SWARA – Credit card (CC) dan Paylater sudah menjadi metode pembayaran yang saat ini dinikmati karena kemudahan penggunaannya. Meski keduanya bakal memberikan beban tagihan di akhir, hingga kini kedua layanan tersebut masih menjadi favorit masyarakat. 

 

Lalu apakah kita boleh menggunakan kedua layanan ini dari segi finansial yang baik? Sebelum mengupas tips bagaimana cara menggunakan kedua layanan ini, kamu perlu tahu keunggulan Paylater yang sekarang menjadi solusi pembayaran mudah selain kartu kredit.

 

  • Paylater mudah digunakan karena menjadi satu dengan beberapa platform digital yang tinggal diinstal di ponsel.
  • Sudah banyak merchant yang bekerja sama dengan platform penyedia Paylater, termasuk dalam berbelanja online sehingga jangkauan untuk menggunakannya semakin luas.
  • Memiliki bunga tagihan yang bervariasi tergantung pada penyedia layanan Paylater-nya.

 

Jika sudah paham dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan Paylater, kamu bisa menyimak tips-tips di bawah ini untuk lebih bijak menggunakan CC dan Paylater.

 

Kenali jenis Paylater yang ditawarkan dan pahami plus minusnya

Jika CC diatur oleh Bank Indonesia, berbeda dengan Paylater yang saat ini peraturannya belum terlalu ketat dan seragam, sehingga kamu harus tahu masing-masing layanan Paylater yang ditawarkan oleh platform digital. Saat ini layanan Paylater bisa kamu nikmati di beberapa sektor kebutuhan, seperti Tokopedia yang menawarkan belanja online menggunakan Paylater, Traveloka yang menawarkan traveling mudah menggunakan Paylater, dan Gojek yang menawarkan transportasi dan layanan antar makanan serta barang.

 

Setiap layanan Paylater yang diberikan memiliki kebijakannya sendiri-sendiri seperti tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan dan limit pemakaian. Seperti Gojek, yang menerapkan limit Rp500 ribu per bulan dengan batas pembayaran tagihan di tengah malam hari terakhir tiap bulan, atau Traveloka yang menawarkan limit lebih tinggi yaitu Rp10 juta. Kamu perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan yang perlu kamu lakukan.

 

Artikel Terkait: Tips Menggunakan Kartu Kredit

  1. Pakai Kartu Kredit, Jauhi Penggunaannya di 4 Tempat yang Rawan Kena Skimming
  2. 6 Tips Cermat Pakai Kartu Kredit
  3. 5 Tips Atasi Utang Kartu Kredit dan Cara Ampuh Melunasinya

 

1. Gunakan hanya untuk kebutuhan mendesak

Menggunakan CC dan Paylater memang memudahkan. Namun, pada prinsipnya kita menjadi punya utang berbunga yang menjadikan pengeluaran lebih banyak. Sehingga agar nggak terlilit utang, kamu harus menggunakan kedua layanan ini hanya untuk kebutuhan mendesak.

 

Selama kamu masih memiliki uang atau selama hal yang kamu ingin bayarkan menggunakan kedua layanan ini nggak terlalu mendesak, sebaiknya jangan gunakan kedua layanan ini terlebih dahulu agar kamu terbebas dari utang.

 

2. Gunakan untuk hal yang bersifat produktif

Layanan yang bisa menggunakan CC dan Paylater memang kebanyakan adalah layanan yang bersifat konsumtif seperti misalnya berbelanja atau traveling. Namun, kamu harus tetap bisa mendapatkan manfaat dari barang atau jasa yang bisa dibayarkan dengan dua metode pembayaran tersebut. Misalnya, ketika menggunakan CC atau Paylater untuk berbelanja, gunakanlah untuk berbelanja kebutuhan yang bisa membuat kamu produktif seperti misalnya laptop atau kamera untuk menunjang pekerjaan. 

 

Bisa juga kamu menggunakan CC atau Paylater untuk traveling. Namun, traveling yang kamu lakukan harus bisa menjadikan diri kamu produktif seperti sembari membeli barang-barang di luar negeri untuk dijual kembali atau membuat video vlog yang bisa diunggah di channel YouTube kamu.

 

Artikel Terkait: Pinjaman Online Tanpa Kartu Kredit

  1. Ingin Dapatkan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit? Yuk Ke Tunaiku Saja!
  2. Cari Dana Darurat, Lebih Baik Peminjaman Uang Online atau Tarik Tunai Kartu Kredit?
  3. Pahami Syarat Ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Berikut ini

 

3. Tetap kendalikan penggunaannya

Menggunakan CC dan Paylater jika nggak dikendalikan penggunaannya memang bisa membuat kebablasan. Kamu harus lebih disiplin dalam penggunaannya. Jika terpaksa harus menggunakan kedua pembayaran ini di luar hal yang sudah saya bahas tadi, kamu juga harus menyiapkan solusi pembayarannya sebelum kamu menggunakan pembayaran ini.

 

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu gunakan jika harus memanfaatkan CC dan Paylater dalam memenuhi kebutuhan kamu. Tetap bijak dalam mengatur keuangan, karena CC dan Paylater bisa sangat bermanfaat untuk keuangan jika digunakan dengan tepat.