Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Tahun 2022 berlangsung begitu cepat, tidak terasa bagi para karyawan, kamu akan menerima THR di bulan April ini. Momen penerimaan THR memang menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Menjadi penting tentunya untuk kamu melakukan alokasi THR dengan tepat.

 

Namun, seringkali alokasi THR yang dilakukan oleh para karyawan kurang tepat. Banyak karyawan yang menjadikan THR hanya sebatas duit “numpang lewat” karena mereka menghabiskannya di barang-barang konsumtif. 

 

THR memang hal yang ditunggu-tunggu, tapi aja jadinya jika THR pun tak cukup? Tunaiku produk dari Amar Bank bisa jadi pilihan untuk menambah modal THRmu. Cek di sini.

 

Apa pentingnya alokasi THR?

Saat kamu mendapatkan gaji bulanan, tentunya kamu mengalokasikan pada kebutuhan, keinginan, dan mungkin sedikit disisihkan untuk investasi dan tabungan kamu. Sama halnya dengan gaji bulanan, kamu perlu untuk melakukan alokasi THR yang tepat di momen menerima uang setahun sekali ini.

 

Saat kamu menerima THR, pastikan kamu akan mengalokasikan dengan tepat untuk keinginan dan investasi kamu. Jangan meningkatkan gaya hidup kamu di bulan itu hanya karena kamu menerima THR.

 

Sisihkan 30% dari porsi THR kamu untuk memenuhi keinginan kamu. Kamu bisa gunakan untuk jajan mewah, membeli barang yang sudah lama kamu inginkan, atau mengajak keluarga kamu makan.

 

Porsi 70% dari THR kamu ini bisa kamu gunakan untuk membayar hutang yang memang kewajiban kamu. Sisanya kamu gunakan untuk mengisi dana darurat kamu atau diinvestasikan untuk masa depan kamu. Kamu juga bisa membeli kelas atau buku yang bisa menambah kemampuan kamu sehingga bisa mempunyai pemasukan yang lebih baik.

 

Dengan alokasi THR yang tepat, kamu tidak akan menyesal di kemudian hari. Selain kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan sesuai porsi, kamu sudah mempersiapkan masa depan dengan menabung dan berinvestasi. Selanjutnya mari kita pelajari apa saja pos keuangan yang penting saat melakukan alokasi THR.

 

5 pos keuangan terpenting saat alokasi THR

 

Setelah mengetahui bahwa alokasi THR penting untuk dilakukan, kamu perlu mengetahui beberapa pos keuangan. Pos keuangan ini berguna untuk menjadi pedoman saat kamu memilah porsi THR untuk kamu gunakan.

 

Berikut adalah 5 pos keuangan terpenting saat kamu melakukan alokasi THR:

 

1. Tabungan

Pos tabungan adalah pos pertama yang harus dipersiapkan saat melakukan alokasi THR. Adapun pos tabungan ini perlu dikumpulkan sebagai dana darurat kamu di masa depan nanti jika sesuatu yang tidak terduga terjadi. 

 

Sisihkanlah 20% dari tabungan kamu untuk ditaruh di rekening terpisah yang tidak kamu gunakan sehari-hari. Hal ini perlu dilakukan agar penggunaan tabungan kamu tidak tercampur dengan kehidupan sehari-hari.

 

Ada banyak alokasi THR yang biasa digunakan untuk keperluan lebaran. Tunaiku dari Amar Bank bisa menjadi pilihan tambahan agar alokasi di tiap pos mencukupi. Cek langsung di sini.

 

2. Zakat

Pos yang selanjutnya perlu kita penuhi saat melakukan alokasi THR adalah pos zakat. Bagi kamu yang sudah melakukan zakat secara rutin, tentu tidak akan berat meskipun THR kamu dikenakan zakat.

 

Namun bagi kamu yang tidak rutin berzakat, kamu bisa mencoba untuk menyisihkan 2.5% dari THR kamu sebagai zakat. Selain berbagi kepada sesama, zakat juga memberikan kamu hati yang penuh syukur karena kamu masih diberi lebih oleh Yang Mahakuasa. 

 

Jangan ragu jika kamu mau memberi zakat lebih atau mengajak teman kamu berbakti sosial. Jika kamu memutuskan untuk melakukan bakti sosial, kamu bisa melihat wajah anak-anak yatim yang tersenyum menerima pemberianmu. Cobalah dan kamu akan merasa hari raya tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

Baca lainnya:

3 Kesalahan Mengatur THR dan Cara Menghindarinya

5 Cara Jitu Menghabiskan Uang THR untuk Kamu yang Sudah Berkeluarga

5 Tips Rayakan Lebaran Meski Belum Mendapatkan THR

 

3. Keperluan lebaran

Selanjutnya kamu perlu untuk memenuhi pos keperluan lebaran. Keperluan lebaran tiap orang pun bermacam-macam. Bagi yang mau mudik, tentunya perlu memperhitungkan tiket pulang pergi ke kampung halaman. Tidak ketinggalan saudara-saudara kecil kamu yang akan menagih uang saku kepada kamu yang sudah bekerja.

 

Bagi kamu yang memutuskan untuk tidak pulang kampung, kamu bisa mengalokasikan keperluan lebaran kamu untuk membeli berbagai kebutuhan. Kamu bisa pertimbangkan untuk membeli perabotan atau membetulkan tempat tinggal kamu jika dirasa perlu dilakukan.

 

Keperluan selanjutnya yang tidak ketinggalan saat menerima THR pastinya adalah baju baru. Belilah pakaian baru yang berkualitas agar kamu tidak mudah rusak dan bisa membuat kamu tampil berbeda di lebaran kali ini.

 

Ingat, kamu perlu melakukan alokasi THR yang tepat. Jangan sampai lewat budget atau kamu akan merasa pusing sendiri karena di bulan kamu menerima THR, tiba-tiba pengeluaran kamu membengkak.

 

4. Melunasi utang jika ada

Apabila kamu memiliki utang, mendapatkan THR adalah momen dimana kamu diberi kesempatan untuk bisa membayar utang kamu. Akan sangat baik apabila kamu berkomitmen untuk melunasi semua utang kamu dengan THR diterima. 

 

Namun, jika kamu belum bisa melunasi semua utang kamu dengan THR, kamu tetap perlu membayar sebagian utang kamu. Hal ini perlu dilakukan agar orang yang memberimu utang tetap percaya sehingga hubungan kamu dan pemberi pinjaman tidak rusak.

 

Di dalam ajaran Islam sendiri, sangat ditegaskan untuk membayar utang. Bahkan ada satu hadist yang mengatakan : “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR Muslim Nomor 1886).

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

5. Investasi

Pos terakhir yang juga penting untuk kamu isi dalam alokasi THR adalah pos investasi. Kamu bisa menyisihkan sebagian THR kamu untuk diinvestasikan di instrumen keuangan sehingga uang kamu bisa berkembang.

 

Selain investasi di instrumen keuangan, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi leher ke atas untuk menambah ilmu. Dengan ilmu yang kamu dapatkan, kamu bisa menambah kemampuan baru atau mempertajam kemampuan yang sudah ada sehingga meningkatkan pemasukan kamu.

 

Baca lainnya:

THR Cair, Ini 4 Cara Bijak Menggunakannya untuk Investasi

Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon

 

Demikian alokasi THR yang perlu kamu lakukan menyambut hari raya lebaran nanti. Tentu mendapatkan THR adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Karena itu kamu harus bijak dalam menggunakan uang yang kamu dapat sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

 

THR belum cair dan belum ada kabar? Tenang saja, penuhi berbagai kebutuhanmu dengan bantuan Tunaiku produk dari Amar Bank. Pelajari selengkapnya di sini.