SWARA – Seiring berjalannya waktu, kebutuhan seseorang akan semakin bertambah dan juga semakin meningkat di setiap periode waktunya. Hal ini nyatanya sejalan dengan harga-harga dari kebutuhan tersebut yang juga ikut meningkat seiring berjalannya waktu.

 

Hal tersebut rupanya membuat sebagian orang menjadi sedikit kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Karena, kebutuhan mereka ternyata tidak sebanding dengan penghasilan yang mereka peroleh di setiap bulannya.

 

Hal tersebut tidak hanya terjadi pada orang-orang yang tidak memiliki penghasilan tetap, tapi ternyata juga bisa terjadi pada orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Terutama, untuk sebagian orang yang penghasilannya senilai dengan UMR di tempat mereka bekerja.

 

Penghasilan yang mereka peroleh dari instansi naungan mereka nyatanya belum mencukupi segala kebutuhan hidup dari dirinya dan juga keluarganya.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang pemasukan dan penghasilan tambahan

  1. Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!
  2. 4 Hobi Berikut Ini Bisa Menjadi Sumber Pemasukan Tambahan!
  3. 10 Seleb Hollywood yang Makin Tajir Berkat Penghasilan Tambahan

 

Sudah berpenghasilan tapi masih belum cukup…

 

Kebutuhan hidup yang dimaksud pastinya bukan hanya untuk mencukupi makan dan minum, tapi juga kebutuhan lainnya seperti biaya sekolah anak, biaya BBM, biaya rekreasi, biaya transportasi, biaya kuota internet, dan juga biaya-biaya lainnya.

 

Hal-hal tersebut memicu seseorang untuk segera memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan utamanya. Karena mereka sadar bahwa tidak bisa mengandalkan dari sebuah sumber penghasilan saja.

 

Nah, ternyata saat ini banyak sekali tersedia peluang pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan sembari mengerjakan pekerjaan utama.

 

Berikut adalah beberapa pekerjaan sampingan yang praktis dan bisa menghasilkan uang. Pastinya, ini akan cocok untuk kamu yang ingin menambah pemasukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama.

 

Usaha kuliner di lingkungan kerjamu

 

Tahukah kalian, bahwa banyak karyawan atau pekerja kantoran yang tidak sempat untuk sarapan di rumah. Mereka seperti dikejar waktu untuk segera berangkat ke kantor di pagi-pagi buta. Nah, ini adalah peluang baik untukmu!

 

Terutama buat kamu yang memiliki hobi di bidang kuliner, seperti memasak sebuah makanan. Kamu bisa menjual makanan untuk dijadikan sarapan di lingkungan kantormu. Kamu bisa dengan mudah memasarkan usahamu dengan sistem dari mulut ke mulut.

 

Selain itu, kamu juga bisa memasak menu makanan atau minuman yang bisa kamu jual di lingkungan kantormu. Seperti contoh, kamu bisa membuat kopi susu kemasan ataupun thai tea yang bisa kamu sajikan dalam sebuah botol. Dijamin, usaha kulinermu akan diapresiasi oleh rekan-rekan kerjamu.

 

Berjualan di online marketplace

 

Menjual berbagai macam hal di online marketplace tentunya akan menghasilkan pemasukan tambahan bagi dirimu. Terutama, buat kamu yang memiliki jiwa bisnis ataupun berdagang. Selain itu, hal lain yang menarik adalah kamu bisa menjadi penjual utama ataupun menjadi reseller dari toko lain untuk menjual sebuah barang.

 

Semua prosesnya bisa kamu lakukan hanya dengan ponsel pintarmu. Jadi, kamu bisa melakukannya tanpa harus mengganggu pekerjaan utama.

 

Pedagang musiman

 

Pernah ke CFD atau Car Free Day? Kalau pernah, kamu pasti akan melihat banyak orang yang berjualan di area tersebut. Nah, momen tersebut bisa kamu gunakan sebagai peluang untuk memperoleh pemasukan tambahan!

 

Kamu bisa berjualan di setiap hari sabtu, minggu, ataupun hari libur lainnya. Jadi, kamu bisa memanfaatkan waktu liburmu untuk menghasilkan uang dan juga tentunya tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

 

Fotografer, Videografer, dan Make Up Artist

 

Setiap orang pasti memiliki sebuah potensi yang nyatanya tidak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, potensi tersebut seharusnya bisa disalurkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi pemiliknya, seperti halnya untuk menambah uang pemasukan.

 

Saat ini, beberapa pekerjaan bisa dilakukan oleh para freelancer atau pekerja lepas. Jadi, mereka hanya mengerjakan pekerjaan tersebut di hari mereka rehat dari pekerjaan utamanya. Pekerjaan tersebut antara lain fotografer, videografer, dan juga make up artist.

 

Ketiga pekerjaan tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki passion, minat, potensi, dan juga kemampuan khusus. Maka dari itu, sayang sekali jika ada sebagian orang yang memiliki potensi tersebut namun tidak bisa disalurkan dengan baik.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi unik tentang fotografi

  1. Rekomendasi Kamera untuk Anak yang Suka Fotografi
  2. Ini Lho Keuntungan Belajar Fotografi, Tertarik Mendalami?
  3. 5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiah

 

Komitmen utama harus tetap dijaga

 

Beberapa pekerjaan yang telah disebutkan di atas, tentunya bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi, yang harus diingat adalah kamu masih berada dan bekerja di sebuah instansi atau perusahaan. Kamu tidak boleh mengutamakan pekerjaan sampinganmu dibanding pekerjaan utamamu.

 

Hal tersebut pastinya akan memengaruhi kinerjamu di perusahaan tersebut. Jika ternyata hal itu terjadi, bisa saja kamu akan mendapatkan teguran dari perusahaan atas penurunan kinerjamu.

 

Jadi, kalau kamu ingin memiliki penghasilan sampingan, kamu harus bisa dan tetap menjaga komitmen awalmu di perusahaan yang menaungimu.


dhandyDhandy Dwi Yustica