SWARA– Salah satu prinsip belanja yang saya pegang teguh sampai sekarang adalah “jangan belanja saat laper”. Ternyata, hal ini benar-benar ngaruh, lho. Karena saat perut keroncongan, adanya laper mata terus. Saya pun sering kalap dan belanja barang atau makanan yang nggak perlu. Tahu-tahu, uang dalam dompet pun lenyap nggak berbekas alias jadi boros hehehe..

 

Saya yakin, tiap orang pasti punya cara tersendiri untuk mengantisipasi belanja agar nggak boros. Jangan sampai, deh, kamu jadi karakter Rebecca Bloomwood dalam film “Confessions of a Shopaholic”. Ia terjebak masalah keuangan karena gila belanja dan nggak bisa mengelola utang.   

 

Artikel Terkait: Tips Belanja Online

  1. Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!
  2. Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya
  3. Biar Belanja Online-mu Aman dan Nyaman, 5 Tips Bertransaksi Online Ini Layak Jadi Perhatian!

 

Nah, di sini saya akan bagi-bagi tips belanja cerdas yang harus dipahami agar kamu  nggak boros lagi. Yuk, singsingkan lengan baju dan siap-siap belajar belanja hemat! Kamu tetap bisa kok belanja, asal tahu bagaimana caranya!

 

1. Mengecek koleksi pribadi dulu

Saya paling suka memadu-padankan beberapa pakaian dengan sepatu boots, wedges ataupun heels. Jadi, sebelum saya belanja online, sudah ada pikiran mau beli apa yang paling dibutuhkan. Misalnya, setelah mengecek koleksi di lemari, saya belum punya flat shoes dan tumblr tee warna baby pink.

 

Saya pun buat checklist, apa saja barang yang mau dibeli. Sehingga, saat mengunjungi situs online shop, bisa fokus pada barang pada checklist itu. Nggak ada lagi cerita belanja karena laper mata dan malah membeli barang yang sudah ada di lemari.

 

2. Buat catatan ukuran

Kadang suka kesel kalau sudah beli suatu barang tetapi nggak terpakai karena salah ukuran. Ini mah sama saja dengan pemborosan. Oleh karena itu, kamu harus buat catatan ukuran terlebih dahulu.

 

Di antaranya adalah ukuran sepatu lengkap, ukuran lingkar celana, sampai ukuran lingkar dada. Dengan begini, kamu bisa mengantisipasi salah ukuran saat belanja.

 

3. Isi shopping chart lebih awal

Kamu sudah siap-siap, nih, di depan laptop untuk ikutan online sale. Namun, sebelum online sale dimulai, segera isi shopping chart dengan banyak barang yang dibutuhkan. Dan saat online sale benar-benar dimulai, kamu tinggal menyeleksi barang yang akan dibeli di shopping chart.

 

Cara ini bisa mengurangi risiko kamu kalap belanja karena diburu-buru waktu. Minimal, kamu ada waktu untuk berpikir dua kali sebelum menekan tombol check out pada shopping chart, kan? Nggak ada lagi deh barang mubazir.

 

4. Pilih barang dengan diskon paling besar

Dengan sedikit pertimbangan, kamu bisa memilih barang dengan harga hemat kantong, lho. Kadang, kamu dibuat bimbang dengan dua barang dengan besaran diskon yang sama. Misalnya, kamu menemukan dua buah sepatu dengan diskon sebesar 50 %.

 

Satunya adalah sepatu Converse seharga Rp1 juta dan satu lagi sepatu merek lokal dengan harga Rp300 ribu. Nah, sekarang kamu harus memilih antara hemat Rp500 ribu vs. Rp150 ribu. Hayo, lebih baik beli yang mana?

 

5. Tidak perlu menunggu sampai detik-detik terakhir

Saya akan membeberkan alasan logis kenapa kamu nggak harus nunggu sampai detik-detik terakhir buat dapat diskon gila-gilaan. Misalnya, nih, kamu mengincar sebuah sepatu dan ingin mendapatan harga termurah. Umumnya, diskon gila-gilaan diberikan saat mendekati waktu berakhirnya promo.

 

Boleh saja kamu menunggu, namun bagaimana kalau sepatu yang diincar udah nggak tersedia untuk ukuran kakimu? Ukuran sepatu 36 dan 37 lebih cepat sold out dibandingkan dengan ukuran lain. Jika kamu memiliki ukuran ini,  lebih baik langsung beli sejak sale dimulai, ya.  

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudha dna cepat, amar bank indonesia, kredit mudah tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit online, tips belanja, belanja agar hemat

 

6. Sudah ada stok

Jika kamu adalah penggila fashion, beli barang yang lagi nge-hits sudah jadi harga mati. Namun, kalau mau sama-sama dapat barang baru, bukankah lebih baik beli saat musim diskon?

 

Saat ada musim diskon, kamu bisa beli stok fashion untuk beberapa bulan ke depan. Dan tentunya, masih nggak kalah trendy kok dengan fashion teranyar. Intinya, adalah kamu tetap bisa beli pakaian baru!

 

7. Langsung check out saja!

Online shop sering memberikan penawaran gratis ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan tertentu. Karena tertarik dengan iming-iming ini,  kamu pun memilih beberapa barang hingga mencapai minimal pembelanjaan.

 

Artikel Terkait: Kiat Sukses untuk Bisnis Online

  1. 5 Bisnis Online yang Diprediksi Booming dan Menjanjikan di Tahun 2018
  2. 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Yang Sering Dilakukan Pebisnis Online, Ini Solusinya!
  3. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan

 

Namun, jangan sampai keasikan belanja dan nggak segera check out barang yang dibeli, ya. Takutnya, nih, beberapa barang yang sudah kamu beli akan sold out duluan. Ada baiknya, segera check out belanjaan jika sudah memenuhi minimal pembelanjaan. Nanti, baru lanjut acara cuci matanya.

 

Nah, ini dia tujuh cara yang bisa kamu terapkan agar bisa belanja cerdas tanpa takut bakalan boros. Belanja online pun makin mengasikan selama kamu tahu rahasianya. Happy shopping, girls!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


DEWI AYU NURJANAH DEWI AYU NURJANAH