SWARA – Kamu suka belanja online? Sama, saya juga! Dalam bertransaksi online, metode pembelajaran apa yang kamu pilih? Kalau saya lebih suka bertransaksi pakai kartu kredit. Selain nggak ribet, pakai kartu kredit juga bisa menguntungkan seperti mendapatkan promo dan tambahan poin.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang berkaitan dengan kartu kredit

  1. Gunakan Kartu Kredit untuk Liburan, ini Plus Minus yang Perlu Kamu Ketahui
  2. Biaya Pernikahan Kurang, Amankah Jika Dibayar Pakai Kartu Kredit?
  3. Pakai Kartu Kredit, Jauhi Penggunaannya di 4 Tempat yang Rawan Kena Skimming

 

Namun, kadang saya agak was-was kalau harus belanja online menggunakan kartu kredit. Pasalnya, keamanan penggunaan kartu ini juga harus jadi perhatian. Untuk itu, sebagai online shopper kita harus berhati-hati. Bagi online shopper, ini 4 cara aman belanja online pakai kartu kredit.

 

1. Jangan gunakan wifi publik

Sebenarnya mengakses wifi publik itu sah-sah saja. Namun, pastikan jangan menggunakan wifi publik saat kamu bertransaksi seperti membayar belanjaan online menggunakan mobile banking. Pasalnya, penggunaan wifi publik saat melakukan transaksi sangat berisiko terhadap hacker yang mengancam keamanan datamu.

 

2. Acak sandi

Biar aman, ada baiknya kamu membuat sandi serumit mungkin. Sandi yang berisi nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan angka yang umum sangat mudah untuk dibobol. Untuk itu, cobalah acak sandi dan pilih kombinasi angka atau hurus yang nggak umum. Rutin mengganti sandi juga bukan ide yang buruk. Namun, pastikan kamu mencatatnya agar nggak lupa, ya. 

 

3. Waspadai email nggak dikenal

Pernah dapat email asing yang memuat suatu link? Jika iya, kamu perlu waspada. Pasalnya, pembobolan data bisa dimulai dari sini. Link tadi akan mengarahkanmu mengakses suatu link pembayaran yang akhirnya kamu memasukkan data-data. Nah, data tersebut bisa dibobol oleh orang yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, jangan tergoda untuk membuka link, terutama dari pihak anonim atau yang enggak kamu kenal.

 

4. Jangan izinkan komputer menyimpan datamu

Jika belanja online dilakukan di komputer, biasanya kamu diminta persetujuan apakah komputer menyimpan datamu, kan? Nah, jangan sampai kamu memberikan persetujuan pada komputer atau pun smartphone untuk menyimpan data ini, ya.

 

Artikel terkait: Suka belanja online? Baca ini

  1. Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!
  2. Kamu Hobi Belanja Online? Yuk, Ikuti Tipsnya Agar Nyaman!

  3. Ditipu Belanja Online? Tenang, Kamu Bisa Lapor, Kok!

Itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan agar transaksi online berjalan aman. Sekarang memang zaman digital. Semua hal bisa dimudahkan melalui internet. Namun, kejahatan di dunia digital ini juga bisa dikatakan semakin kejam. Untuk itu, pastikan kita menjadi pengguna cerdas terutama jika kita menjadi online shopper.