SWARA – Selain menjadi momen menyenangkan karena bisa merayakan hari besar dengan keluarga tercinta, Natal juga membahagiakan karena itu artinya Tunjangan Hari Raya (THR) cair. Uang dengan jumlah yang cukup banyak ini terkadang bisa langsung habis dalam sekejap jika nggak diatur dengan benar. Padahal, niat awalnya uang THR Natal bisa bertahan hingga akhir tahun tiba. 

 

Seperti pengalaman teman saya tahun lalu, THR Natalnya langsung habis setelah cair karena dia belikan action figure yang sudah lama diidam-idamkan di online shop untuk melengkapi koleksinya. Jadi, saat Natal tiba dia justru harus menghemat beberapa pengeluaran yang membuat kemeriahan Natal yang dirasakannya jadi kurang greget. 

 

Nah, agar kejadian seperti teman saya yang kehabisan uang THR itu gak terjadi padamu, kamu bisa mengikuti bagaimana cara mengelola THR Natal di bawah ini, ya.

 

1. Prioritaskan uang THR untuk kebutuhan Natal dan Tahun baru

Membuat skala prioritas untuk menggunakan uang THR sangat penting dilakukan. Buatlah anggaran dana yang meliputi berbagai kebutuhan yang mengeluarkan budget banyak, lalu atur kebutuhan-kebutuhan tersebut menurut skala prioritasnya. 

 

Buang dulu kebutuhan-kebutuhan yang sama sekali nggak ada hubungannya dengan Natal dan Tahun baru atau kebutuhan yang masih bisa dilakukan setelah liburan Natal dan Tahun baru. Kebutuhan seperti traveling, beli kado, dan makan bersama keluarga adalah contoh yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar prioritas kamu.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Uang di Tahun Baru

  1. Antibangkrut, Lakukan 10 Cara ini Agar Tetap Hemat & Keuangan Terjamin di Tahun Baru
  2. Ingin Membuat Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru? Ini 7 Tips yang Harus Kamu Tahu!
  3. Tips Agar Kantong “Tidak Bolong” di Hari Raya

 

2. Atur budget yang sesuai dengan skala prioritas yang sudah dibuat

Jika skala prioritas sudah dibuat, kamu akan melihat apa saja kebutuhan paling penting yang harus dipenuhi. Alokasikan jumlah uang menurut skala prioritas yang sudah kamu buat. Buat batasan berapa uang yang bisa kamu keluarkan menurut skala yang sudah kamu tetapkan. Usahakan untuk nggak melebihi budgeting yang sudah kamu buat agar uang kamu nggak lari ke tempat yang salah dan justru kebutuhan utama kamu nggak terpenuhi.

 

3. Masukkan budget untuk beramal

Merayakan suka cita Natal semakin menggembirakan jika kamu bisa membantu saudara dengan beramal. Jangan takut uang kamu berkurang akibat beramal, karena ini adalah bentuk rasa syukur bahwa kamu masih bisa mendapat rezeki dari Tuhan. Beramal saat Natal juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai kebiasaan beramal di bulan-bulan berikutnya. 

 

Cukup sisihkan 2,5% dari gaji yang kamu terima setiap bulan untuk membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan bantuanmu. Hal ini akan membuat kamu lebih bahagia dan semangat untuk mencari rezeki kembali di awal tahun depan.

 

4. Beri porsi untuk investasi

Meskipun kebutuhan untuk Natal dan Tahun baru sudah banyak, tetapi jangan sampai melupakan jatah untuk investasi. Selagi ada tambahan uang THR, nggak ada salahnya kamu berinvestasi lebih banyak dari biasanya karena nanti uang tersebut juga akan kembali lagi kepadamu dengan nominal yang lebih besar jika investasi kamu berhasil. Coba sisihkan 20-30% dari THR yang kamu miliki untuk dimasukkan ke dalam pos investasi kamu bulan ini.

 

Artikel Terkait: Liburan Tahun Baru

  1. 10 Ide Merayakan Libur Tahun Baru Seru Bareng Keluarga
  2. Ini 10 Kota yang Ramah Kantong untuk Rayakan Libur Natal dan Tahun Baru
  3. 5 Pilihan Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Tahun Baru Bareng Pasangan

 

5. Jangan campur adukkan kebutuhan dan keinginan

Masih banyak orang yang terjebak karena nggak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Coba ulas kembali daftar yang sudah kamu buat untuk menyambut Natal dan Tahun baru dan bedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. 

 

Utamakan kebutuhan seperti membayar tagihan, cicilan, menabung, dan memenuhi kebutuhan perayaan Natal daripada untuk berbelanja yang hanya terjadi karena lapar mata melihat promo dan diskon akhir tahun. 

 

Dengan lima cara mengelola uang THR Natal ini, kamu akan lebih mudah dalam menjaga uang hingga akhir tahun tiba. Mempersiapkan strategi mengelola uang sejak awal sangat penting dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang membengkak akibat liburan mendadak atau pengeluaran mendadak jika nggak kamu persiapkan lebih dulu.