SWARA-Bagi sebagian orang kartu kredit adalah kartu ajaib dimana kamu bisa belanja meski kamu lagi nggak punya uang. Namun, sebagian orang juga menganggap kalau kartu kredit adalah malapetakan. Cuma gara-gara kartu kredit hidup menjadi lebih runyam, stres dan akhirnya depresi. Sebenernya, kalau kamu bisa mengatur keuangan dan mengontrol penggunaan kartu kreditmu, kamu nggak akan pernah dibuat pusing dan stres.

 

Memang sih, semakin banyak kamu menggunakan kartu kredit artinya semakin banyak pula utang yang kamu tumpuk. Utang memang selalu bisa jadi alasan utama stres. Namun, kamu menanggulangi hal tersebut, lho. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika utang kartu kreditmu sudah terlanjur menumpuk.

 

Mencatat Daftar Utang

Agar kamu nggak pusing memikirkan banyaknya utang yang harus kamu bayar lebih baik kamu mencatat utang-utang yang harus kamu bayar dari yang paling kecil ke paling banyak. Lalu buat list utang-utang mana saja yang harus segera kamu bayar dan mana yang harus dibayar dengan mencicilnya secara rutin. Jangan lupa catat secara detail utang-utangmu ya. Catat, ingat dan bayar!

 

Artikel terkait: 7 Langkah Bebas Utang

  1. Lakukan 7 Cara Ini agar Bebas Utang di Usia 40-an
  2. 7 Langkah Mengelola Utang, Gunakan Aplikasi Kredit Online Terbaik Tunaiku
  3. 7 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Perempuan

 

Bayar Utang dengan Uang Tunai

Usahakan untuk membayar utang dan semua keperluan hidup dengan uang tunai. Kalau sudah sadar banyak utang yang harus kamu bayar, lebih baik untuk mengkarantina kartu kreditmu dulu. Jangan kamu gunakan dulu, deh si kartu ajaib itu.

 

Membuat Rencana Anggaran Baru

Saat kamu punya banyak utang kartu kredit artinya adalah rencana anggaran keuanganmu yang lama sudah gagal. Strategi keuangan yang selamai ini kamu pakai sudah nggak tepat lagi kalau kamu terus menggunakannya mengingat keuanganmu sudah mulai kacau antara pemasukan yang nggak seimbang dengan pengeluaran dan juga utang-utang kartu kredit yang sudah menumpuk. Pikirkan lagi pengeluaran-pengeluaran yang sekiranya bisa kamu pangkas untuk dialihkan sebagai pelunas utang. Bahkan kalau bisa temukan pengeluaran yang nggak perlu agar kamu bisa memangkas pengeluaran tersebut secara permanen.

 

Artikel terkait: Waspada Terjebak Utang

  1. Hati-hati, Jangan Sampai Terjebak dalam 4 Jenis Utang ini!
  2. Terungkap, 5 Rahasia Bebas Hutang, Contek dan Buktikan Sendiri!
  3. 6 Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk di Usia 30-an!

 

Pekerjaan Sampingan

Kalau kamu hanya mengandalkan satu pekerjaan saja dan tetap menginginkan utang yang menumpuk itu segera terbayarkan maka nggak akan cepat berhasil. Lebih baik kamu cari pekerjaan sampingan sebagai pemasukan tambahan. Dengan begitu utang-utangmu akan lebih cepat terlunasi dari pada kamu hanya berhemat atau memangkas pengeluaran. Cobalah cari pekerjaan sampingan yang nggak terlalu berat dan menyita waktu pekerjaan utamamu.

 

Nah, itu dia cara-cara yang tepat untuk menanggulangi utang-utang kartu kredit yang telah menumpuk.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA