SWARA – Jika kamu baru di-PHK, jangan sedih. Kamu nggak sendirian, kok. Saya juga pernah mengalami karena posisi digeser oleh teknologi terbarukan. Hal yang harus dipikirkan adalah cara mengelola pesangon sebaik-baiknya. Bila perlu, pakai dana pinjaman online saja yang pencairan dana online-nya kurang dari 3 hari. Beginilah cara mengelola yang baik.

 

Artikel Terkait: Cara Mengelola Utang Agar Lekas Terbebas

  1. Terungkap, 5 Rahasia Bebas Hutang, Contek dan Buktikan Sendiri!
  2. 7 Langkah Mengelola Utang, Gunakan Aplikasi Kredit Online Terbaik Tunaiku
  3. Gunakan Pinjaman Uang untuk Atasi Kesulitan Bayar Utang Bulanan

 

1. Bangun usaha baru

Tidak masalah ketika di-PHK. Selama ide masih mengalir, kaki masih berpijak, usaha apa saja bisa dilakukan. Misalkan kamu memiliki keahlian memangkas rambut. Buka saja jasa ini. Toh, modal yang dibutuhkan nggak banyak. Sedangkan potensi keuntungan yang bakal kamu terima bisa berlanjut dari hari ke hari.

 

Kawan saya contohnya. Dia dulu kerja di pabrik kaleng dengan gaji bulanan sekitar Rp4 juta. Selama masih kerja, saya sering memergoki dia mencukur teman dekat serta anak-anaknya. Begitu di-PHK, dia hanya perlu sewa lokasi dan peralatan. Sampai sekarang, per hari penghasilannya nggak kurang dari Rp150 ribu.

 

2. Cadangkan sebagian uang pesangon

Ketika di-PHK, praktis, penghasilan menjadi Rp0. Walaupun ide usaha yang kamu gagas cukup cemerlang, tetap sisihkan sebagian. Siapa tahu ada kebutuhan yang mendesak. Kadang karena terlalu semangat untuk bikin usaha, akhirnya lupa dengan cadangan ini. Siapa tahu bulan-bulan depannya istrimu hamil dan melahirkan. Wajib siapkan uang cadangan.

 

Wajib mengatur bujet bulanan dengan bijak

Kebutuhan yang paling sering menguras kantong dan bersifat wajib adalah konsumsi rutin. Misalkan kamu berencana untuk kerja kembali. Minimal dalam satu bulan itu bisa di-counter attack dengan penghasilan barumu dalam sebulan. Syukur-syukur bisa melebihi ekspektasi. Paling nggak, maksimal pengeluaran wajib dibatasi sampai 70%.

 

3. Manfaatkan investasi dengan deposito

Cara mengelola pesangon ini sudah cukup banyak dilakukan. Namun, sejauh ini masih sangat efektif. Jumlah pesangon yang kamu terima itu langsung saja dipotong antara 20% sampai 30%. Kemudian diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu. Memang, bunga kembalinya nggak besar. Namun, kalau untuk menyambung hidup sebelum kerja, cukuplah.

 

Kendalanya mungkin hanya satu, yaitu pada saat pengambilan tabungan. Daripada kena penalti, manfaatkan saja dana pinjaman online dari Tunaiku. Proses pencairan dana online dari Tunaiku sangat mudah. Berhubung Tunaiku merupakan salah satu pelopor fintech di bidang pinjam-meminjam, proses pelayanannya sangat profesional.

 

4. Lebih baik mulailah hidup dengan gaya sederhana

Apakah definisi dari hidup dengan gaya sederhana? Secara umum, sederhana itu bukan berarti pas-pasan atau terlalu ngirit. Minimal, kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan sudah terpenuhi. Adapun kebutuhan sekunder itu penuhi sewajarnya saja. Nggak perlu berlebihan. Apalagi kalau jumlah pesangon yang kamu terima nggak begitu besar.

 

5. Investasikan lagi sisa dana

Apabila cara-cara di atas sudah dilakukan dan ternyata masih sisa, lebih baik investasikan saja dananya. Mungkin dengan cara membeli saham, investasi emas, dan semacamnya. Intinya, meskipun hasilnya nggak seberapa, asalkan kembali dalam jumlah lebih banyak, saya rasa itu cukup. Minimal investasikan 15% dari sisa dana pesangon.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Keuangan untuk Perempuan Agar Mandiri

  1. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas
  2. 6 Alasan Penting Perempuan Wajib Mandiri Secara Finansial
  3. 7 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Perempuan

 

Tingkatkan uang tambahan dengan program referral

Saya menyarankan untuk pakai dana pinjaman online Tunaiku karena program ini. Tahukah kamu? Sampai detik ini, sudah banyak yang memperoleh uang tambahan berjuta Rupiah lewat program ini. Caranya mudah. Setelah pencairan dana online sukses, langsung daftarkan saja sebagai agen referral ke Tunaiku.

 

Kemudian promosikan kode referral-mu kepada siapa pun. Termasuk orang-orang terdekatmu. Keuntungan terbesar yang diperoleh adalah Rp200 ribu per aplikasi yang disetujui oleh Tunaiku. Namun, kamu wajib bantu apabila referral-mu mengalami kendala dalam proses pengajuan pinjaman. Begitulah cara saya mengelola pesangon sampai saat ini.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

TUNAIKU    SWARA TUNAIKU