SWARA – Melunasi utang memang bukan hal yang mudah. Banyak orang ingin bisa lunas utang dengan cepat dan tepat waktu, tapi tidak bisa benar-benar mewujudkannya. Ketika utang tidak bisa dilunasi tepat waktu, kondisi finansial pun jadi semakin tidak stabil. 

 

Alasan Banyak Orang Sulit Melunasi Utang

 

Kamu bukanlah satu-satunya orang yang kesulitan untuk melunasi utang. Kenyataannya, ada banyak sekali peminjam yang dikejar-kejar oleh penagih utang karena tidak bisa membayar. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, seperti: 

 

  • Harus mengubah gaya hidup

 

Tentunya, ketika kamu memiliki utang, gaya hidupmu tidak bisa sama lagi seperti dulu. Misalnya, dulu kamu mungkin bisa bebas jajan kopi tanpa harus mengurangi jumlah uang yang ditabung. 

 

Sedangkan, ketika memiliki utang, kamu harus mengalokasikan sejumlah dana untuk membayar utang. Kamu mungkin terpaksa membatasi pengeluaran untuk kopi dan tabungan. 

 

  • Memakan waktu yang lama

 

Beberapa bulan pertama kamu mungkin tidak keberatan dengan kewajiban membayar utang. Lama-kelamaan, kamu akan menyadari bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melunasi utang ternyata cukup lama. 

 

Setelah berbulan-bulan terpaksa mengurangi pengeluaran demi mencicil pinjaman, lama-lama kamu akan merasa lelah dan jenuh. Inilah yang membuat kamu semakin kesulitan untuk melunasi utang dengan cepat. 

 

  • Pengeluaran tak terduga

 

Di tengah-tengah masa membayar utang, mungkin kamu akan dihadapi kepada situasi mendesak yang tak terduga. Contohnya seperti kerusakan pada mesin air di rumah yang memerlukan biaya perbaikan cukup tinggi.

 

Alhasil, uang yang awalnya sudah kamu sisihkan untuk membayar cicilan pinjaman, terpaksa dipakai untuk kebutuhan tak terduga itu. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila kamu tidak memiliki dana darurat. 

 

Cara Melunasi Utang dengan Cepat

 

Alasan-alasan di atas sangat umum dialami oleh orang-orang yang menjadi peminjam. Namun, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa melunasi utang dengan cepat. 

 

Jika kamu tahu tipsnya, kamu tetap bisa membayar utang tepat waktu. Berikut ini cara-caranya: 

 

  • Membuat rencana pengeluaran

 

Banyak orang meremehkan manfaat dari membuat rencana anggaran bulanan. Padahal, dengan adanya rencana ini, kamu bisa mengontrol pengeluaran supaya tetap memungkinkan untuk melunasi utang. 

 

Caranya mudah, mulailah dengan mencatat daftar pemasukan bersih dalam satu bulan. Pemasukan bersih adalah pemasukan yang sudah dikurangi dengan pajak dan biaya adminstrasi lainnya. 

 

Setelah itu, tentukan berapa persen yang mau kamu gunakan untuk kebutuhan, keinginan, tabungan, dan utang. Misalnya, 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan serta utang. 

 

  • Kurangi pengeluaran

 

Saat memiliki utang, sebaiknya batasi pengeluaran bulananmu. Kamu bisa memotong pengeluaran yang ditujukan untuk hal yang tidak mendesak, atau masuk ke dalam kategori keinginan. 

 

Contohnya seperti pengeluaran untuk membeli perhiasan, berlangganan aplikasi streaming film, dan lain sebagainya. Jika sebelumnya pengeluaran untuk keinginan kamu alokasikan sebesar 30 persen, sekarang kamu bisa memotongnya jadi hanya 15-20 persen saja. 

 

Sisanya bisa digunakan untuk membayar cicilan pinjaman, tanpa memotong dana yang dimasukkan ke dalam tabungan. Jadi, kamu bisa lunas utang dengan cepat, sambil tetap memiliki dana darurat. 

 

  • Cari pemasukan tambahan

 

Penghasilan dari pekerjaanmu saat ini mungkin sangat pas-pasan untuk kebutuhan bulananmu. Kalau begini, tentu kamu akan kesulitan mengalokasikan dana untuk membayar utang.

 

Banyak orang yang berupaya mencari pemasukan tambahan agar bisa melunasi utang. Pemasukan tambahan ini bisa berasal dari mana saja, misalnya dari pekerjaan sebagai freelancer,  menulis di aplikasi menulis yang berbayar, membuka online shop, dan lain-lain.

 

Pemasukan tambahan yang didapatkan bisa kamu alokasikan untuk membayar utang. Dengan begitu, uang untuk membayar cicilan pinjaman tak perlu diambil dari pemasukan utamamu. 

 

  • Jangan ajukan pinjaman lain

 

Ada orang yang berusaha terbebas dari utang dengan meminjam di tempat lain. Padahal, meskipun utang yang sebelumnya bisa lunas dengan cepat, tapi cara ini hanya akan membuat kamu malah memiliki utang baru. 

 

Hindari mengajukan pinjaman baru apabila utang pinjaman yang sebelumnya belum berhasil kamu lunasi dengan baik. Lebih baik mendapatkan uang tambahan dari pekerjaan sampingan, dibandingkan dari pinjaman baru. 

 

  • Disiplin dan komitmen

 

Ini adalah hal terpenting dalam membayar utang. Jika kamu tidak berkomitmen dan tidak disiplin, maka kamu tidak bisa melunasi utang-utangmu tepat waktu. 

 

Membayar utang memang berat, apalagi jika jangka waktunya cukup panjang. Tapi, kamu tetal harus disiplin. Selalu bayar cicilan pinjaman tepat waktu setiap bulannya. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak menunggak. 

 

Gagal bayar hanya akan merugikan diri kamu sendiri. Selain riwayat kreditmu jadi jelek, kamu juga lebih rentan mengalami stres karena ditagih utang terus menerus. 

 

Jika kamu ingin bisa bebas dari utang, cobalah untuk melakukan cara-cara di atas. Dengan melakukannya, mudah-mudahan kamu bisa lunas utang dengan cepat dan tepat waktu.