SWARA – Sejak kecil, moto hidup saya adalah “Do something today that your future self with thank you for”. Dengan kata lain, saya selalu ingin melakukan sesuatu yang berguna, agar 10 atau 20 tahun lagi saya tidak menyesalinya. Meskipun banyak cita-cita saya yang belum tercapai, setidaknya saya bersyukur karena masih bisa melakukan hobi dan pekerjaan yang saya sukai. Namun, dari dulu saya memang sulit menabung dan hidup hemat; kebiasaan tersebut masih terbawa sampai sekarang dan sejujurnya, sangat saya sesali.

 

Artikel terkait: Kesalahan dalam mengatur keuangan

  1. Memasuki Usia 30 Tahun? Simak 6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan yang Paling Sering Kamu Lakukan!
  2. Kurang Jago Mengatur Keuangan? Simak 7 Cara Anti Boros dalam Menggunakan Kartu Kredit Ini
  3. 7 Kesalahan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangannya

 

Kamu pun mengalaminya? Mungkin selama ini penghasilanmu hanya numpang lewat di ATM dan tidak bisa benar-benar kamu nikmati. Jika iya, tandanya kamu harus membiasakan diri untuk melakukan 7 hal di bawah ini agar kondisi finansialmu tidak lagi berantakan!

 

1. Menabung

Saran ini pasti tidak bosan-bosan disampaikan oleh gurumu sewaktu sekolah. Sadarkah kamu, bahwa imbauan menabung wajib terus-menerus diingat dan dipraktikkan agar bertransformasi menjadi kebiasaan yang positif saat kamu beranjak dewasa? Mulai sekarang, cobalah menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk ditabung. Setelah itu, jangan menggunakan uang tabunganmu jika tidak ada kebutuhan darurat yang memaksamu melakukannya.

 

2. Menghindari utang

Dalam kehidupan masyarakat modern, berutang merupakan kegiatan yang sangat sulit dihindari. Tanpa adanya utang, mungkin kamu nggak akan bisa membeli objek-objek berharga mahal seperti rumah, mobil, motor, atau smartphone. Namun, alangkah baiknya jika kamu pun bijak dalam berutang! Dengan kata lain, sesuaikan nominal utang dengan pendapatanmu. Hati-hati, utang yang tidak segera dilunasi dapat membuatmu terbelit bunga atau denda yang besar, lho!

 

3. Cerdas dalam berbelanja

Sebelum berbelanja, buat dulu daftar barang belanjaanmu. Jika uangmu sedang pas-pasan, ada baiknya kamu juga membuat skala prioritas mengenai barang yang statusnya wajib dibeli atau tidak mendesak sehingga bisa dibeli lain kali. Percaya deh, kebiasaan tersebut akan membantumu menghemat uang belanja, lho. Selain itu, berbelanjalah di tempat-tempat yang menawarkan harga lebih murah! Yang terpenting, jangan lupa makan sebelum berbelanja; perut yang lapar dapat membuatmu bersikap impulsif dan berakhir membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

 

Artikel terkait: Yuk coba berinvestasi sejak kamu muda!

  1. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials
  2. Reksa Dana, Saham, Properti: 3 Jenis Investasi yang Cocok bagi Anak Muda. Simak Untung-Ruginya!
  3. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!

 

4. Membandingkan pengeluaran dan pemasukan

Cobalah mengumpulkan semua struk belanjamu dalam satu bulan dan mengevaluasinya. Status keuanganmu bisa dibilang baik jika jumlah uang yang tersisa dalam satu bulan masih cukup banyak. Jika kamu belum bisa menyisakan uang atau menabungnya pada bulan ini, cobalah mengevaluasi kebiasaan finansialmu agar bisa memperbaikinya di bulan depan.

 

5. Cermat dan teliti terhadap potongan harga atau diskon

Jika menurutmu seluruh potongan harga atau diskon akan membuat hidupmu lebih hemat, kamu salah! Nggak semua diskon akan membuatmu berhemat; jika tidak cermat dalam menganalisis diskon, bisa-bisa hidupmu malah akan semakin boros. Contohnya, saat menemukan label diskon 10% untuk pembelian dua botol minyak goreng, sesungguhnya kamu sedang memboroskan pengeluaran karena hanya membutuhkan satu botol minyak untuk satu bulan.

 

6. Menjaga keamanan finansial keluarga

Jaga keamanan finansial keluargamu atau dirimu sendiri dengan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk mengikuti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Jika sewaktu-waktu kamu sakit dan membutuhkan rawat inap, asuransi tersebut bisa kamu gunakan. Selain itu, asuransi kesehatan juga dapat berfungsi sebagai antisipasi risiko karena meskipun kamu tidak bisa bekerja, keuanganmu tetap akan terjamin.

 

7. Berinvestasi

Kaum muda pun memiliki banyak pilihan investasi, lho. Misalnya, kamu bisa berinvestasi dengan cara membeli emas logam mulia, menyimpan tabungan di deposito, membeli reksa dana, dan bermain saham. Pada dasarnya, pilih jenis investasi yang benar-benar kamu pahami untuk meminimalisasi kegagalan dan risiko di kemudian hari.

 

CTA

 

 

 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TimotiusTIMOTIUS