SWARA – Libur Lebaran bisa menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, salah satunya dengan piknik. Apalagi libur Lebaran tahun ini cukup panjang, waktunya cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga dan tentunya membutuhkan budget tersendiri yang perlu dipersiapkan. Saya sendiri selalu menyisihkan pemasukan tiap bulan untuk biaya piknik. Jadi, ketika waktunya tiba, bisa bebas menggunakan uang yang ditabung tiap bulannya.

 

Menggunakan uang yang cukup banyak untuk liburan tentu bukan hal yang salah jika memang sudah sesuai anggaran dan nggak membuat kantong kering setelah Lebaran usai. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa melakukan penghematan budget saat libur Lebaran dengan 5 tips di bawah ini!

 

1. Tempat wisata gratis bisa menjadi pilihan

Tempat wisata nggak melulu harus yang berbayar mahal, kamu juga bisa, lho, mengunjungi tempat-tempat wisata yang gratis. Beberapa tempat wisata yang gratis seperti ladang bunga, air terjun, pantai yang belum banyak orang tahu, bahkan museum bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Dalam menghabiskan waktu liburan, bukan memandang tempat wisata yang mahal saja, tapi lebih pada kebersamaan dan quality time menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, bukan?

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Lebaran

  1. Mau Hemat Belanja Kue Lebaran? Begini Caranya!
  2. 5 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran
  3. Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaran

 

2. Selektif memilih penginapan

Libur panjang memang paling enak piknik sambil menginap di suatu tempat. Biar nggak menguras kantong, kamu perlu mencari penginapan yang hemat. Coba survei terlebih dahulu melalui internet penginapan murah yang ada di kota tempat kamu akan berkunjung sebelum berangkat. Kamu juga bisa, lho, memilih penginapan yang jaraknya dekat dengan objek wisata yang ingin dituju. Meskipun mungkin harganya nggak semurah penginapan di tempat yang jauh dari objek wisata, tapi kamu bisa menghemat dari sisi akomodasi karena nggak perlu uang transport.

 

3. Pilih transportasi yang hemat biaya

Transportasi bisa menjadi satu anggaran yang cukup besar untuk liburan kamu. Jadi, kalau bisa transportasi ini harus ditekan agar nggak boros. Caranya, kamu bisa memanfaatkan promo-promo alat transportasi baik darat, laut, atau udara melalui situs online dan marketplace. Jauh-jauh hari sebelum berangkat, kamu harus mencari tahu dulu apakah ada promo yang bisa diikuti atau nggak. Kalau perlu, kamu juga bisa berlangganan email newsletter dari penyedia tiket online ini agar nggak ketinggalan informasi.

 

Jika perjalanan cukup jauh, kereta api bisa menjadi solusi perjalanan yang murah tapi tetap nyaman. Jangan lupa, pastikan sampai di stasiun yang dekat dengan tujuan wisata agar nggak memakan biaya transport lagi yang lebih besar.

 

4. Rencanakan juga oleh-oleh yang akan dibeli

Berlibur tanpa membawa oleh-oleh tentunya menjadi hal yang kurang etis bagi masyarakat Indonesia. Namun, bagaimana jika budget liburan kita terbatas? Kamu tetap bisa, lho, membeli oleh-oleh dengan beberapa tips agar nggak boros. Tips pertama adalah dengan menawar oleh-oleh yang ingin kamu beli. Biasanya, penjual lokal masih mau melakukan proses tawar-menawar saat berjualan. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan terlebih dahulu kepada rombongan liburan adakah yang bisa berbahasa lokal? Soalnya, jika bisa berbicara bahasa lokal dengan penjual lokal, ada kemungkinan harga yang didapat bisa lebih murah. Pastikan juga oleh-oleh yang kamu beli nggak melebihi batas barang-barang yang kamu bawa agar nggak repot saat perjalanan pulang nantinya.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Lebaran

  1. Wajib Dicoba! 3 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baru
  2. 10 Tempat Wisata Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Sedang Ke Negeri Ginseng, Korea Selatan!
  3. 10 Destinasi Wisata Murah Luar Negeri yang Seru Dikunjungi Tahun 2019

 

5. Makan saat liburan juga harus selektif

Biasanya, penjual makanan yang berada di area objek wisata akan menjual makanannya dengan harga relatif lebih tinggi dari biasanya. Untuk penghematan, kamu bisa mengatur tempat makan di luar wilayah objek wisata. Jangan khawatir akan memakan biaya transport lagi. Soalnya, kamu juga bisa mengagendakan acara makan sekaligus dengan wisata kuliner mengunjungi tempat-tempat makan terkenal di wilayah yang kamu kunjungi. Uang yang dikeluarkan untuk makan juga nggak sia-sia karena bisa mendapatkan pengalaman kulineran baru.

 

Itulah 5 tips agar libur Lebaran nggak melebihi budget yang sudah kamu anggarkan. Yuk, mulai susun rencana libur Lebaran tahun ini mulai sekarang!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

    PAULUS RISANG

 

Mobile Site CTA