SWARA – Cepatnya ritme perkotaan konon membuat siapa pun di dalamnya jadi ikut sibuk. Pergi pagi, pulang malam—seakan jadi ritual rutin yang harus banyak orang hadapi, termasuk kamu. Wajar saja bila sebagai akibatnya, urusan rumah kadang jadi nggak terurus. Jangankan membersihkan rumah, memasak makanan saja tak sempat.

Memutuskan untuk memiliki asisten rumah tangga (ART) sendiri dapat jadi solusi alternatif bagi keluargamu yang sibuk. Namun, hal ini rupanya bukan perkara mudah. Ada saja masalah terkait ART yang dikeluhkan banyak orang. Ini bisa berupa sulitnya mencari ART baru, minimnya rasa aman, hingga ketakutan akan anggaran rumah tangga yang membengkak.

Padahal, hal tersebut belum tentu benar, lho. Bila kamu jeli, kamu bisa menemukan ART yang baik dan jujur. Apalagi, biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar ART tak selalu harus menguras kantong. Memang, tak menutup kemungkinan, pada beberapa negara seperti Prancis dan Kanada, ART tergolong “jasa” yang cukup mahal, yakni setara dengan Rp 350 juta. Namun, hal ini tetap bisa diakali, kok.

Menggunakan jasa ART sendiri adalah salah satu cara mudah untuk memastikan kondisi rumah “tetap terurus”, tanpa harus membuatmu jadi tambah lelah. Sebagai pelengkap, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu mendapatkan asisten rumah tangga yang sesuai.

  1. Gunakan Biro Jasa

Sebagai “jaminan” keamanan, kamu bisa mencari ART melalui bantuan biro jasa. Biasanya, di sini tersedia identitas yang jelas. Mulai dari kota asal, latar pendidikan, hingga “riwayat” pekerjaan mereka.

  1. “Jaring” Rekomendasi

Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat. Ini bisa dari orang tuamu, teman, atau justru asisten rumah tangga tetanggamu.   

  1. Jangan Abai Riwayat ART

Kenali lebih dalam calon ART sebelum memulai kerja. Biasakan untuk meminta terlebih dulu fotokopi KTP atau jenis kartu identitas lainnya, sebagai jaminan kerja.

  1. Pilih Harian atau Bulanan?

Ini penting untuk memastikanmu tak mengeluarkan “biaya” tambahan yang membengkak. Cara mudahnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupanmu. Jika kamu hanya membutuhkan orang untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti menyapu, mengepel, atau mencuci baju, maka memilih ART harian bisa jadi solusi yang tepat. Sebaliknya, jika kamu butuh orang untuk menyiapkan segala aktivitas harianmu, mulai dari pagi hingga malam, kamu bisa memilih ART bulanan.

Adapun biasanya, pada negara-negara lain seperti Amerika Serikat atau Kanada, biaya ART harian sangat bergantung pada luasan rumah, jumlah kamar yang harus dibersihkan, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan. Mungkin di Indonesia, kamu bisa menegosiasikannya lagi dengan ART yang bersangkutan.

Memilih memiliki ART pada akhirnya bergantung pada kesiapan dan kesanggupanmu. Tak selalu mahal, kok. Kamu tetap bisa mengakalinya dengan beberapa cara di atas. Intinya, jangan pernah memaksakan diri. Nah, jika sudah mendapatkan ART yang sesuai, ada baiknya untuk menjaga hubungan emosi yang positif, ya. Toh tanpa ART, segala urusan rumahmu tak akan beres, bukan?

Punya pengalaman atau opini tentang menggunakan jasa ART? Share di kolom komentar ya.