SWARA – Bagi sebagian orang, kehadiran teman adalah hal penting. Saking pentingnya, antara kamu dan temanmu saling mempedulikan satu sama lain dalam berbagai hal. Termasuk urusan uang.

Mustahil rasanya jika harus berdiam diri melihat teman yang kesusahan. Apalagi ketika dia dirundung kesedihan karena butuh uang untuk menopang biaya hidup. Pasti sebisa mungkin kamu ingin membantu dengan meminjaminya.

Namun, apa jadinya jika teman yang berutang ternyata nggak punya niat untuk mengembalikan? Entah lupa, menyepelekan, atau memang niatnya mau nipu. Menghadapi teman-teman seperti ini, berikut lima hal yang harus kamu lakukan.

Jangan mudah percaya, kadang teman macam ini banyak drama

Teman bisa jadi sering berutang karena benar-benar terdesak oleh kebutuhan. Tapi jangan lupa, ada juga teman yang doyan berutang karena gaya hidupnya yang berlebihan. Menghadapi teman macam ini, kamu tentu harus lebih jeli. Jangan mudah percaya pada cerita-cerita sedihnya yang kekurangan uang. Waspada dan cari tahu kebenaran ceritanya terlebih dulu.

Jika dia sudah meminjam tapi nggak segera mengembalikan, tegaslah saat menagih

Menghadapi teman yang suka berutang tapi enggan mengembalikan memang butuh ketegasan. Ya, kamu harus bisa tegas agar dia nggak menyepelekan kamu. Bukan berarti kamu nggak punya hati jika kondisinya memang belum bisa mengembalikan. Tapi jika dia nggak mengembalikan karena memang berniat nipu, kamu harus bersikap tegas.

Dia pintar membuat alasan, maka kamu pun harus lebih pintar dari dia

Temanmu ini punya sejuta cara buat ngeles saat ditagih untuk mengembalikan utangnya. Mulai dari mengarang cerita sampai menghilang karena menghindarimu. Jika sudah begini, kamu harus lebih pintar dari dia. Jangan lelah mencari jika dia menghindarimu. Sampaikan alasan-alasan yang logis tentang betapa kamu membutuhkan uang itu.

Belajarlah dari pengalaman, jangan berikan pinjaman kalau dia punya track record yang buruk

Sebaik-baik manusia adalah kamu yang selalu belajar dari pengalaman. Jika kamu pernah berurusan dengan dia yang berutang tapi nggak mau mengembalikan, ya jangan ulangi hal itu lagi. Hindari dia yang suka berutang dan jangan percaya meski dia berusaha meyakinkanmu dengan cerita-cerita sedihnya.

Jangan ada celah baginya untuk berhutang, saat ketemuan pastikan untuk membawa uang pas

Berutang akan selalu dia lakukan selagi ada kesempatan. Makanya, kamu harus pintar-pintar mengendalikan keadaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membawa uang pas setiap kali bepergian atau bertemu dengannya. Sehingga saat makan bersama atau jalan berdua, dia nggak akan punya celah untuk berutang padamu.

Sesekali cobalah untuk meminjam padanya, biar dia tahu gimana rasanya diutangin

Kalau kamu sudah hampir menyerah menghadapi ulah temanmu yang suka berhutang tapi enggan mengembalikan, kamu bisa lakukan cara ini. Konyol memang, tapi bisa banget dicoba kalau kamu sudah nggak bisa sabar. Yup, coba deh sesekali gantian kamu yang meminjam uang ke dia. Lakukan hal yang sama sebagaimana yang dia lakukan ke kamu. Mungkin cara ini bakal berhasil bikin dia sadar.

Bertemu teman yang suka berhutang tapi malas mengembalikan, memang hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bukan berarti kamu boleh menyerah begitu saja pada keadaan. Pikirkan dan terapkan cara-cara dalam artikel ini biar uangmu kembali. Butuh tips soal masalah-masalah keuangan lainnya? Yuk, cari info yang kamu butuhkan di sini.

Jangan lupa tulis di kolom komentar bagimu yang punya pengalaman seperti ini ya,Kawan Tunaiku!