogger serta vlogger paruh waktu yang kini tengah menetap di sebuah kota kecil di Amerika.

Fb Page: www.facebook.com/resa.sobandi || Blog: iniresa.wordpress.com || Youtube channel: Ibu Santai

Swara Kamu adalah media tempat warga net menumpahkan opini. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.


SWARA KAMU


RESA SOBANDIIni Swara Kamu dari:
Resa Nurfatimah Sobandi

Resa merupakan seorang ibu rumah tangga penuh waktu dan blogger serta vlogger paruh waktu yang kini tengah menetap di sebuah kota kecil di Amerika.

Fb Page: www.facebook.com/resa.sobandi || Blog: iniresa.wordpress.com || Youtube channel: Ibu Santai