Mendekati lebaran, kebutuhan pun bertambah. Baik untuk makanan pengisi lebaran atau barang lain seperti pakaian lebaran. Tapi, jangan sampai keuanganmu berantakan dan jadi boros karena ada banyak yang dibeli. Sekalipun kebutuhan bertambah, kamu tetap bisa belanja hemat saat lebaran, dari baju hingga makanan.

 

Nah, agar kamu terhindar dari sifat boros saat belanja, kamu harus tahu bagaimana tips agar bisa belanja hemat saat lebaran meskipun banyak kebutuhan. Dijamin, kalau kamu memahami tipsnya, kamu bisa berhemat sampai ratusan ribu, loh!

Lantas, bagaimana cara belanja hemat saat menjelang lebaran nanti?

 

Tips Belanja Hemat Saat Lebaran

Berikut adalah tips belanja hemat saat lebaran yang perlu kamu lakukan agar tidak boncos:

 

1. Tulis daftar prioritas

Salah satu cara agar bisa belanja hemat untuk lebaran adalah dengan menentukan prioritas. Buat daftar belanja berisi barang yang benar-benar dibutuhkan agar terhindar dari berbelanja barang yang enggak dibutuhkan. Kamu harus tegas memisahkan antara keinginan dan kebutuhan.

 

Bedakan daftar prioritas berdasarkan fungsi. Misalnya belanja kebutuhan dapur berada di skala prioritas pertama, kue lebaran di posisi kedua, dan baju baru untuk sekeluarga di posisi ketiga. Saat berbelanja, mulailah dengan membeli barang dari posisi paling atas.

 

Daftar prioritas juga berguna untuk mengalokasikan budget yang dimiliki. Kamu bisa memisahkan budget yang dikeluarkan sesuai dengan skala prioritas yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

2. Buat pos-pos keuangan

Selain membuat daftar prioritas, pisahkan keuangan ke dalam beberapa pos. Buat pos tersendiri untuk berbelanja kebutuhan lebaran agar tidak tercampur dengan kebutuhan harian. Tujuannya agar pengeluaran lebih teratur.

 

Setelah membuat daftar prioritas, bagi budget sesuai daftar yang ada. Jadi, kamu nggak tergoda untuk membelanjakan uang untuk barang lain di luar daftar prioritas. Sehingga kamu bisa belanja hemat saat lebaran ini.

 

3. Jangan habiskan uang THR

Menjelang lebaran, kita pun mendapat bonus berupa THR. Nah, jangan sampai THR dihabiskan untuk belanja.

 

Cukup belanjakan setengah dari total THR yang kamu terima. Sedangkan sisanya, bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak atau ditabung.

 

Begitu menerima THR, langsung pisahkan uang THR yang akan ditabung dan dipakai berbelanja. Pastikan untuk konsisten membelanjakan separuh THR dan tidak tergoda untuk memakai bagian yang diperuntukkan bagi keperluan lain.

 

Artikel terkait: Cara Bijak Alokasi THR Agar Tidak Menguap Begitu Saja

 

4. Gunakan barang lama yang masih layak pakai

Lebaran memang identik dengan barang baru, tapi bukan berarti harus beli baru, lho. Yuk, cek lagi barang-barang lama di rumah. Misalnya baju lebaran, kamu bisa memakai baju lebaran tahun lalu kalau masih layak pakai.

 

Begitu juga dengan barang lain, seperti gorden, peralatan makan, dan lainnya. Jika masih layak pakai, maksimalkan yang sudah ada ketimbang membeli baru.

 

Artikel terkait: Nggak Perlu Beli Baju Baru Saat Lebaran, Ubah Baju Lama Jadi Tampak Baru

 

5. Berburu promo dan diskon

Ramadan dan lebaran identik dengan sale. Biar bisa belanja hemat saat lebaran, kamu bisa berburu promo dan diskon.

 

Biasanya setiap marketplace memiliki promo berupa diskon dan potongan harga. Rajin-rajin mengecek marketplace favoritmu untuk mengetahui promo diskon yang berlaku.

 

Nggak hanya online, belanja offline pun juga bisa menjadi ajang berburu promo dan diskon. Jangan ragu untuk menawar harga, jika memungkinkan, agar mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga miring.

 

Artikel lainnya: Hemat dan Aman Belanja Online Saat Lebaran, Begini Caranya

 

6. Belanja secukupnya

Kadang, harga murah membuatmu tergoda untuk berbelanja dalam jumlah banyak. Harus berhati-hati, karena bisa saja uang yang dikeluarkan justru semakin besar.

 

Terlebih untuk bahan makanan yang cepat basi atau punya masa kedaluwarsa. Bisa saja kamu malah rugi dan terpaksa membuang barang yang dibeli karena sudah busuk atau lewat masa kedaluwarsa.

 

Saat menyusun daftar prioritas, sertakan jumlah yang harus dibeli. Kamu bisa menakar seberapa banyak yang dibutuhkan, terutama untuk bahan yang cepat basi atau busuk

 

7. Pertimbangkan untuk belanja online atau offline

Agar bisa belanja hemat saat lebaran, pertimbangkan untuk belanja online atau offline. Hitung biaya tambahan yang harus dikeluarkan jika berbelanja online atau offline. Misalnya ongkos kirim jika belanja online dan biaya transportasi jika memutuskan untuk belanja offline.

 

Biaya tambahan ini bisa berjumlah besar, jadi harus dihitung sejak awal. Jika belanja online lebih hemat, misalnya karena ada promo gratis ongkir, maka kamu bisa berbelanja di marketplace favoritmu.

 

Belanja hemat saat lebaran bisa banget kamu lakukan selama mengetahui trik yang tepat. Intinya adalah dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, serta konsisten untuk berbelanja yang benar-benar dibutuhkan. Selamat belanja!