SWARA – Memiliki gaji yang pas-pasan kerap jadi sebuah alasan, ketika kita ditanya soal pencapaian gaji atau investasi. Seperti saya yang berusaha sungguh-sungguh untuk menyisakan setidaknya 30% dari gaji untuk ditabung dan berinvestasi. Jadi, meskipun gaji yang dimiliki pas-pasan, saya tetap ada tabungan dan investasi yang dimiliki untuk berjaga-jaga di masa depan.

 

Nah, jika kamu juga memiliki penghasilan yang pas-pasan dan ingin belajar menabung, di bawah ini ada tujuh tips yang bisa kamu ikuti. Apa sajakah?

 

1. Realistis dalam menggunakan uang

Terkadang kita sering nggak realistis dalam menggunakan uang padahal gaji yang kita miliki masih pas-pasan. Misalnya memaksakan naik taksi yang tarifnya lebih mahal daripada ojek atau angkutan umum. Padahal, sebenarnya kamu nggak begitu perlu untuk naik taksi menuju ke tempat kerja. 

 

Hal-hal seperti itu perlu kita perhatikan kembali agar uang yang dikeluarkan lebih realistis dengan gaji yang dimiliki. Kamu juga bisa membuat catatan pengeluaran yang dievaluasi tiap bulannya untuk mengetahui pengeluaran mana yang bisa dipangkas dan diganti dengan pengeluaran yang nominalnya lebih sedikit.

 

2. Hindari jalan-jalan di tempat yang bisa mengeluarkan banyak uang

Melepas penat dengan jalan-jalan boleh saja dilakukan. Namun, tujuan tempat jalan-jalan yang dipilih harus mampu kamu atur agar nggak memboroskan isi dompetmu. Jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan bisa membuat keinginan untuk membeli sesuatu muncul dan pada akhirnya kamu mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut. Padahal, sebetulnya nggak perlu. 

 

Daripada jalan-jalan ke mal, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang minim biaya seperti taman kota atau museum. Bahkan, lebih bagus lagi jika kamu mengisi waktu luang untuk melakukan pekerjaan tambahan sehingga menambah pemasukan yang kamu miliki.

 

3. Belanja satu bulan sekali saja

Kebutuhan pokok seperti perlengkapan mandi, bahan makanan, hingga perlengkapan bersih-bersih rumah adalah barang-barang yang harus kamu beli tiap bulannya. Buat daftar belanjaan kamu dalam sebulan, dan langsung pergi berbelanja sesaat setelah kamu menerima gaji bulanan. 

 

Beli semua kebutuhan kamu dalam satu waktu saat waktu belanja bulanan tiba sehingga kamu nggak perlu lagi pergi ke pusat perbelanjaan karena bisa menimbulkan pemborosan.

 

4. Buat rekening khusus tabungan

Memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa kamu gunakan adalah cara mudah untuk bisa menabung. Dengan rekening khusus tabungan, akan membuat kamu terhindar dari keinginan mengambil uang yang ada di tabungan. Pasalnya, kamu bisa meninggalkan kartu ATM rekening tabungan kamu di rumah saja. 

 

Carilah rekening khusus tabungan yang nggak membebankan nasabahnya dengan biaya administrasi bulanan. Jadi, uang tabungan kamu nggak berkurang. Biasanya rekening seperti ini juga minim fitur, seperti nggak bisa untuk mobile banking dan pembayaran debit sehingga akan semakin mendukung kamu untuk nggak menggunakan rekening tersebut.

 

5. Hindari kartu kredit

Jika uang di rekening khusus tabungan sudah terkumpul dan nggak pernah diambil, biasanya pihak bank akan menghubungimu untuk menawarkan kartu kredit. Jangan ragu untuk menolaknya karena menggunakan kartu kredit sama saja akan menjadikan kamu berhutang dan membuat semakin sulit untuk menabung. 

 

Lebih baik kamu menggunakan uang tabungan terlebih dahulu jika ada kebutuhan penting daripada harus berutang yang bisa dikenakan bunga, bukan?

 

6. Pikirkan untuk mengikuti asuransi kesehatan

Biaya pengobatan penyakit sangat besar dan bisa membuat tabungan kamu langsung habis. Daripada mengorbankan tabunganmu, lebih baik kamu mengikuti asuransi kesehatan agar bisa membantu meringankan pengeluaranmu saat sakit. Sudah banyak asuransi kesehatan yang iuran bulanannya nggak terlalu mahal. Mengeluarkan uang untuk asuransi kesehatan lebih baik daripada uang yang kamu miliki pergi untuk hal-hal lain yang ternyata kurang bermanfaat bagi diri kamu.

 

7. Mulai merambah ke investasi

Jika kamu sudah mulai bisa menabung, kini saatnya mencoba untuk berinvestasi. Nggak perlu yang memiliki risiko besar seperti saham. Namun, mulailah dengan risiko minim seperti tabungan berjangka atau deposito. Kedua produk investasi ini bakal membuat kamu lebih disiplin untuk menyisihkan uang dan nggak cepat-cepat mengambilnya karena ada masa waktu tertentu jika kamu ingin mengambilnya.

 

Dengan melakukan tujuh hal ini, kamu pasti bisa memiliki tabungan yang banyak meskipun gaji yang dimiliki pas-pasan. Selain itu, terbiasa menabung juga mendatangkan banyak manfaat, seperti menjadi pribadi yang lebih disiplin karena terbiasa menata keuangan, memiliki masa depan yang baik, memiliki keamanan finansial untuk masa depan, dan terhindar dari jeratan utang. Yuk, mulai menabung agar lebih nyaman dalam menjalani hidup!