SWARA – Namanya generasi milenial pastilah menginginkan hal-hal mudah. Nggak hanya dalam mengakses kendaraan, dalam hal bertransaksi keuangan pun demikian. Nggak heran bila mereka jarang membawa uang cash, tapi lebih memilih ATM, kartu kredit, bahkan internet banking.

 

Bertransaksi menggunakan internet banking memang ringkas. Kamu jadi lebih mudah dalam melakukan transaksi. Namun, kamu harus lebih berhati-hati. Pasalnya, kamu harus menjaga keamanan agar nggak terkena kejahatan siber. Nah, biar aman, pastikan beberapa hal di bawah ini!

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Harus Diketahui Generasi Milenial

  1. Millenial Road Safety Festival, Kampanye Nasional untuk Milenial Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu lintas
  2. 4 Investasi Tak Berwujud yang wajib Dimiliki Anak Millenial
  3. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

 

1. Jangan menggunakan wifi

Hal yang paling membahagiakan bagi kaum milenial adalah ketersediaan wifi gratis di mana-mana. Namun, kalau boleh saya menyarankan, jangan selalu menyambungkan hp ke wifi gratis. Apalagi kalau sedang mengakses internet banking. Ada baiknya kamu menggunakan jaringan internet pribadi. Pasalnya, terhubung wifi gratis bisa mendekatkanmu pada kejahatan siber.

 

2. Gunakan password di ponsel

Kejahatan di dunia maya sekarang memang macam-macam. Ada yang usil memainkan Android teman. Ada juga yang benar-benar berniat jahat membobol ponsel. Risiko kehilangan ponsel pun semakin besar di zaman sekarang ini. Untuk itu, sebagai pengaman pastikan kamu memberikan password pada ponselmu. Bisa password kata sandi ataupun pola. Alangkah lebih baik lagi kalau kamu sudah memiliki hp canggih yang password-nya adalah wajahmu sendiri.

 

3. Bikin password yang rumit

Agar lebih mudah mengingat, orang-orang biasanya menggunakan tanggal lahir sebagai password internet banking. Padahal, hal ini sangat riskan. Password tanggal lahir akan mudah ditebak. Untuk itu, pastikan kamu memiliki password yang rumit dengan berbagai kombinasi.

 

4. Jangan berikan informasi password pada orang lain

Kedengarannya memang sepele. Namun, sampai sekarang masih ada juga orang yang memberitahukan informasi baik pin ATM maupun password internet banking kepada orang lain. Jangan lagi melakukannya. Apalagi jika kamu memberikan informasi ini melalui pesan WhatssApp. Mungkin, temanmu ini amanah. Namun, kalau hp temanmu hilang dan ditemukan oleh orang, apa jadinya jika dia membuka pesan-pesan pentingmu?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Media Sosial

  1. Be Kind Online, Yuk Menjadi Orang Baik di Media Sosial
  2. Rekrutmen Jaman Now, 5 Tips Agar Pencarian Informasi Kandidat Melalui Media Sosial Aman
  3. Ini Dia Alasan Mengapa Media Sosial Bisa Picu Keretakan Rumah Tangga

 

Itu dia tips aman penggunaan internet banking. Mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

Tunaiku