SWARA – Melakukan perencanaan keuangan dengan baik bisa jadi kunci memenuhi kebutuhanmu setiap hari. Jika kamu tidak terbiasa hidup hemat, berapapun gaji yang didapatkan, tetap saja terasa kurang. Kamu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

 

Dulu, sewaktu pertama kali bekerja, saya tidak melakukan perencanaan keuangan. Jika ingin membeli sesuatu, selama masih ada uang, ya dibeli saja. Hasilnya, gaji yang saya dapat pun nggak terlihat bekasnya. Sayang, sih, sudah capek kerja, tapi nggak “kelihatan” hanya karena terlalu boros.

 

Dari pengalaman tersebut, saya mulai melakukan pengaturan bujet dan mengalokasikannya ke 5 hal berikut. Kamu juga bisa meniru pengaturan bujet di bawah ini, lho. Terlebih, jika gajimu Rp4 juta per bulan.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Gaji

  1. Begini Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Rp3 Jutaan Agar Tetap Bisa Nabung!
  2. 5 Kiat Hidup Aman dan Nyaman dengan Gaji di Bawah 5 Juta Rupiah
  3. Sudahkah Gajimu Cukup? Ini Lima Cara Mengukur Besaran Gaji Ideal!

 

1. Bujet makan

Urusan makan memang nggak bisa diganggu gugat. Namun, bukan berarti kamu harus membuang biaya lebih hanya untuk memenuhi kebutuhan perut. Kamu bisa, kok, menghemat uang makanmu. Caranya, dengan memasak sendiri atau membeli makanan jadi dengan harga terjangkau.

 

Anggap saja, uang makan per harinya adalah Rp30 ribu. Dengan kebutuhan tiga kali makan, maka kamu harus memenuhi bujet Rp10 ribu per sekali makan. Bisa ditambahkan camilan dan jajan Rp5 ribu, sehingga kamu mendapatkan Rp35 ribu.

 

Jika dihitung per bulan, uang makan yang kamu butuhkan adalah Rp1.050.000. Angka tersebut boleh dibulatkan menjadi Rp1, 2 juta–yang sisanya bisa kamu gunakan untuk sesekali makan enak.

 

2. Uang pulsa dan internet

Meski terdengar remeh, ternyata urusan pulsa dan internet bisa jadi salah satu pengeluaranmu yang besar, lho. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang nggak bisa hidup tanpa gadget dan internet. Nah, karena itu mulai sekarang kamu harus belajar memperhitungkan bujet untuk ini.

 

Jika kamu ingin berhemat, pakailah internet dari kartu handphone untuk semua kebutuhanmu. Jadi, kamu nggak perlu lagi memasang wifi di rumah. Kalaupun perlu, cukup tethering internet dari handphone. Pilih kartu yang menyediakan paket internet murah. Dengan begitu, bujet Rp200 ribu untuk pulsa dan internet sudah cukup untuk satu bulan, kok.

 

3. Uang untuk hiburan dan rekreasi

Setelah sibuk bekerja 5 hari dalam seminggu, kamu juga perlu, lho, berlibur atau mencari hiburan. Nah, untuk hal ini, kamu bisa menyiapkan bujet sekitar Rp500 ribu per bulannya. Bujet ini, bisa digunakan untuk pergi ke mal, jalan-jalan dengan teman, nonton bioskop serta tabungan untuk liburan ke luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri.

 

4. Uang untuk menabung dan investasi

Jika gajimu per bulan adalah Rp4 juta, ada baiknya kamu menabung sebesar Rp1,2 juta per bulannya. Uang ini bisa kamu tabung atau deposit di bank. Bisa juga kamu gunakan untuk investasi, seperti emas, saham atau reksadana.

 

5. Uang untuk memenuhi utang

Utang atau cicilan pinjaman perlu memiliki alokasi dana tersendiri. Hal ini perlu kamu pertimbangkan jika ingin mengambil cicilan atau mengajukan pinjaman. Melihat bujet sebelumnya, dari total gaji Rp4 juta dikurangi uang makan, pulsa, hiburan, dan tabungan, maka kamu masih memiliki dana sebesar Rp900 ribu. Nah, jika ingin melakukan pinjaman, cicilannya jangan sampai melebihi bujet tersebut, ya.

 

Misalnya, karena ingin membuka usaha, kamu butuh dana cair tambahan sebesar Rp10 juta. Kemudian kamu melakukan pinjaman online di Tunaiku. Oleh karena bujet untuk cicilan yang kamu punya hanya Rp900 ribu, kamu pilih cicilan selama 20 bulan dengan jumlah yang perlu dibayarkan per bulannya sebesar Rp823 ribu saja.

 

Artikel Terkait: Gaji di Indonesia

  1. Ini Gaji dan Tunjangan di Perusahaan Properti Indonesia
  2. 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Bisa Cepat Naik Gaji
  3. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

 

Itulah, pengaturan bujet yang bisa kamu tiru, jika gajimu sebesar Rp4 juta per bulan. Pengaturan bujet tersebut bisa disesuaikan dengan keseharianmu, lho. Misalnya, untuk bujet makan, karena memasak sendiri, maka bujetmu bisa lebih murah per bulannya. Nah, karena kamu tidak terlalu suka jalan-jalan ke mal dan nongkrong bersama teman, bujet hiburan menjadi tidak terpakai.

 

Nah, bujet yang tidak terpakai itu bisa kamu alokasikan untuk tabungan, atau untuk cicilan utang. Kalau tadinya, hanya bisa meminjam Rp10 juta di Tunaiku, kamu jadi bisa menaikkan pinjaman hingga Rp15 juta untuk 20 bulan. Lumayan, kan, jika kamu melakukan pinjaman untuk membuat usaha atau melakukan investasi. Oh ya, pinjaman di Tunaiku sendiri sekarang bisa mencapai Rp20 juta, lho. Jika kamu berminat, silakan mengunjungi websitenya di https://tunaiku.com.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

KTA


NOBERTA JEANIENOBERTA JEANIE