SWARA – Mendapatkan kenaikan gaji berkat hasil kerja keras memang perlu dirayakan. Tetapi, kamu pun wajib berhati-hati karena harus pandai menyesuaikan diri dan tetap butuh perhitungan saat mengeluarkan uang.

Reaksi umum yang muncul saat mendapat kenaikan gaji adalah membelanjakan uang untuk barang-barang yang diinginkannya. Boleh saja ingin menikmati hasil kerja keras tapi ada batasnya. Selain itu, merayakannya pun juga pakai perhitungan dong. Membelanjakan banyak uang untuk membeli sesuatu yang nggak perlu juga sia-sia. Oleh karena itu, kamu perlu mengendalikan diri dan mengatur keuanganmu supaya tetap stabil.

 

Berikut tips yang membantumu untuk menyesuaikan hidup dengan kenaikan gaji.

 

Artikel terkait: Supaya nggak boros saat belanja, lakukan cara-cara ini!

  1. 5 Jurus Jitu Mengatasi Kebiasaan Berbelanja Impulsi
  2. 5 Panduan Lengkap Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Biar Tidak Tekor
  3. Tips Berhemat di Akhir Pekan

 

1. Menyesuaikan rencana belanja

Jangan terlalu konsisten dengan gaya hidup. Situasi keuangan pasti akan mengalami pasang surut. Gaya hidupmu  juga harus bisa menyesuaikan. Supaya tetap aman, buat rencana belanja setiap bulan atau setiap tahun, karena bisa saja gaji yang kamu terima berubah jumlahnya dalam jangka waktu tertentu.Perencanaan ini akan membantumu mengontrol pengeluaran.

 

2. Merampingkan anggaran dan memotong biaya

Kalau kamu sudah punya list kebutuhan beserta anggarannya, kini kamu harus menyortir beberapa kebutuhan yang nggak terlalu mendesak untuk dibeli, atau mengurangi pembelian barang yang memakan biaya besar. Misalnya mengurangi nongkrong di cafe atau berhenti berlangganan tv kabel untuk sementara.

 

3. Menilai barang-barang yang masih dibutuhkan atau nggak

Kalau kamu punya beberapa barang yang sudah nggak terpakai, jangan langsung dibuang dulu ya. Beberapa barang diantaranya mungkin masih bisa kamu gunakan. Jika ada yang sudah nggak kamu butuhkan lagi, bisa kamu jual di toko online. Hasil penjualan bisa kamu simpan untuk dana darurat.

 

4. Mencari pekerjaan sampingan

Buat kamu yang masih memiliki waktu luang setelah bekerja dan punya keahlian di bidang tertentu, manfaatkan momentum ini untuk bekerja sambilan. Kalau kamu hobi membuat kue, kamu bisa membuka usaha cake dan bakery di rumah. Bisa juga berjualan baju dan aksesoris lain secara online. Banyak atau sedikitnya penghasilan dari pekerjaan sampingan, bisa kamu tabung untuk kebutuhan mendesak.

 

5. Berhati-hati memilih teman

Nggak bisa dipungkiri bahwa lingkungan pertemanan bisa mempengaruhi gaya hidupmu. Menyaring teman yang punya efek buruk terhadap dirimu, terkadang memang perlu. Jika terasa sulit, bisa dimulai dengan mengurangi intensitas pertemuan mu dengan mereka.

 

6. Gunakan uang tunai

Cobalah untuk mengurangi penggunaan kartu kredit, apalagi untuk belanja. Menggunakan  kartu kredit saat belanja membuat kamu jadi semakin boros, karena kamu cenderung nggak sadar terhadap besarnya biaya yang sudah kamu keluarkan. Biasakan untuk menggunakan uang tunai, karena dengan uang tunai kamu bisa langsung memeriksa pengeluaranmu setiap berbelanja.

 

Gaji naik bukan berarti kamu berhenti mencari penghasilan tambahan dan ketat melakukan perencanaan keuangan. Kedua hal ini nggak melulu harus kamu lakukan saat situasi keuangan sedang menipis. Baiknya kamu konsisten dengan kebiasaan ini bagaimana pun kondisi keuanganmu. Yuk buat gaya hidup mu tetap sehat! 

 

Artikel terkait: Tertarik membuka bisnis di rumah?. Simak beberapa informasi bisnis rumahan ini!

  1. 6 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba!
  2. 7 Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Rumah
  3. 8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Stay at home Mom. Yuk, Dicoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Setyo Kinanthi SETYO KINANTHI