SWARA – Menjelang Natal dan tahun baru, akan ada banyak pengeluaran yang membuat keuangan terganggu jika nggak diatur dengan baik. Selain untuk memenuhi kebutuhan, Natal dan tahun baru menjadi momen pusat perbelanjaan memberikan diskon besar-besaran yang sangat sayang untuk dilalui begitu saja. Telebih, adanya tunjangan hari raya (THR) yang diberikan oleh kantor menambah semangat untuk berbelanja. 

 

Saya sendiri sudah mempersiapkan pengeluaran untuk Natal dan tahun baru dengan rutin menyisihkan uang sejak awal tahun bersama pasangan. Jadi, saat akhir tahun tiba uang tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Nah, agar keuangan nggak kacau, berikut cara cerdas atur uang untuk Natal dan tahun baru!

 

1. Atur tunjangan hari raya yang didapatkan

Bagi kamu yang mendapatkan THR saat Natal, pahami bahwa THR bukanlah pendapatan rutin gaji bulanan, sehingga penggunaannya pun seharusnya berbeda. Jangan gunakan untuk pengeluaran rutin seperti bayar tagihan dan cicilan. Kamu harus mengatur untuk nggak menggunakan uang ini dulu hingga kebutuhan Natal dan tahun baru tiba, sehingga uang THR nggak berkurang untuk kebutuhan rutin yang seharusnya dibayarkan menggunakan gaji tiap bulan.

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata untuk Menyambut Tahun Baru

  1. Ini 10 Kota yang Ramah Kantong untuk Rayakan Libur Natal dan Tahun Baru
  2. 5 Pilihan Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Tahun Baru Bareng Pasangan
  3. 10 Tempat Terbaik di Asia Tenggara untuk Merayakan Tahun Baru

 

2. Pisahkan rekening THR dengan rekening gaji

Alangkah lebih baik jika memiliki dua rekening untuk memisahkan uang yang kamu dapatkan. Kamu bisa melakukan transfer ke rekening khusus sesaat setelah THR cair. Hal ini berfungsi agar kamu nggak langsung menggunakan THR untuk berbelanja di luar kebutuhan Natal dan tahun baru.

 

3. Susun persentase pengeluaran

Setelah membagi gaji bulanan dan THR, kamu harus menyusun prioritas masing-masing pemasukan yang didapatkan bulan ini. Gaji bulanan tentu saja untuk memenuhi kebutuhan bulanan yang harus kamu keluarkan, sedangkan THR diatur dengan persentase 60% kebutuhan Natal dan tahun baru, 15% tambahan investasi, 15% ditabung, 5% sedekah, dan 15% sisanya sebagai dana darurat. Dengan begini kamu bisa lebih aman hingga akhir tahun nanti.

 

4. Bisa digunakan untuk bayar utang

Jika di bulan-bulan lalu kebutuhan sedang sangat banyak sehingga kesulitan membayar cicilan dan utang, kamu tetap boleh menggunakan uang THR untuk membayarnya. 

 

Ambil persentase dari dana darurat atau investasi untuk membayar cicilan dan utang yang masih menumpuk. Kamu juga bisa menggunakan THR untuk membayar cicilan di bulan depan agar keuangan awal tahun bisa sedikit lebih lega.

 

5. Batasi pengeluaran selama Natal dan tahun baru

Banyak sekali potongan harga yang diberikan saat Natal dan tahun baru di berbagai pusat perbelanjaan baik online maupun offline. Jika kamu nggak berhati-hati, bisa-bisa uang yang kamu miliki akan langsung habis tak tersisa sebelum Natal dan tahun baru tiba. Untuk mengatasi itu, sebaiknya memberi batasan nominal tertentu uang yang boleh kamu habiskan selama berbelanja untuk Natal dan tahun baru. Jangan melebihi nominal itu, dan disiplin agar setelah pergantian tahun nanti kamu masih memiliki uang untuk mengawali tahun.

 

6. Selalu komitmen dengan aturan yang sudah kamu tetapkan

Memiliki rekening khusus hingga menahan menggunakan THR hanya untuk kebutuhan Natal dan membayar utang perlu kamu komitmenkan dan jangan dilanggar hingga akhir tahun tiba. Jika kamu bisa melakukannya, awal tahun nanti akan menjadi awal yang bagus untuk kembali menata keuangan agar nggak semakin banyak utang dan cicilan yang menumpuk.

 

Artikel Terkait: Tips menabung Saham untuk Pemula

  1. Seluk Beluk Saham dan Cara Menabungnya untuk Para Pemula
  2. Kamu Bakalan Rugi Kalau Nggak Memanfaatkan Trik-trik Jitu Menabung Saham Ini!
  3. 6 Tips Siap Berinvestasi Saham Bagi Pemula

 

7. Buat arus kas

Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu bayarkan selama akhir tahun ini. Pencatatan sangat bermanfaat untuk menemukan ke mana uang kamu pergi dan melihat apakah uang tersebut dihabiskan untuk hal yang tepat atau nggak. Catatan arus kas ini juga bisa untuk mengevaluasi pengeluaran sehingga di tahun depan kamu nggak melakukan pemborosan uang.

 

Itulah cara-cara cerdas mengatur keuangan dan memanfaatkan THR dengan benar agar nggak kehabisan uang saat Natal dan tahun baru tiba. Bagi kamu yang sudah kebagian THR, yuk, kelola keuangan dengan baik!