SWARA – Memiliki kartu kredit memang bisa jadi solusi. Ketika lagi pengin beli sesuatu tapi belum gajian, bisa ditalangi dengan kartu kredit. Bahkan, kalau lagi ada promo pembelian bisa jadi murah. Namun, kadang penggunaan kartu kredit juga jadi bumerang.

 

Penggunaan kartu kredit bisa jadi bumerang jika kamu boros. Selain itu, kalau nggak segera melunasi begitu tagihan muncul, kamu bisa kena bunga yang cukup besar. Kalaupun kamu langsung membayar tapi hanya di batas minimum pembayaran, itu hanya menyelamatkanmu di bulan pertama saja. Di bulan-bulan berikutnya kamu akan menemui tagihan kartu kredit yang sudah berbunga.

 

Menjadi bumerang lagi jika tagihan sebelumnya belum lunas, tapi kamu sudah menggunakan kartu kredit lagi. Wah, alamat menumpuk tagihannya! Jika sudah begini, ada baiknya segera kamu lakukan pelunasan saja.

 

Sebenarnya kamu bisa menggunakan pinjaman online atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk melunasi tagihan kartu kredit. Namun, ingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nggak terkesan gali-tutup lubang. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Kartu Kredit yang Sebaiknya Kamu Ketahui

  1. Cari Dana Darurat, Lebih Baik Peminjaman Uang Online atau Tarik Tunai Kartu Kredit?
  2. Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk Menurut Ahli
  3. 5 Rahasia Pakai Kartu Kredit Tapi Bisa Bikin Lebih Hemat

 

1. Stop pemakaian sementara waktu

Jika kamu sedang dalam usaha pelunasan utang kartu kredit, jangan lantas menambah beban. Pastikan utangmu lunas terlebih dahulu baru kamu bisa mengunakannya lagi. Oleh karenanya, sebaiknya kamu menghentikan penggunaan kartu kredit untuk sementara waktu. Cobalah hidup hemat dengan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

 

2. Cari KTA dengan syarat paling mudah dan cepat

Ada banyak pinjaman online di luar sana yang bisa kamu akses. Namun, pasti setiap KTA memliki sarat dan ketentuan yang berbeda. Saran saya, ada baiknya kamu memilih KTA yang pengajuannya lumayan mudah. Jadi, dalam menunggu kamu nggak membutuhkan waktu lama juga. Salah satu rekomendasi KTA yang bisa kamu pilih adalah Tunaiku. Namun, pastikan kualitas kreditmu cukup bagus, ya.

 

Artikel Terkait: Kelebihan yang Dimiliki Tunaiku

  1. 5 Keuntungan Ajukan Pinjaman Uang dari Mobile App Tunaiku
  2. Sederhana dan Praktis, Tunaiku Tawarkan Pinjaman dan Hanya Bermodalkan KTP, Bagaimana?
  3. Swara Tania: 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Tunaiku

 

3. Cari bunga KTA yang tergolong murah

Jangan asal mencari pinjaman online yang mudah saja, ya. Kamu juga harus memperhatikan bunganya. Pasalnya, jangan sampai kamu terbebas dari bunga kartu kredit tapi justru menghadapi bunga KTA yang lebih mahal. Sebisa mungkin akseslah KTA yang mudah dan murah.

 

4. Sesuaikan dengan kemampuan bayar

Dalam mengakses KTA untuk melunasi kartu kredit kamu juga harus memerhatikan kemampuan bayar. Jangan sampai kamu terseok-seok dalam melakukan pembayaran. Hal ini akan membuat kamu telat membayar yang akhirnya menambah bunga keterlambatan. Akibat lainnya, kualitas kreditmu di BI Checking juga memburuk.

 

5. Buat simulasinya

Untuk mengetahui kemampuan bayar, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan simulasi pembayarannya. Misalnya, utang kartu kreditmu ada sekitar Rp10 juta. Nah, kamu bisa mengajukan utang di KTA sebesar itu. Pastikan di ACC sebesar itu agar kamu nggak pusing mencari kekurangannya, ya.

 

Adapun bunga kartu kredit berbeda-beda. Jika bunganya 9% per tahun, setiap bulannya kamu harus bisa menyisihkan uang dari gaji kira-kira sebesar Rp900 ribu.

 

Itu dia 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum melunasi utang kartu kredit menggunakan KTA. Pastikan kamu fokus untuk pelunasan dulu, ya. Jika sudah lunas, baru kamu bisa menggunakan kartu kredit lagi.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

 

 

 

 

Tunaiku